Jogging dan Berbagai Manfaatnya


Jogging dan Berbagai Manfaatnya

Jogging atau lari ringan, adalah bentuk aktivitas fisik yang sangat populer di berbagai belahan dunia. Jogging juga merupakan salah satu olahraga atau latihan yang tidak memerlukan biaya, serta bisa dilakukan kapan pun.

Bahkan jogging juga sangat dianjurkan, terutama untuk mereka yang sudah masuk kedalam lanjut usia. Hal ini bertujuan agar tubuh mereka tetap aktif, dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan usia.

Meskipun terdengar sederhana, ternyata jogging memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kalian. Adapun manfaat yang bisa kalian dapatkan dari melakukan Jogging secara rutin adalah

 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jogging selama 30 menit, dikatakan dapat membakar sekitar 300 kalori. Selain itu, jogging juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh daripada berjalan.

Diet sehat dan juga diiringi dengan jogging yang teratur, di percaya bisa menjadi cara cepat untuk menurunkan berat badan, dan membantu tubuh untuk mempertahankan berat badan.

 

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Jogging sangat memberikan manfaat untuk kesehatan tulang. Ketika seseorang menjalani jogging, tulang akan menopang berat badan manusia.

Hal ini tentunya akan membantu tulang untuk lebih siap, dalam menerima beban dari berat tubuh seseorang. Terlebih jika jogging dilakukan secara teratur.

Jogging juga dipercaya mampu menjadi cara untuk mencegah masalah cedera tulang, osteoporosis, osteoarhiritis, dan rheumatoid arthritis.

 

Mengembangkan Otot

Jogging akan membuat tubuh kalian menjadi lebih kencang. Hal ini di pengaruhi oleh otot otot besar yang ikut berkembang pada saat jogging. Dan hal ini bagus untuk bagian tubuh lain, seperti paha belakang, betis, otot, gluteal, dll.

 

Menjaga Kesehatan Pikiran

Orang yang sering melakukan Jogging, pastinya akan memiliki mental yang lebih sehat juga. Sebab, Jogging di percaya mampu melepaskan hormon endorfin, yang merupakan salah satu hormon untuk meningkatkan semangat seseorang.

Maka dari itulah, ketika anda melakukan jogging secara rutin, fikiran anda akan lebih tenang, dan tubuh akan terasa segar setelahnya.

 

Baik Untuk Jantung

Jogging di percaya sebagai salah satu latihan Kardiovaskular yang baik bagi kesehatan jantung anda. Ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

Aktivitas jogging dikatakan mampu meningkatkan intensitas jantung, untuk memompa darah menjadi lebih cepat. Dan menjadi salah satu olahraga sederhana untuk menjaga tekanan darah, terhindar dari kolesterol, dan diabetes.

 

Meningkatkan Sistem Pernafasan

Jogging sendiri hampir mirip dengan aerobik, yang membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, dan memperkuat otot-otot sistem pernafasan.

Hal ini membuat paru-paru lebih banyak membutuhkan oksigen, yang secara efisien menghilangkan karbon dioksida.

 

Mencegah Infeksi dan Penyakit Menular

Kegiatan Jogging, dikenal berguna untuk merangsang produksi limfosit dan makrofag, keduanya berfungsi untuk memerangi infeksi didalam tubuh, dan membantu untuk melawan virus penyebab pilek, dan juga flu.

 

Menekan Tingkat Stres

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman pereda stress, jogging juga berguna untuk menghilangkan stres, dan membuat fikiran lebih tenang.

Sebab ketika sedang jogging, fikiran akan terfokus pada bagaimana tubuh bekerja, serta tidak memikirkan hal yang seharusnya tidak difikrkan.

Sebab itu lah, jogging bisa membuat kalian menjadi lebih tenang, dan terhindar dari stres.

 

Mencegah Penuaan dini

Manfaat jogging juga berpengaruh pada kulit agar terlihat lebih segar dan awet muda.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab ketika melakukan jogging, tubuh akan merasakan panas dan berkeringat, sebab itulah jogging akan membuat kulit menerima asupan oksigen, kedalam peredaran darah.

 

Membangun Sistem Imun Tubuh

Tak hanya untuk kesehatan fisik saja, namun jogging juga berguna untuk kesehatan mental. Jogging akan membuat anda menjadi lebih kuat dalam melawan depresi dan stres.

Selain itu, jogging juga ikut berperan dalam meningkatkan produksi sel darah putih didalam tubuh, untuk membangun kekebalan atau imunitas tubuh yang baik.


Like it? Share with your friends!