Cara Mengatasi Iritasi Kulit


Cara Mengatasi Iritasi Kulit

Tiap orang mungkin pernah mengalami gatal pada bagian kulitnya sesekali.

Namun, jika gatal tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang lama, mungkin hal tersebut bisa menjadi hal yang berbahaya.

Gatal dalam jangka waktu panjang, sering juga disebut sebagai gatal kronis.

Kondisi seperti ini, jika di biarkan terlalu lama, akan menyebabkan luka, atau bahkan iritasi ringan hingga iritasi yang parah.

Ada banyak penyebab kulit menjadi gatal, hal ini bisa disebabkan oleh kondisi kulit, herpes zoter, alergi, atau bahkan terkena penyakit menular, seperti kudis atau kurap.

Penyakit iritasi kulit sendiri dapat di obati dengan beberapa langkah sederhana,  dan juga dengan hasil diagnosa dari dokter kulit. Seperti

Menggunakan Krim dengan Anjuran Dokter

Untuk mengatasi iritasi pada kulit, kalian bisa menggunakan krim atau mosturaizer yang memang sudah di sarankan oleh dokter ahli kulit.

Jangan menggunakan sembaran krim untuk meredakan iritasi kulit, sebab, efek samping yang ditimbulkan bisa lebih parah.

Oleskan krim untuk iritasi ke bagian kulit yang terasa gatal atau iritasi. Gunakan secara rutin 2 kali sehari dalam 1 minggu.

 

Menggunkaan Krim atau Salep yang mengandung kortikosteroid

Jika kulit mulai mengalami gatal dan memerah, dokter mungkin akan menyarankan untuk menggunakan salep atau krim, yang mengandung kandungan kortikosteroid.

Kandungan ini sering kali digunakan untuk membunuh bakteri penyebab iritasi kulit, dan juga membuat kulit menjadi lebih lembab.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu meratakan krim ini di bagian yang terasa gatal atau iritasi, dengan menggunakan kain katun.

 

Mengkonsumsi Obat Anti Iritasi

Antidepresan yang di sebut dengan inhibitor peuptake serotonin selektif, di percaya bisa menghilangkan rasa gatal yang di akibatkan iritasi kulit.

Obat obatan ini bisa kalian temukan dengan berbagai macam jenis, seperti fluoxetine (Prozac) dan sertraline (Zoloft).

 

Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah digunakan selama berabad abad untuk mengatasi kulit kering dan gatal.

Minyak kelapa bisa merupakan pelembab alami yang memilki sifat antiseptik, dan juga antiinflamasi, yang membantu mengurangi gelaja eksim pada kulit.

Gunakan minyak kelapa dalam jumlah yang cukup, dan oleskan pada bagian kulit yang terkena iritasi.

 

Menggunakan Gel Lidah Buaya

Gel Lidah buaya atau yang sering dikenal sebagai Aloe vera, mampu mencegah kulit terkena iritasi akibat sengatan matahari, ruam, infeksi, atau bahkan kemerahan akibat gatal.

Selain itu, sifat dari Gel Lidah Buaya ini memiliki sifat pendinginan dan juga antijamur. Sehingga mampu menyembuhkan iritasi pada kulit.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, ambil gel atau ekstrak lidah buaya, dan campurkan dengan minyak kelapa.

Oleskan pada kulit yang terkena iritasi, dan biarkan beberapa saat hingga menyerap.

 

Menggunakan Soda Kue

Kalian bisa menggunakan soda kue untuk alternatif mengatasi iritasi kulit.

Kandungan yang terdapat didalam soda kue, mampu menyembuhkan iritasi ringan, membunuh kuman atau bakteri penyebab iritasi, dan juga menghilangkan ruam, gatal, dan bekas gigitan serangga.

Selain itu, soda kue juga bisa berguna untuk menjaga keseimbangan pH kulit kalian.

Cukup tuangkan secangkir Soda Kue kedalam air hangat dengan perbandingan yang cukup, kemudian rendamlah bagian kulit yang dirasas terkena iritasi, selama 10 menit.

Keringkan dengan menggunakan handuk yang bersih.

 

Konsultasikan dengan Dokter Spesialis Kulit

Untuk mendapatkan jawaban dari masalah iritasi kulit kalian lebih baik, kalian bisa melakukan konsultasi kepada Dokter spesialis.

Dengan memberitahukan kondisi yang terjadi pada kulit kalian, tentunya dokter akan memberikan kalian obat yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebab, dokter akan mengetahui jenis kulit kalian, dan apakah ada alergi atau iritasi terhadap jenis obat tertentu.

 

Kesimpulan

Menjaga kesehatan kulit memang sudah menjadi sebuah kebutuhan. Menjaga kelembaban, dan juga menggunakan krim yang sesuai dengan jenis kulit, bisa menjadi cara mudah untuk mengatasi iritasi kulit.


Like it? Share with your friends!