Penyakit Influenza – Penyebab dan Cara Penularan


influenza

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Dengan memiliki kesehatan yang prima, maka kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan baik. Namun, pada musim tertentu terutama pancaroba atau pergantian dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya, berbagai virus dapat lebih cepat menyerang tubuh.

Salah satu virus yang banyak menyerang adalah influenza. Lalu apa penyebab dan cara penularan penyakit influenza?

Pentingnya Kesehatan

Sehat merupakan kata yang sangat diidamkan ketika Anda terserang penyakit, banyak orang yang baru menyadari pentingnya kesehatan setelah ia terserang penyakit. Untuk itu,banyak hal yang ia korbankan mulai dari tenaga hingga materi yang tak terhingga untuk mendapatkan kesehatannya kembali.

Padahal kesehatan sudah menjadi hak bagi setiap orang, hanya saja kebanyakan orang tidak mensyukuri dan melakukan berbagai hal yang dapat memicu berbagai jenis penyakit hinggap pada tubuhnya.

Penyebab dan Cara Penularan Penyakit Influenza

Selain karena ulah manusia, penyakit pun bisa hadir akibat menyebarnya suatu virus. Misalnya, virus influenza yang kerap kali menyerang manusia saat pergantian dari musim kemarau ke musim hujan. Pada saat seperti inilah daya tahan tubuh manusia sangat diuji.

Jika ia memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka tubuh tidak akan kehilangan sistem pertahanannya dan tubuh akan tetap bugar. Berbeda dengan orang yang memiliki sistem pertahanan tubuh yang lemah, maka ia dengan sendirinya akan terkena penyakit yang menyerang manusia dalam jangka waktu yang cukup lama.

Seperti yang telah kita ketahui penyebab dan cara penularan penyakit influenza sangat mudah jika seseorang tidak memiliki pertahanan tubuh yang baik. Oleh karena itu, penyakit yang memiliki sifat menular ini bisa menyebar di udara dan ikut menulari keluarga ataupun rekan yang memiliki daya tahan tubuh sama seperti kita.

Gejala influenza atau flu antara lain hidung tersumbat, demam, meriang, tubuh terasa berat, keluarnya cairan dari hidung. Pada saat Anda menderita penyakit ini disarankan untuk melakukan istirahat selama beberapa hari guna memulihkan keadaan.

Jika kita melihat ada anggota keluarga yang tdak terserang penyakit flu, sedangkan hampir seluruh anggota keluarga terserang, maka daya tahan tubuh orang tersebut sangatlah baik. Bisa jadi ia melakukan berbagai pencegahan terhadap penyebab dan cara penularan penyakit influenza.

Tips Menghindari Influenza

Jika Anda ingin memiliki daya tahan tubuh yang sama baiknya, mulailah untuk melakukan berbagai upaya untuk mengetahui penyebab dan cara penularan penyakit influenza serta cara menanganinya sebagai berikut.

1. Sinar matahari

Sinar matahari pagi merupakan unsur vitamin D terbesar yang dapat diserap oleh tubuh manusia.Dengan berjemur selama 10-15 menit di bawah sinar mentari pagi, maka Anda akan memiliki asupan vitamin D yang baik untuk menangkal virus influenza.

Apalagi saat musim penghujan tiba, Anda akan kesulitan menemukan sinar matahari, sehingga virus bisa mudah masuk ke tubuh kita. Jangan takut dulu, jika Anda memiliki kesempatan, maka pada pagi hari biasanya hujan belum muncul, maka dari itu Anda bisa memanfaatkannya untuk berjemur dan menerima asupan vitamin D yang banyak.

2. Vitamin C dan D

Jika matahari enggan muncul pada pagi hari, mulailah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi, seperti buah-buahan. Dengan begitu Anda akan memiliki tubuh yang lebih segar dan bisa terhindar dari penyakit. Bila perlu konsumsi pula suplemen yang mengandung vitamin D sebagai pengganti sumber vitamin D alami.

