Mengapa Timbul Rasa Kantuk setelah Makan?


Mengapa Timbul Rasa Kantuk setelah Makan?

Rasa kantuk yang sering dialami oleh sebagian manusia, biasa nya di sebabkan ketika setelah makan, atau bahkan makan siang.

Tak sedikit juga manusia akan merasa butuh tidur siang, selepas makan siang.

Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan tubuh kita?

Seperti di kutip dari heatline, rasa kantuk setelah makan adalah salah satu hal yang normal, dan bukan hal yang berbahaya bagi tubuh.

Meskipun tak berbahaya, jika kebiasaan seperti ini terus dilakukan dengan intensitas yang sering, tentunya akan menibulkan penyakit yang mengancam kesehatan kalian.

 

Faktor Penyebab Kantuk setelah Makan

Namun, perlu terlebih dahulu kita ketahui mengenai faktor yang menyebabkan rasa kantuk ketika selesai makan, dan juga cara untuk mengatasinya.

 

Siklus Pencernaan Tubuh

Tubuh sangat memerlukan energi agar bekerja dengan maksimal.

Untuk kita, dengan adanya asupan makanan berigizi dan mengandung karbohidrat, dapat memberikan kita energi untuk menjalani rutinitas kita.

Makanan yang masuk kedalam tubuh kita, akan di  proses menjadi bahan bakar tubuh berupa Glukosa melalui sistem pencernaan.

Selain itu, kandungan horaon cholecystokinin, glukagon, serta amilin, akan bekerja untuk memberikan rasa kenyang, peningkatan gula darah, dan juga memproduksi insulin didalam tubuh.

Fungsi insulin yang terbentuk, akan membantu membawa pergi kandungan gula yang ada didalam tubuh, untuk di ubah menjadi energi.

Dan fakta menarikya adalah, hormon serotonin yang ada didalam tubuh, akan mengirimkan sinyal kantuk apabila berada dalam jumlah yang terlalu banyak.

Sedangkan, sumber munculnya hormon serotonin yang menyebabkan kantuk, ternyata di produksi dari pengaruh  jenis makanan yang masuk kedalam tubuh.

 

Pengaruh Diet

Meskipun semua makanan yang masuk kedalam tubuh akan dicerna dengan baik, ternyata tidak semua makanan akan memberikan pengaruh yang baik bagi tubuh.

Terkadang, diet dengan hanya mengkonsumsi makanan tertentu, justru akan menimbulkan rasa kantuk yang lebih, daripada makanan lainnya.

 

Pengaruh Makanan dengan Kandungan asam triptofan

Kandungan asam amino triptofan, biasanya sering kali ditemukan dalam bahan makanan seperti, daging ayam kalkun, atau bahkan makanan tinggi protein lain seperti :

  • Bayam
  • Kedelai
  • Telur
  • Keju
  • Tahu
  • Ikan

Kandungan triptofan sendiri berguna untuk membuat zat serotonin. Yang merupakan salah satu neurotransmitter yang mengatur pola tidur manusia.

Meningkatnya produksi serotonin didalam tubuh, bisa menimbulkan rasa kantuk, setelah makan.

 

Kualitas Tidur yang Buruk

Kebiasaan bergadang dan tidur terlalu malam, juga menjadi salah satu faktor utama pemicu rasa kantuk setelah makan.

Ketika kondisi tubuh tidak begitu mendapat waktu istirahat yang cukup, tubuh akan mudah lelah dan mudah mengantuk.

Ditambah dengan peningkatan zat serotonin setelah makan, akan menimbulkan rasa kantuk yang lebih besar .

Untuk itu, pastikan kalian mendapatkan istirahat yang cukup, agar tidak mudah mengantuk setelah makan.

 

Kurang Gerak

Sadar atau tidak, kurang melakukan olahraga atau gerak, bisa menjadi faktor utama penyebab rasa kantuk selepas makan.

Para ahli juga mengatakan, bahwa melakukan aktivitas sederhana seperti bergerak dan tidak menetap, bisa membuat tubuh tidak mengantuk selepas makan.

Untuk itu, hindari kebiasaan terlalu banyak diam di satu tempat, dan kurang gerak. Sebab, masalah lain dari terlalu lama diam atau duduk adalah kerusakan ginjal, dan penyakit lainnya.

 

Kurang Air Putih

Kadang, menikmati segelas ice tea selepas makan, bisa menjadi hal yang sangat nikmat.

Namun ternyata, memiliki kebiasaan minum minuman dengan kadang gula yang berlebih, serta jarang minum air putih, bisa menjadi faktor penyebab rasa kantuk didalam tubuh.

Rasa kantuk, biasanya diawali dengan terlalu sering menguap. Kenapa manusia bisa menguap? – hal ini bisa terjadi sebab, asupan oksigen yang ada didalam otak mulai berkurang.

Untuk itu, kalian bisa mendapatkan asupan oksigen dan cairan yang cukup untuk tubuh dengan minum Air putih dengan saran yang dianjurkan.

Selain mencegah kantuk selepas makan, air putih juga di percaya bisa berguna untuk detox alami untuk mengeluarkan racun didalam tubuh.

 

Kesimpulan

Perhatikan makanan yang kalian makan. Atur pola makan serta pola tidur yang baik untuk tubuh kalian. Hindari terlalu sering bergadang dan tidur terlalu larut, selain mengganggu pekerjaan kalian, kebiasaan tidur selepas makan juga bisa menyebabkan diabetes, atapun menjadi penyebab penyakit lain muncul.


Like it? Share with your friends!