Sinusitis – Ini Dia Gejala dan Cara Penanganannya Secara Dini


Gejala sinusitis bisa sangat menyiksa penderitanya. Bayangkan kalau menderita hidung meler selama berminggu-minggu. Gejala seperti flu tidak pernah berhenti. Inilah gejala penyakit sinusitis akut.

Bahkan ketika sinusitis ini sudah sangat parah, penderita tidak bisa bernapas dengan baik dan lebih parah lagi adalah akan tercium bau tidak sedap dari hidung penderita.

Akibat Penyakit Sinusitis

Sinusitis ini bisa sangat merepotkan. Gejala sinusitis seperti demam, terkadang dianggap sebagai gejala demam biasa seperti yang dialami oleh penderita flu. Kalau hal ini tidak ditangani, demam ini akan membuat gigi sakit dan terasa linu serta napas yang kian tidak sedap. Tentu tidak ada orang menginginkan mendapatkan penyakit tersumbatnya hidung ini.

Gigi linu dan napas pun tidak sedap. Dua hal yang sangat tidak menyenangkan. Belum lagi cairan ingus yang berbau yang disertai pipi bengkak. Agar gejala ini berkurang, penderita bisa mandi air hangat dan menghirup uap air panas agar pernapasan sedikit melegakan. Agar demam berkurang, perbanyak minum air hangat dan air jahe.

Air jahe juga akan membuat imun tubuh meningkat. Selain itu, makanan seperti jus jambu biji dan rebusan daun jambu biji, bisa dicoba. Jika tubuh mempunyai imunitas yang baik, obat sinusitis bisa bereaksi lebih baik dalam tubuh.

Langkah ini hanya tahapan darurat. Selanjutnya, harus tetap ke dokter. Biasanya akan ada obat antibiotik yang diberikan. Habiskan obat ini agar peradangan bisa sembuh total.

Teruskan langkah menghirup udara hangat baik dari air panas maupun uap yang diberi ramuan herbal beraroma mint. Pengobatan memang cukup lama, minimal dua minggu.

Penderita harus sangat disiplin untuk menghabiskan obat yang sudah diberikan. Kalau telat atau malah tidak minum obat satu hari saja, pengobatan bisa saja diulang dari awal. Hal ini dikhawatirkan bakteri yang berada dalam tubuh sudah sempat memperkuat pertahanan dirinya.

Lakukan Pemeriksaan Secara Menyeluruh

Gejala sinusitis memerlukan pemeriksaan secara menyeluruh. Biaya yang dikeluarkan mungkin agak tinggi karena harus melakukan rontgen sinus. Tidak hanya proses pengamatan dengan menggunakan rontgen tetapi juga CT scan.

Bahkan mungkin juga dilanjutkan dengan endoscopy hidung yang mungkin cukup menyakitkan. Karena salah satu penyebab sinusitis adalah alergi, maka pemeriksaan yang berkaitan dengan alergi, harus dilakukan. Kultur mukus pun diamati agar pemeriksaan ini semakin menyeluruh.

Pemeriksaan ini bisa memakan waktu beberapa hari atau mungkin beberapa minggu. Setelah memeriksaan selesai, bagian yang tersulit adalah menahan diri untuk tidak terkena alergi.

Padahal debu dan polusi cukup tinggi di Indonesia. Untuk itu, penderita sinusitis harus benar-benar menjaga staminanya agar pilek tidak mudah menyerang. Hidung harus dijaga dengan sangat baik dan jangan sampai membersihkannya dengan cara biasa.

Upaya Menghindari Sinusitis Kambuh

Penggunaan AC di rumah dan di kantor, mungkin akan menjadi masalah bagi penderita sinusitis. Untuk itu, peralatan pengatur suhu udara ini harus dibersihkan. Kalaupun menggunakan kipas angin biasa, bersihkan baling-balingnya secara berkala.

Hindari juga asap rokok. Ini juga sulit. Untuk itu, selalu siapkan masker di mana pun berada. Ganti masker secara berkala. Biaya perawatan dan menjaga kesehatan ini memang cukup tinggi. Tapi demi menghindari penyakit sinusitis kambuh, hal ini harus dilakukan.

Jangan sesekali menegak minuman keras karena akan memperparah sinusitis. Selain itu ada beberapa hal yang harus dihindari pula. Misalnya, kalau tidak terpaksa, tidak perlu naik pesawat. Tekanan udara bisa sangat berbahaya bagi penderita sinusitis.

