6 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan


6 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan merupakan hal yang sangat mengganggu bagi penderitanya.Biasanya, sakit tenggorokan bisa di pengaruhi oleh beberapa faktor, seperti panas dalam, luka pada bagian tenggorokan, atau bahkan infeksi oleh bakteri yang ada didalam mulut.

Sakit tenggorokan sendiri, biasanya bisa sembuh dalam waktu beberapa hari, atau bahkan beberapa minggu. Tergantung dari seberapa parah sakit tenggorokan yang dialami, dan pengobatan apa yang dilakukan.

Di artikel ini, kita akan membahas mengenai 6 Cara Meredakan Sakit tenggorokan.

 

1. Berkumur dengan Air Garam

Sakit tenggorokan biasanya diawali dengan beberapa gejala, seperti bersin, batuk yang tiada henti, atau bahkan demam.

Pengobatan sakit tenggorokan yang masih banyak digunakan sampai saat ini, adalah dengan berkumur mengunakan garam.

Adapun untuk melakukan cara ini, kalian bisa menggunakan garam yang tinggi yodium, kemudian mencampurnya dengan air hangat, sebelum berkumur.

Air garam di percaya bisa menjadi antiseptik alami, untuk membubuh kuman serta bakteri yang ada didalam tenggorokan, yang menyebabkan sakit tenggorokan.

 

2. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Anti-radang

Makanan yang memiliki kandungan anti-radang, bisa kalian temukan di beberapa jenis buah dan sayuran, dan makanan jenis lain. Seperti :

  • Buah beri
  • Ikan yang mengandung lemak omega 3
  • Brokoli
  • Alpukat
  • Teh hijau
  • Anggur
  • Dan sebagainya.

Kandungan anti-radang yang ada di beberapa jenis makanan, di percaya bisa menjadi salah satu pengobatan untuk mengurangi peradangan pada tenggorokan, agar rasa sakit yang di derita bisa berkurang.

 

3. Mengkonsumsi Permen

Beberapa jenis permen saat ini, terkadang sudah mengandung semacam bahan mentol didalamnya.

Jenis permen yang bisa anda konsumsi untuk meredakan sakit tenggorokan ini, bisa kalian temukan di beberapa supermarket, atau bahkan minimarket.

Permen akan merangsang produktifitas air liur agar lebih meningkat lagi, dan membantu melumasi tenggorokan. Namun, permen untuk mengatasi sakit tenggorokan tidak selama nya bisa menjadi pengobatan yang efektif, ia hanya bisa digunakan untuk mencegah sakit tenggorokan, menjadi lebih parah dalam waktu yang terbatas.

 

4. Mencampurkan Madu dan Teh

Kandungan antioksidan yang terkandung didalam teh, di percaya bisa menjadi salah satu cara untuk membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, menggunakan madu juga di percaya juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, agar terhindar dari penyakit berbahaya lainnya.

Madu memberikan sensasi tenang dan manis didalam mulut, untuk itu, madu juga bisa mengurangi rasa tidak nyaman, yang ditimbulkan akibat sakit tenggorokan.

 

5. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Bakteri yang ada didalam tenggorokan, biasanya akan ikut terbawa oleh cairan yang masuk melalui mulut.

Untuk itu, kalian bisa rutin mengkonsumsi air putih, atau bahkan memperbanyak asupan mineral di dalam tubuh. Hal ini juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah, atau pun menjaga tubuh tetap terlindung dari penyakit.

 

6. Hindari Mengkonsumsi Makanan berminyak dan Terlalu Manis

Makanan yang mengandung minyak berlebih seperti gorengan, biasanya menjadi sumber muncul nya sakit tenggorokan.

Selain itu, makanan terlalu manis seperti soda, juga memberikan kesan tertusuk bagi sebagian orang yang mengkonsumsinya.

Untuk itu, ketika terkena sakit tenggorokan, kalian disarankan mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung banyak minyak, dan terlalu manis.

Agar sisa sisa minyak dan gula yang ada didalamnya, tidak tertinggal didalam tenggorokan, dan menimbulkan bakteri penyebab sakit tenggorokan muncul.

 

Kesimpulan

Menjaga kesehatan tubuh seperti tenggorokan, bisa menjadi salah satu cara utama dalam melindungi tubuh agar tetap sehat. Untuk itu, mengkonsumsi buah dan sayur (terlebih yang mengandung banyak anti inflamin atau anti radang) bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan tenggorokan.

 

Source :

Help for Sore Throats – https://www.healthline.com/health/cold-flu/help-sore-throats


Like it? Share with your friends!