Tips Diet untuk Penderita Gagal Ginjal


Tips Diet untuk Penderita Gagal Ginjal

Penyakit ginjal, merupakan salah satu masalah umum yang berpengaruh, di sekitar 10% populasi manusia di dunia.

Ginjal sendiri, merupakan salah satu organ didalam tubuh, yang memiliki bentuk seperti kacang, namun memiliki peranan penting, dan menjalankan banyak fungsi didalam tubuh.

Ginjal berperan penting untuk menyaring racun, melepas hormon yang mengatur tekanan darah, menyeimbangkan kadar cairan didalam tubuh, memproduksi urin, dan menjalankan fungsi lainnya.

Diabetes dan tekanan darah tinggi, merupakan salah satu faktor paling umum pada penyakit ginjal. Tapi, kelebihan berat badan atau obesitas, kebiasaan merokok, faktor genetika, jenis kelamin dan juga usia, menjadi pengaruh kedua, dalam meningkat nya resiko gagal ginjal.

Namun, sebagian penderita gagal ginjal, ingin menjalani diet, untuk bisa menurunkan berat badan mereka.

Meskipun begitu, penderita gagal ginjal tidak bisa sembarangan mendapatkan asupan protein didalam tubuhnya, karena, jika hal ini terjadi, kelebihan protein didalam tubuh bisa makin merusak ginjal.

Lantas, apakah ada cara atau tips diet untuk penderita gagal ginjal? Simak artikel berikut ini.

 

Memilih makanan yang mengandung sedikit garam dan Natrium

Untuk mengendalikan tekanan darah anda, penderita gagal ginjal diharuskan mengurangi sekitar 2.300 mg  kandungan sodium per hari.

Mengkonsumsi garam dan sodium terlalu berlebih juga tidak baik bagi kesehatan. Hal ini akan memicu hipertensi, yang merupakan salah satu penyebab muncul nya penyakit ginjal yang lebih parah.

 

Menghindari makanan cepat saji, atau makanan kemasan

Biasanya, makanan makanan yang biasa ditemukan di beberapa restoran cepat saji, biasanya sudah mengandung sodium, yang merupakan bagian dari garam, yang ditambahkan secara berlebihan.

Atau bahkan makanan olah pabrik dalam bentuk kemasan, selain terkandung banyak garam serta sodium, terkadang mereka juga menambahkan sedikit bahan pengawet atau bahkan penyedap rasa.

 

Mengkonsumsi Rempah Rempah

Untuk mengatasi konsumsi garam yang berlebihan, kalian bisa menggunakan rempah sebagai pengganti garam dalam olahan makanan kalian. Hal ini juga di percaya menjadi salah satu cara diet yang dianjurkan untuk para penderita gagal ginjal.

 

Makanan yang cocok untuk penderita Gagal Ginjal

Selain menghindari beberapa makanan diatas sebagai menu diet, para penderita gagal ginjal masih bisa mengkonsumsi makanan lain, seperti buah buahan dan sayuran, sebagai pelengkap diet mereka. Seperti

 

Kembang Kol

Sayuran jenis ini merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin C, Vitamin K, dan juga vitamin B Folat.

Kembang kol juga memiliki sifat anti inflamasi seperti indole, dan merupakan sumber serat yang baik.

Kembang kol tumbuk juga bisa digunakan sebagai pengganti kentang, untuk makanan rendah kalium.

Blueberry

Buah yang satu ini merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh anda.

Antioksidan yang terkandunga didalam bluberry sendiri, sering kali disebut dengan anthocyanin, yang bergunfsi untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker jenis tertentu, penurunan kognitif, serta diabetes.

Buah ini juga baik untuk penderita gagal ginjal, untuk diet. Karena buah ini rendah sodium, fosfor, dan kalium.

Anggur Merah

Tidak hanya lezat, anggur merah juga memberikan banyak nutrisi, untuk tubuh

Anggur merah mengandung banyak vitamin C, serta kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid, yang terbukti mampu mengurangi peradangan.

Selain itu, anggur merah juga kaya akan resvetarol, yakni sejenis flavonoid yang terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan jantung, dan melindungi tubuh dari diabetes dan penurunan kognitif.

Putih Telur

Bukan hanya kuning telur yang mengandung banyak gizi, putih telur ternyata kaya akan fosfor.

Kandungan fosfor yang ada didalam putih telur, di percaya menjadi pilihan terbaik, untuk penderita gagal ginjal yang menjalani diet.

Putih telur adalah pilihan yang baik, untuk anda yang menjalani perawatan dialisis. Yang mana membutuhkan banyak protein yang tinggi, namun perlu membatasi jumlah fosfor.

Bawang Putih

Selain terkenal memiliki sifat anti-inflamasi, ternyata bawang putih juga memiliki banyak manfaat.

Penderita masalah ginjal, sangat disarankan untuk membatasi kandungan garam pada makanan.

Untuk itu, menggunakan bawang putih sebagai pengganti garam, bisa menjadi salah satu alternatif yang baik.

Selain menjadi pengganti garam, bawang putih juga memiliki kandungan mangan, vitamin C, Vitamin B6, serta senyawa sulfur yang memiliki sifat anti-inflamasi, atau anti-peradangan.

 

Kesimpulan

Diet bagi penderita gagal ginjal memang sangat lah ketat. Tidak bisa sembarang makanan masuk atau di konsumsi. Untuk itu, para penderita gagal ginjal disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter ahli, ketika ingin menjalankan diet. Dan jangan lupa untuk memenuhi asupan nutrisi lain selama diet. Agar tubuh tetap bekerja dengan normal dan berfungsi dengan baik.

 

Source

The 20 Best Foods for People with Kidney Disease – https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-for-kidneys

Eating Right for Chronic Kidney Disease – https://www.niddk.nih.gov/health-information/kidney-disease/chronic-kidney-disease-ckd/eating-nutrition

 


Like it? Share with your friends!