3. Olahraga

Olahraga merupakan sebuah kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh dan membuat daya tahan tubuh meningkat. Dengan melakukan olahraga yang teratur, maka Anda akan dapat menghadang berbagai jenis penyakit termasuk influenza.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, mulai dari olahraga ringan hingga olahraga berat. Hal tersebut tergantung dari seberapa suka Anda dengan jenis olahraganya. Misalnya, bagi Anda yang memiliki kesibukan ekstra, sempatkahlah waktu 20 menit setiap pagi untuk lari di taman dekat rumah.

Bagi Anda yang memiliki waktu luang ekstra, lakukanlah aktivitas bersepeda santai, senam aerobik, fitnes, futsal, basket, berenang, dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda dapat memiliki tubuh yang sehat. Intinya adalah lakukan setiap olahraga secara rutin, jangan sampai Anda malas melakukannya.

4. Hindari stres

Stres merupakan pemicu segala macam penyakit karena dengan pikiran yang tidak stabil, maka Anda akan lebih mudah lelah, namun enggan mengonsumsi makanan. Dengan begitu tubuh akan kehilangan pertahanannya, virus pun akan mudah menghinggapi tubuh Anda.

Stres bisa muncul dari berbagai hal, mulai dari masalah rumah tangga, masalah di kampus, kantor, hingga masalah cinta. Semuanya bisa membuat Anda merasa kesal, sedih, dan marah. Namun, ingatlah untuk selalu berfikiran positif terhadap segala hal dan meyakini bahwa dibalik setiap masalah pasti akan ada hikmahnya. Dengan begitu rasa stres bisa Anda hindari dengan baik.

Dari beberapa penyebab dan cara penularan penyakit influenza tersebut dapat kita ketahui bahwa tubuh akan sehat jika kita memperlakukannya dengan baik. Untuk itu, sayangilah tubuh Anda dengan melakukan tips diatas.

Apabila flu sudah terlanjur menghinggapi Anda, maka ada solusi jitu yang tidak menggunakan bahan kimia. Cara tersebut adalah dengan mengonsumsi sup ayam hangat, sup ayam yang dibuat dengan bahan rempah-rempah, seperti merica dapat membantu melancarkan hidung tersumbat. Selain itu, asam amino yang terdapat dalam ayam dapat membuat produksi lendir karena flu berkurang. Anda pun dapat mengonsumsi minuman hangat yang mengandung jahe yang dapat melegakan pernafasan dan membuat tubuh terasa lebih hangat dan segar.

Lakukanlah juga olahraga ringan, seperti berjalan-jalan di sekitar halaman rumah atau taman di dekat rumah untuk membantu Anda merasakan udara segar, banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin. Gunakanlah masker kemanapun Anda pergi agar virus yang ada pada tubuh tidak menular pada rekan atau keluarga.

Jika cara-cara alami tersebut belum mampu menangani flu yang Anda derita, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan sembarangan mengonsumsi obat-obatan warung karena pada dasarnya kita belum mengetahui sebesar apa dosis obat yang harus dikonsumsi. Untuk itu, konsultasi dokterlah cara yang paling ampuh.

Intinya jangan sampai Anda menganggap sepele penyakit ini. Walaupun terlihat seperti penyakit yang tidak mematikan, namun penyakit ini bisa jadi membuat aktivitas Anda terganggu. Bahkan virus mutasi seperti flu burung dan flu babi dapat mengakibatkan kematian pada manusia.

Untuk itulah, kenali gejala penyakitnya dan periksakan ke dokter jika dalam dua hari Anda tak kunjung sembuh karena bisa jadi flu yang diderita bukanlah flu biasa, melainkan flu babi atau flu burung yang benar-benar harus mendapatkan penanganan dokter ahli.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara penularan penyakit influenza, serta cara menanganinya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin selalu hidup sehat dan bugar setiap harinya. Jangan sampai penyakit seperti influenza menyerang disaat kita harus melakukan berbagai aktivitas yang membutuhkan stamina prima.


Like it? Share with your friends!