Penyebab Mata Bengkak


Penyebab Mata Bengkak

Timbulnya bengkak pada mata atau kelopak mata, adalah salah satu hal yang biasa terjadi.

Hal ini biasanya di akibatkan oleh infeksi yang terjadi, di dekitar area mata. Mata yang bengkak, biasa nya akan terjadi secara tiba tiba, dan mungkin bisa mengempis dalam waktu 24 jam, atau bahkan lebih.

Mata bengkak tidak dipengaruhi pada jenis kelamin, usia, atau bahkan keturunan. Siapa saja bisa terkena penyakit mata bengkak ini.

 

Penyebab mata bengkak

Namun, dengan mengetahui penyebab dari mata bengkak, kalian bisa melakukan beberapa perawatan, agar proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Alergi

Bengkak pada mata, biasanya sering terjadi karena alergi. Alergi yang menyerang mata, biasanya akan menimbulkan rasa tak nyaman bagi penderitanya.

Rasa ingin terus mengucek mata, membuat mata menjadi merah, atau bahkan menimbulkan iritasi ringan, atau bahkan kronis.

Untuk itu, pastikan kalian menjaga mata dari hal hal yang sekiranya menimbulkan alergi.

Gigitan Serangga

Serangga bisa hinggap dan menggigit manusia di bagian tubuh mana saja, termasuk mata.

Serangga yang kerap hidup di sekitar kita, terkadang bisa meninggalkan bekas gigitan, yang berakhir menjadi sebuah kebengkakan.

Seperti misalnya semut api, semut hitam, nyamuk, atau bahkan serangga lain.

Serangga jenis ini, biasanya akan menimbulkan efek bengkak,  pada manusia yang memiliki kulit yang sensitif.

Mereka akan meninggalkan rasa sakit, dan juga gatal yang berkelanjutan, sampai akhirnya muncul sebuah bengkak kecil pada bagian tubuh yang tergigit.

Kekurangan Cairan

Mungkin terdengar sepele, namun kekurangan cairan pada tubuh, dapat menimbulkan banyak masalah pada kesehtan. Kandungan air didalam mata, mampu menjaga mata tetap sehat.

Air yang ada didalam mata ini, biasanya berguna untuk mengantarkan oksigen, serta mengeluarkan sisa nutrisi yang tak lagi dibutuhkan oleh tubuh.

Infeksi Virus

Virus yang sering kali menyebabkan pembengkakan mata, adalah Herpes zoster. Virus ini juga menjadi salah satu virus yang menyebabkan cacar air.

Efek samping dari terkena virus herpes zoster ini adalah nyeri, ruam, dan juga menimbulkan rasa tak nyaman pada bagian tubuh.

Tentunya hal ini bisa menimbulkan efek bengkak atau ruam, disekitar daerah mata.

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi dimana kelenjar tiroid yang kurang aktif. Hal ini menyebabkan kelelahan, dan perubahan berat bada, serta menimbulkan bengkak pada mata.

Mengapa bisa terjadi? Sebab, ketika seseorang terkena kondisi Hipotiroidisme, tubuh akan berhenti memproduksi hormon tiroid didalam tubuh.

Namun, jika terlalu banyak hormon tiroid aktif dalam tubuh, hal ini akan menimbulkan masalah baru.

Yakni Graves, yang merupakan kondisi dimana hormon tiroid terlalu aktif, sehingga menyebabkan pembengkakan pada mata, penglihatan berbayang, cemas, penurunan berat badan, serta detak jantung yang cepat, atau tak stabil.

 

Cara Mengatasi Mata Bengkak

Setelah memahami tentang penyebab mata bengkak, kalian bisa melakukan beberapa treatment atau perawatan, untuk mengobat kebengkakan pada mata. Seperti :

Mencuci Mata dan Mengompres nya dengan air Hangat

Memberikan pertolongan pertama dengan cara mengkompress mata dengan air hangat, bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengobati Bengkak pada Mata.

Namun, tergantung dengan seberapa para bengkak mata yang dialami.

Jika dirasa sudah lebih kronis, anda disarankan melakukan konsultasi dengan dokter ahli, untuk mendapatkan rekomendasi perawatan lain.

Menggunakan Obat Tetes Mata

Jika memang dirasa bengkak pada mata tidak terjadi akibat infeksi bakteri, dokter akan memberikan resep sederhana berupa obat tetes mata, ataupun salep, untuk mengurangi peradangan.

Obat mata sendiri biasanya mengandung antibiotik. Kandungan ini berguna untuk mengatasi mata kering, dan juga iritasi ringan.

Mengkonsumsi Antibiotik

Antibiotik yang cocok, biasanya akan secara efektif menghilangkan infeksi pada mata.

Fungsi lain dari antibiotik, dalah untuk mencegah infeksi mata akibat bakteri, meyebar ke bagian yang lain, dan menimbulkan bengkak yang lebih parah.

Antibiotik yang di berikan dokter, bisa dalam bentuk pil, salep, atau bahkan cairan khusus untuk mata yang berbeda dengan obat tetes mata.

 

Kesimpulan

Menjaga mata tetap sehat, adalah cara sederhana untuk melindungi mata dari penyakit dan juga penyebaran infeksi mata yang membuat mata tidak bekerja dengan semestinya. Efek yang sering kali timbul ketika mata bengkak adalah demam, rasa tak nyaman, dan nyeri yang dirasakan di seluruh tubuh.

 

Source :

https://www.healthline.com/health/blepharitis#treatment – Treating eyelid inflammation (16/01/2020)

https://www.nvisioncenters.com/conditions/swollen-eyelids/ – Swollen Eyelids? Causes & How to Fix Them (Fast) (16/01/2020)


Like it? Share with your friends!