5 Tanda Anda Berolahraga Secara Berlebihan


5 Tanda Anda Berolahraga Secara Berlebihan

Berolahraga, adalah salah satu cara yang sering kali digunakan, untuk meningkatkan kualitas tubuh kita. Dengan berolahraga, kita bisa membantu menyehatkan badan, meningkatkan kekuatan otot, serta mengurangi berat badan.

Adapun beberapa olahraga yang bisa kalian lakukan dirumah, bisa dilakukan dalam intensitas yang sering, baik selepas bangun pagi, ketika hendak berangkat bekerja, atau bahkan sebelum tidur.

Namun, jika olahraga dilakukan secara berlebihan, apakah itu akan menimbulkan dampak yang baik? Tentunya tidak. Karena tubuh akan merasa lelah, dan sakit pada bagian bagian tertentu.

Untuk itu, mari kita pahami terlebih dahulu beberapa tanda jika anda berolahraga secara berlebihan.

 

1. Menurunnya Performa dalam Olahraga / latihan

Tanda yang paling signifikan dari berolahraga secara berlebih, adalah menurunnya performa. Yang dimaksud performa disini, adalah kemampuan ketika menjalankan workout saat berolahraga.

Hal ini bisa terjadi karena, tubuh sudah terlalu lelah dalam melakukan aktifitas olahraga yang dilakukan. Maka dari itu, ketika berolahraga, kalian disarankan untuk melakukan pemanasan, dan juga pendinginan setelah berolahraga. Agar tubuh kembali memiliki energi untuk melakukan aktivitas lain.

 

2. Muncul Rasa Tidak ingin Berolahraga lagi

Jika seseorang berolahraga secara berlebihan, penurunan minat pada olahraga pun akan ikut berkurang. Hal ini sendiri bisa terjadi kepada siapapun.

Sebab, tubuh akan merasakan efek kelelahan dari olahraga yang berlebihan. Walaupun memang disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin.

Maka dari itu, kalian bisa membuat jadwal olahraga yang rutin, namun tidak secara berlebih, seperti mungkin 1 minggu sekali, atau bahkan 2 kali dalam 1 minggu.

 

3. Berubahnya Suasana Hati / Mood

Depresi, marah, bingung, gelisah, dan mudah tersinggung, adalah sebuah perubahan mood yang akan terjadi, apabila kalian melakukan olahraga secara berlebihan.

Mungkin memang terdengar tidak ada keterkaitan diantara keduanya. Namun hal ini bisa terjadi sebab adanya tekanan berlebih pada fisik seseorang.

Hal ini memicu hormon stress yang ada didalam otak, ketika mengalami beban fisik yang berlebihan. Untuk itu, hindari melakukan olahraga secara berlebihan.

 

4. Meningkatnya Denyut Jantung

Ketika berolahraga secara berlebihan, anda sama saja memberikan tekanan yang cukup besar kepada jantung. Sehingga jantung harus bekerja lebih keras, untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Sebagai contoh, jika dalam kondisi biasa, jantung dapat berdetak sebanyak 50 kali per menit, maka jika sedang melakukan olahraga, jantung akan berdetak sebanyak 65 kali per menit nya.

Hal ini sudah bisa menjadi bukti bahwa anda memberikan tekanan berlebih, ketika berolahraga baik secara tidak berlebih, atau bahkan secara berlebihan.

 

5. Kelelahan

Hal yang paling sering terjadi ketika berolahraga secara berlebihan, adalah kelelahan pada tubuh.

Tapi, hal ini juga biasanya di ikuti dengan beberapa rasa sakit di beberapa bagian tubuh, yang memang banyak melakukan aktivitas olahraga yang berlebihan.

Semisal, seseorang menjalani olahraga berlari mengitari lapagan dengan terburu buru, tentunya bagian kaki dan betis orang itu, akan merasakan pegal dan sakit dalam beberapa jam kemudian.

Dan setelah nya, badan akan terasa begitu lemas selepas bangun tidur. Sebab ada beberapa bagian otot yang masih merasakan tekanan dari olahraga yang berlebih.

Tentunya hal ini menyebabkan siapapun menjadi kelelahan, dan tidak mampu menjalankan aktifitas nya secara maksimal seperti biasa.

 

Kesimpulan

Melakukan olahraga dalam intensitas yang sering memanglah baik bagi tubuh. Namun, jika dilakukan secara berlebih, tentunya akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada tubuh. Dan jangan lupa mengimbangi olahraga yang terjadwal, dengan makanan yang sehat, serta istirahat yang cukup.


Like it? Share with your friends!