8 Alasan Mengapa anda Harus Bersepeda


8 Alasan Mengapa anda Harus Bersepeda

Bersepeda merupakan hal sederhana, yang bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Bersepeda juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk olahraga yang baik bagi semua usia, dan juga untuk pria atau pun wanita.

Menikmati sore atau bahkan pagi hari disaat libur dengan bersepeda, bisa membuat fikiran menjadi lebih tenang dan juga relax.

Selain itu, sebagian orangj uga memilih untuk bersepeda ketika berangkat kerja atau bahkan melakukan aktivitas lainnya. Tentunya ini memiliki dampak yang baik bagi kesehatan, serta tubuh manusia.

Dan berikut ini, ada 8 alasan mengapa anda harus bersepeda, yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda untuk mulai bersepeda

 

1. Baik untuk Tubuh

Ketika bersepeda, kekuatan otot kaki akan lebih dibutuhkan untuk mengayuh pedal sepeda. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu rangsangan untuk otot kaki, agar lebih aktif dan juga merangsang syaraf lain untuk bekerja dengan semestinya.

 

2. Baik untuk Jantung

Berbeda dengan olahraga, bersepeda dengan santai juga dapat meningkatkan kinerja jantung dalam berdenyut, atau memompa darah untuk mengalir secara baik keseluruh organ tubuh manusia.

Dengan bersepeda santai di sore hari, tekanan jantung anda akan lebih stabil dan bekerja dengan semestinya. Hal ini bisa mencegah seseorang terkena penyakit jantung, atau bahkan penyakit buruk lain yang disebabkan akibat penyumbatan pembuluh darah.

 

3. Membantu Mengurangi Berat Badan

Melakukan kegiatan bersepeda secara rutin selama 30 menit sehari, di percaya bisa membantu untuk membakar lemak yang ada didalam tubuh. Hal ini tentunya sangat baik untuk mereka yang mengalami obesitas, atau kelebihan berat badan.

 

4. Memberikan Kekuatan Otot Kaki

Kegiatan mengayuh sepeda, juga bisa membantu menguatkan otot kaki kita. Karena ketika bersepeda, itu sama saja kita menopang 2 kali dari berat badan kita.

Sehingga beberapa orang yang rutin bersepeda santai, akan didapati memiliki kaki yang lebih kencang di bagian betis, sebab otot kaki terutama di bagian betis sudah sering kali digunakan untuk mengayuh sepeda.

 

5. Mengurangi Stress

Bersepeda di pagi hari, terlebih di saat libur, bisa menjadi salah satu sarana untuk mengurangi stress pada otak kita. Lakukanlah aktivitas bersepeda di sekitar kawasan yang masih banyak di tumbuhi oleh pohon pohon besar, sebab disana, anda bisa mendapatkan asupan oksigen segar ketika bersepeda.

Berbeda dengan berkendara menggunakan motor, bersepeda sambil menikmati pemandangan dan juga udara yang sejuk, bisa memberikan kesan tenang dan juga santai pada otak. Sehingga, badan akan terasa lebih segar, dan fikiran bisa lebih relax juga.

 

6. Membantu Tubuh Lebih Aktif

Bersepeda sendiri sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi kekuatan kaki saja, melainkan untuk seluruh tubuh, agar lebih aktif lagi.

Karena ketika bersepeda, seluruh persendian kita ikut bergerak, hal ini berguna untuk melatih sendi untuk lebih aktif, dan terhindar dari penyakit sendi yang biasa dialami oleh orang yang sudah lanjut usia.

 

7. Membuat Tulang Lebih Kuat

Paparan sinar matahari pagi ketika bersepeda, bisa menjadi salah satu sumber Vitamin D yang berguna untuk memperkuat tulang kita.

Dengan bersepeda di pagi hari, kita tidak hanya menyehatkan tubuh saja, melainkan juga menguatkan tulang kita.

Sebab ketika bersepeda, kita tidak hanya melatih tubuh untuk tetap aktif saja, melainkan juga memenuhi asupan Vitamin D lewat sinar matahari, yang baik bagi tulang kita.

 

8. Menjadi Transportasi Terbaik

Selain memberikan banyak manfaat bagi tubuh, ternyata sepeda juga bisa menjadi salah satu transportasi terbaik yang kalian pilih. Kalian bisa berpergian untuk jarak yang tidak terlalu jauh dengan menggunakan sepeda.

Sebagaimana kita ketahui, di Indonesia sendiri masih banyak para pengguna sepeda yang kerap kita temukan di jalan raya, atau bahkan di sekitar rumah kita.

 

Kesimpulan

Bersepeda merupakan olahraga sederhana yang bisa kalian lakukan kapanpun, dan dimanapun. Namun, jangan sampai kalian melakukan aktivitas bersepeda secara berlebihan, agar tubuh tidak terasa lelah dan sakit.


Like it? Share with your friends!