10 Makanan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulit


10 Makanan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit, memang menjadi salah satu hal yang kerap kali dilakukan para wanita.

Untuk mendapatkan kulit yang indah, tentunya mereka harus rutin menjaga kesehatan kulit, dengan berbagai macam cara.

Namun, tak sedikit juga yang akhir nya gagal dalam menjaga kesehatan kulit. Ntah akibat iritasi dari krim yang digunakan, atau bahkan hal lain.

Asupan Nutrisi yang dibutuhkan kulit, sebenarnya bisa didapatkan dari berbagai macam makanan yang mungkin kita konsumsi sehari hari.

Untuk itu di Artikel kali ini, kita kan membahas sedikit tentang makanan yang dapat menjaga kesehatan kulit.

 

1. Lemak Ikan

Lemak ikan dipercaya mampu menjaga kesehatan. Hal ini berkaitan erat dengan kandungan Omega-3 yang terkandung dalam lemak ikan.

Lemak ikan sendiri di percaya sangat baik bagi kesehatan kulit. Selain menjadi salah satu protein yang baik bagi kecerdasan, lemak ikan juga baik untuk kulit.

Adapun lemak ikan yang kaya akan omega-3, bisa kalian temukan di beberapa ikan laut, seperti salmon, sarden, dan herring.

Selain kandungan omega 3, kandungan vitamin E nya juga baik untuk menjaga kulit tetap kenyal dan sehat.

 

2. Alpukat

Selain dijadikan jus, Alpukat juga bisa di Konsumsi secara langsung.

Buah Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang baik bagi tubuh. Kandungan ini tentunya memberikan manfaat yang baik juga untuk kesehatan kulit anda.

Alpukat juga bisa menjaga kelembapan kulit, serta kenyal.

Selain itu, Alpukat juga mengandung antioksidan, yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, atau bahkan UV yang mengancam kesehatan kulit kalian.

Alpukat juga kaya akan Vitamin, seperti Vitamin E, dan juga Vitamin E. Yang mana kandungan Vitamin didalam buah Alpukat ini bisa menajdi antioksidan alami, untuk mencegah penuaan dini, dan menjaga kulit tetap sehat.

 

3 . Kacang Kenari

Kacang kenari memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan kulit, dan merupakan salah satu sumber kandungan asam lemak esensial, yang tidak bisa di hasilkan dari tubuh kalian sendiri.

Selain kandungan asam lemak esensial, kacang kenari juga memiliki kandungan Omega 3, dan juga Omega 6.

Meskipun mengandung omega 6, tetap saja jika terlalu banyak mengkonsumsi omega 6, dapat menimbulkan peradangan pada kulit.

Untuk itu, dengan adanya asam lemak esensial dan omega 3 pada kacang kenari, kandungan tersebut bisa melawan respon inflamasi terhadap omega 6 yang berlebihan.

 

4. Biji Bunga Matahari

Biji-bijian dan kacang-kacangan seperti biji bunga matahari, merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik bagi kulit, dan juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Kandungan yang terdapat didalam satu ons (28gr) biji bunga matahari sendiri mengandung

  • Vitamin E
  • Selenium
  • Zinc
  • Protein

Biji bunga matahari juga memiliki kandungan Vitamin E, yang mana kita ketahui bahwa Vitamin E merupakan Antioksidan yang baik, bagi menjaga kesehatan kulit.

 

5. Ubi Jalar

Ubi jalar sendiri merupakan salah satu jenis umbi-ubian, yang mengandung banyak nutrisi beta-karoten.

Beta kareten sendiri bisa di temukan di banyak sekali jenis buah dan sayur, seperti jeruk, wortel, bayam, serta ubi jalar.

Ubi jalar sendiri memiliki kandungan lain selain beta-karoten, seperti Vitamin A.

Vitamin A yang terkandung dalam ubi jalar, dipercaya baik bagi kesehatan kulit. Kandungan beta-karoten ini yang nantinya akan bertindak sebagai tabir surya alami, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Selain melindungi kulit, kandungan beta-karoten pada ubi jalar juga mampu mencerahkan kulit, sehingga terlihat lebih sehat.

Beta-karoten juga memiliki manfaat yang sama dengan anti oksidan. Yakni melindungi sel kulit, dan mencegah kulit agar tidak mudah kering dan keriput.

