8 Tips Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Jam Kerja


8 Tips Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Jam Kerja

Mengantuk saat jam kerja, merupakan hal yang sering kali terjadi pada sebagian orang. Hal ini bisa terjadi oleh beberapa sebab yang sering dialami, seperti kurang tidur, kenyang, atau bahkan lain hal.

 

Tentunya, hal ini bisa sangat mengganggu kualitas kerja seseorang. Terlebih, akan mendapatkan penilaian buruk ketika bekerja.

Untuk itu, kalian bisa melakukan beberapa cara sederhana, agar tidak merasakan kantuk ketika jam kerja.

 

1. Melakukan Peregangan dan Berinteraksi

Kantuk di saat jam kerja, biasa terjadi akibat seseorang terlalu banyak diam, dan terlalu fokus dengan pekerjaannya.

Untuk itu, kalian sangat disarankan untuk melakukan sedikit gerakan peregangan ketika bekerja. Terutama, untuk kalian yang bekerja dengan posisi duduk terlalu lama.

Dan jangan lupa untuk melakukan interaksi kepada teman kantor, agar suasana tidak menjadi membosankan. Lakukan interaksi sederhana seperti bercerita, berbagi pengetahuan, atau bahkan yang lainnya.

 

2. Mengkonsumsi Camilan Sehat

Meskipun menikmati kudapan ringan dikala jam kerja bisa membuat anda mengantuk, kalian tetap bisa mengkonsumsi camilan sehat, untuk mengatasi rasa kantuk di kala jam kerja.

Pilihlah camilan yang memang memiliki banyak nutrisi, serta memberikan tubuh lebih banyak energi agar tubuh tetap terjaga dan tidak mudah mengantuk.

Anda juga bisa mengkonsumsi buah buahan yang beragam, seperti potongan buah mangga, pisang, buah naga, anggur, jeruk, atau bahkan yang lainnya.

 

3. Keluar Sebentar, untuk mendapatkan Udara Segar

Mengantuk saat jam kerja, biasanya sering dialami setelah makan siang. Untuk itu, jika dirasa tubuh sudah mulai lemas dan mengantuk, cobalah untuk mencari suasana baru, dan mendapatkan udara segar yang ada di luar kantor.

Tidak perlu terlalu jauh, anda bisa melakukan nya di sekitar area kantor, yang tidak terlalu jauh. Hal ini bertujuan agar oksigen di dalam tubuh mampu terisi kembali, dan mengalir dengan baik ke otak.

 

4. Mengkonsumsi Air Putih atau Kopi

Air putih dipercaya mampu meningkatkan kadar oksigen didalam tubuh, yang kemudian akan mengalir dengan baik kedalam otak agar seseorang tidak mudah merasa kantuk dan menguap.

Selain memperkaya asupan Oksigen, air putih juga mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh kalian, tentunya agar kebutuhan cairan didalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik.

Tidak hanya air putih saja, kalian juga bisa mengkonsumsi segelas kopi, untuk membuat tubuh lebih terjaga, serta tidak mudah mengantuk.

Kandungan kafein yang ada didalam kopi, bisa membantu otak untuk lebih aktif, dan memberikan energi untuk tubuh. Hal ini tentunya sangat baik agar tubuh tidak mudah mengantuk.

Namun, untuk mengkonsumsi kopi sendiri, kalian taianjurkan untuk tidak mengkonsumsi nya secara berlebihan. Karena akan berdampak buruk pada kualitas tidur seseorang.

 

5. Mengkonsumsi Suplemen

Untuk mendapatkan tubuh yang tetap bugar, kalian juga bisa menggunakan cara opsional lain seperti mengkonsumsi suplemen. Sebagaimana kita ketahui, ada banyak sekali suplemen yang dikatakan mampu membuat tubuh tetap fit dan aktif.

Namun, untuk memilih suplemen untuk di konsumsi, kalian bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli, agar tidak mendapati efek samping yang mungkin berbahaya bagi tubuh.

 

6. Istirahat yang Cukup

Biasakan untuk memiliki habbit atau kebiasaan yang baik, seperti tidur lebih awal misalnya. Hal ini bisa membantu tubuh mendapatkan waktu untuk beristirahat dengan semestinya, terlebih setelah lelah bekerja seharian.

Usahakan tidur lebih awal, atau mungkin juga bisa mandi air hangat sebelum tidur, untuk memberikan efek relaks pada tubuh, dan merasa segar ketika bangun pagi.

Jangan tidur terlalu larut, sebab jika hal ini sering dilakukan, tubuh akan lebih mudah lemas, dan lebih sering mengantuk di saat jam kerja.

 

7. Mendengarkan Musik

Ini sering dilakukan oleh para pekerja untuk menghilangkan rasa bosan. Mendegarkan musik di percaya mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Ditambah dengan musik musik yang mungkin meningkatkan mood, akan lebih memberikan efek yang baik bagi tubuh.

 

8. Menghindari Stres

Ketika seseorang mengalami stres, tentunya hal ini akan berpengaruh kepada mood, dan juga kinerja saat di kantor.

Mungkin kita mengira jika seseorang mengalami stres, yang muncul justru tidak fokus ketika bekerja atau yang lainnya. Padahal, hal ini juga berpengaruh kepada rasa kantuk ketika jam kerja.

Untuk itu, kalian bisa sedikit mengurangi kadar stres di dalam otak, dengan melakukan beberapa meditasi, dan juga beberapa cara sederhana untuk menghindari stres, di kemudian hari.


Like it? Share with your friends!