6 Tips Menjaga Sistem Imun Saat Musim Hujan


6 Tips Menjaga Sistem Imun Saat Musim Hujan

Musim penghujan adalah suatu musim yang sudah menjadi salah satu hal yang tidak asing di Indonesia. Sebab, Indonesia sendiri hanya memiliki 2 musim, yakni musim panas, dan musim hujan.

Ketika musim hujan datang, tentunya intensitas hujan akan lebih meningkat. Dan hujan bisa terjadi kapan saja, dan tak bisa di prediksi kapan akan berhenti nya hujan.

Ciri yang paling sering muncul ketika musim penghujan datang adalah, seringnya terlihat awan hitam, mendung di pagi hari, atau bahkan angin yang berhembus kencang.

Namun, musim penghujan juga sering kali membuat beberapa orang terkena penyakit musiman. Hal ini bisa terjadi karena mungkin sistem imun yang mulai melemah, atau perubahan cuaca dari panas, kemudian tiba-tiba hujan, atau sering di sebut dengan pancaroba.

Untuk itu, anda bisa mencoba beberapa tips yang akan kami bagikan, seputar menjaga Sistem Imun tubuh, terlebih disaat musim hujan saat ini.

 

1. Istirahat yang Cukup

Mungkin terdengar sangat biasa ya. Namun ternyata, mendapatkan istirahat yang cukup juga bisa menjadi salah satu cara menjaga imunitas tubuh, agar terhindar dari penyakit. Terutama di musim hujan.

Istirahat yang cukup juga mampu memberikan energi kepada tubuh, serta membuat tubuh kembali stabil, di tengah musim hujan yang melanda seperti saat ini.

 

2. Menjaga Kebersihan

Saat musim hujan, tak jarang di temui ada banyak genangan air di mana mana. Hal ini bisa menjadi salah satu timbulnya jentik nyamuk, yang merupakan cikal bakal dari nyamuk demam berdarah.

Genangan air hujan yang ada dijalan, bisa menjadi sarang bakteri dan juga kuman yang menyebabkan penyakit.

Untuk itu, jika dirasa selepas berkendara kaki terasa kotor, usahakan lah untuk mencuci kaki hingga bersih, dengan menggunakan sabun.

 

3. Mencuci Tangan Sebelum Makan

Penyebaran virus di musim hujan, biasanya lebih cepat tersebar.

Mereka bisa menular melalui angin yang berhembus, sampai akhirnya menempel di tangan, atau bahkan masuk kedalam tubuh kalian.

Untuk itu, ada baiknya sebelum makan juga mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Hal ini bertujuan untuk menjaga tangan tetap bersih, sebelum mengkonsumsi makanan.

 

4. Mengkonsumsi Suplemen / Vitamin

Ada baiknya untuk anda yang mungkin sering kali sakit, cobalah untuk mengkonsumsi suplemen atau vitamin, yang memang di anjurkan dan mengandung kandungan vitamin yang baik bagi tubuh.

Kalian bisa melakukan konsultasi kepada dokter, sebelum memilih suplemen atau Vitamin yang akan di konsumsi. Hal iniĀ  bertujuan untuk menghindari adanya alergi, atau timbul efek samping yang tidak diinginkan dari suplemen yang di konsumsi.

 

5. Mandi Air Dingin

Mungkin bagi sebagian orang, mandi dikala musim hujan merupakan hal yang membuat siapapun malas.

Sebab ketika musim hujan, cuaca serta air yang ada dikamar mandi pun akan terasa begitu dingin.

Namun, ternyata hal ini bisa sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh kalian. Sebab, ketika mandi air dingin dapat membantu membangunkan atau memberikan rangsangan kepada syaraf, untuk tetap aktif.

Tentunya hal ini berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih segar, serta memperlancar peredaran darah, untuk membuat sistem imun didalam tubuh menjadi lebih kuat.

 

6. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Mungkin hal ini juga bisa di terapkan, diluar musim hujan. Mengkonsumsi buah dan sayur, bisa membantu memberikan asupan nutrisi kepada tubuh, untuk memperkuat imuntas tubuh kita.

Untuk itu, mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin, bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit.

Selain di musim hujan, kalian juga bisa terus mengkonsumsi buah dan sayur, untuk melengkapi nutrisi harian kalian.

 

Kesimpulan

Menjaga imun tubuh, adalah salah satu hal penting bagi tiap orang. Sebab, apabila sistem imun sudah lemah, tentunya banyak penyakit akan mudah masuk dan menimbulkan penyakit lainnya.


Like it? Share with your friends!