 

6. Paprika Merah dan Kuning

Paprika merah atau kuning, memiliki kandungan yang sama dengan Ubi jalar, yakni beta-karoten yang nantinya akan di olah tubuh menjadi Vitamin A.

Kandungan yang ada didalam 149gram Paprika merah cincang mengandung setara dengan 92%  RDI Vitamin A, dan 317% RDI Vitamin C

Paprika merah dan kuning juga mengandung banyak Vitamin C. Vitamin C sendiri berguna untuk menciptakan protein kolagen yang menjaga kulit agar tetap sehat.

Kandungan kolagen yang diciptakan dari Vitamin C, mampu membuat kulit anda lebih sehat walaupun terpapar sindar matahari, dan mengurangi resiko kulit kering seiring bertambahnya usia.

 

7. Brokoli

Brokoli hampir mirip dengan Paprika dan juga Ubi Jalar. Sayuran yang satu ini merupakan salah satu sumber Vitamin A dan C, serta Seng yang baik bagi kesehatan kulit.

Selain itu, brokoli juga mengandung lutein, yang merupakan kandungan karotenoid yang memiliki fungsi seperti beta-karoten.

Lutein akan melindungi kulit dari karusakan oksidatif, yang membuat kulit menjadi kering dan kusut.

Kuntum Brokoli juga mengandung senyawa khusus yang bernama suiforaphane. Kandungan senyawa ini memiliki efek anti-kanker, untuk menghindari resiko kanker kulit.

Selain banyak nya kandungan yang ada didalam brokoli, sayuran ini juga merupakan sumber vitamin, mineral, dan karoten yang baik bagi kesehatan kulit, dan mencegah terkena kanker kulit di kemudian hari.

 

8. Tomat

Tomat sendiri merupakan salah satu sumber Vitamin C yang bagus bagi kulit. Selain itu, tomat juga mengandung kandungan karotenoid utama, seperti likopen.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, untuk melindungi kulit anda, ada beberapa kandungan penting yang menjadi aspek utama. Seperti beta-karoten, likopen, dan juga lutein.

Namun, sebelum mengolah tomat dalam masakan, pertimbangkan terlebih dahulu. Terlebih lagi jika memasak makanan yang kaya akan karotenoid seperti tomat, dengan mencampurkan beberapa sumber lemak, seperti keju, atau minyak zaitun.

Sebab, lemak yang dihasilkan dari makanan, bisa meningkatkan penyerapan karotenoid anda.

 

9. Kacang Kedelai

Kedelai sendiri di percaya mengandung isoflavon, yang mana kandungan ini merupakan senyawa tanaman, yang mampu memblokir estrogen didalam tubuh.

Untuk wanita yang masuk kedalam pasca menopause, kedelai dipercaya dapat menghilangkan resiko kulit kering, dan meningkatkan tingkat kolagen untuk menjaga kulit tetap halus dan sehat.

Dari studi yang di lakukan, mengkonsumsi kedelai rutin selama 8 sampai 12 minggu, dapat mengurangi kerutan halus, dan meningkatkan elastisitas kulit wanita.

Selain melindungi sel-sel kulit, isoflavon juga mampu menjaga kulit anda dari radiasi sinar UV yang menjadi penyebab iritasi atau bahkan kanker kulit.

 

10. Teh Hijau

Selain melindungi kulit, teh hijau juga mampu mencegah kerusakan serta penuaan dini.

Senyawa yang ada didalam teh hijau, bernama katekin. Senyawa ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat kesehatan kulit dalam beberapa waktu.

Selain itu, teh hijau juga ikut ambil peran dalam melindungi kulit, dari paparan sinar matahari atau sebagai UV Protector.

Meskipun teh hijau sangat baik bagi kesehatan kulit, namun kalian tidak disarankan untuk mengkonsumsi teh hijau yang dicampur dengan susu.

Sebab, kandungan yang terdapat didalam susu, dapat mengurangi manfaat antioksidan dari teh hijau.

 

Kesimpulan

Menjaga kesehatan kulit merupakan hal yang penting bagi sebagian wanita. Namun, hal ini juga berlaku untuk para pria. Sebab kesehatan kulit tidak bergantung pada jenis kelamin, gen, usia, atau bahkan keturunan.

Untuk itu, pastikan kalian mengkonsumsi makanan dan minuman yang mampu melindungi kulit kalian agar tetap sehat.


Like it? Share with your friends!