Tidak hanya itu, beberapa jenis olahraga yang berhubungan dengan air, harus dihindari. Penderita sinusitis tidak disarankan untuk melakukan olahraga menyelam, berenang, dan kegiatan dalam air lainnya.

Penyebab Sinusitis

Sinusitis ini merupakan penyakit yang berkaitan dengan saluran pernapasan. Penyebab salah satunya adalah infeksi. Walau ada juga yang disebabkan oleh bukan infeksi, ternyata virus menjadi penyebab sinusitis terbesar. Penyebab seperti bakteri dan jamur tidak bisa disepelekan karena memang ada penderita yang mengalaminya.

Gejala yang dialami penderita sinusitis bisa cukup melelahkan dan menyakitkan. Misalnya, selain hidung yang tersumbat, demam, kepala pun sakit walau hanya bergerak sedikit. Tenggorokan sakit sekaligus gatal apalagi kalau sudah bersin. Artinya, apa pun yang dilakukan oleh penderita sinusitis akan membuatnya merasa cukup menderita.

Jangan biarkan penderita menjadi frustasi dengan penyakitnya karena konsentrasinya bisa terganggu. Orang-orang yang berada di sekitar penderita pun merasa terganggu.

Selain suara batuk dan hidung meler, juga bau napas penderita yang akan membuatnya mungkin dihindari. Orang mungkin akan mengira bahwa penderita adalah orang yang akan menyebarkan virus flu.

Untuk itulah, penyakit ini harus diobati segera dan jangan dibiarkan berlarut. Flu biasa akan sembuh dalam waktu beberapa hari dan ada tanda kesembuhan dengan jelas. Sedangkan sinusitis biasanya akan terlihat malah semakin parah. Batuk dan pileknya terlihat menyakitkan karena penderita pun terlihat sangat menderita.

Penanganan Secara Dini

Gejala sinusitis bisa dialami oleh anak-anak. Kalau sudah terlihat tandanya, sebaiknya anak penderita sinusitis tidak diberi susu dan apa pun yang berasal dari susu. Ganti protein dari susu dengan protein dari bahan lain. Ajak anak untuk hidup sehat dengan membiasakan makan buah-buahan dan sayuran.

Bila perlu beri anak suplemen makanan seperti habbatussaudah atau jintan hitam dan minyak ikan. Tubuh anak harus dijaga agar tetap fit. Ajak anak berolahraga secara teratur dan hindarkan anak dari segala bentuk stres agar tubuh anak tetap kuat melawan virus, bakteri, dan jamur yang bisa menyerangnya.

Jika anak terpaksa berada dalam lingkungan dengan cuaca yang cukup dingin atau sangat panas (suhu ekstrem), sebaiknya konsultasikan ke dokter obat apa yang harus dikonsumsi. Mandikan anak dengan air hangat dan jaga agar suhu tubuh anak tetap normal. Kalau stamina anak sudah terlihat menurun, ajak anak untuk beristirahat dan beri pengertian tentang penyakitnya.

Operasi untuk Sinusitis

Walau ada kegagalan karena memang yang dioperasi adalah saluran pernapasan, operasi sinusitis bisa menjadi langkah keluar yang tepat. Telah banyak yang melakukan operasi ini.

Biayanya memang tidak sedikit terutama kalau melakukan operasi dengan teknologi yang sangat canngih. Tapi hasilnya luar biasa. Tidak ada satu pun orang yang ingin mengalami kesulitan bernapas. Untuk itu, kalau memang memungkinkan, sebaiknya lakukan operasi sinusitis secepatnya.

Teknik operasi yang digunakan dinamakan FESS. Teknik ini dikatakan sebagai suatu teknik dengan teknologi yang tepat dan dengan masa penyembuhan yang tergolong cepat.

Setelah operasi dilakukan, lubang hidung dan mungkin juga bentuk hidung menjadi berbeda. Inilah yang mungkin membuat orang mengira bahwa penderita sinusitis melakukan operasi plastik.

Sebelum operasi dilakukan, penderita akan menjalani beberapa rangkaian pemeriksaan. Damping penderita dan beri kekuatan agar ia tidak stres. Tingkat stres yang tinggi malah akan membuat gejala sinusitis mudah sekali datang. Hal ini tentu akan menghambat proses penyembuhan dan proses operasi sinusitis.


Like it? Share with your friends!