6 Akibat Jika Kurang Minum Air Putih


6 Akibat Jika Kurang Minum Air Putih

Air putih biasa di temukan di jual bebas atau bahkan di masak sendiri, dan juga menjadi salah satu faktor utama dalam mengatasi segala macam penyakit, dan detox alami.

Banyak sekali para dokter yang mengatakan, bahwa manusia perlu memenuhi kebutuhan cairan nya secara baik, agar terhindar dari dehidrasi, atau bahkan lemas ketika beraktivitas.

Selain karena memang disarankan oleh para Dokter, Air Putih juga memiliki peran penting bagi kesehatan ginjal manusia. Jika manusia kurang minum air putih, tentunya akan banyak kerusakan organ dalam, yang di alami.

Untuk itu, di artikel ini akan kami jelaskan, akibat apa yang akan timbul, jika anda kurang minum air putih.

 

1. Dehidrasi

Masalah yang paling umum terjadi jika manusia kekurangan minum air putih, adalah dehidrasi.

Dehidrasi adalah sebuah kondisi dimana seseorang akan merasa sangat haus, tenggorokan kering, atau bahkan lemas.

Kekurangan cairan atau dehidrasi juga bisa memperburuk suasana, seperti hilangnya konsentrasi, mudah lupa, atau bahkan lain hal.

Selain itu, jika anda kurang minum air putih, kulit bibir anda akan cepat kering, sebab kurangnya kelembapan pada bagian mulut anda.

 

2. Lemas

Tubuh manusia, hampir sepenuhnya di isi dengan air.

Manusia, bisa bertahan lama bahkan bila tak makan dalam waktu beberapa hari. Namun, bila seorang manusia kurang mendapati asupan air putih atau minum, mereka bisa mengalami lemas dan tak berdaya.

Seperti berkeringat misalnya, keringat merupakan bagaimana sistem tubuh mengeluarkan cairan melalui pori pori kulit manusia.

Oleh sebab itu, jika manusia tidak mendapatkan asupan air putih yang cukup, mereka akan cepat merasa lemas dan terlihat pucat.

 

3. Resiko Penyakit Ginjal

Jika kalian bekerja dalam kondisi duduk yang terlalu lama, ayo penuhi kebutuhan air putih dari sekarang.

Sebagaimana kita ketahui saat ini, sudah banyak sekali para karyawan atau pekerja yang menghabiskan waktunya, dengan duduk didepan laptop atau komputer.

Jika kalian adalah salah satunya, awas, ginjal kalian memiliki resiko yang besar untuk terkena penyakit.

Dari studi yang pernah dilakukan, orang yang terlalu sering duduk dan kurang bergerak serta minum air putih, akan lebih rawan terkena penyakit, daripada seorang kuli bangunan.

Hal ini bisa terjadi, karena ketika kita duduk, ginjal kita tidak bekerja dengan baik. Tak ada cairan yang di filter untuk memisah antara racun dan cairan tubuh.

Oleh sebab itu, kalian yang bekerja dalam kondisi duduk terlalu lama, disarankan untuk banyak minum air putih dan bergerak.

Hal ini bertujuan agar ginjal mampu bekerja dengan baik, dan mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh melalui urine.

 

4. Rawan Terkena Penyakit

Sudah sangat jelas, air putih bisa menjadi salah satu Detox paling alami sampai saat ini.

Seseorang yang kurang minum air putih, tentunya akan lebih rawan terkena penyakit.

Hal ini bisa terjadi, sebab  masuknya cairan serta makanan yang masuk kedalam tubuh, tidak di keluarkan secara maksimal dari dalam tubuh.

Seperti kopi, rokok, teh, junk food, atau bahkan yang lainnya.

Beberapa makanan dan minuman tersebut, pasti akan menyisakan racun didalam tubuh. Untuk itu, peranan air putih disini adalah membersihkan organ tubuh dan pencernaan kalian.

Jika dibiarkan terus mengendap didalam tubuh, tentunya hal ini akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang merugikan.

 

5. Penyebab Sakit Kepala

Sering sakit kepala tanpa sebab? Mungkin anda kurang minum air putih.

Yap. Air putih sendiri bertugas penting pada fungsi otak.

Jika manusia kekurangan air putih, tentunya hal ini bisa menjadi penyebab munculnya sakit kepala.

Hal ini bisa terjadi sebab, aliran oksigen yang ada didalam tubuh tidak mengalir dengan baik kedalam otak, sehingga menimbulkan rasa sakit di kepala.

Dengan minum air putih secara cukup, kalian bisa mendapatkan asupan oksigen yang baik, untuk akhirnya mengalir ke seluruh orang tubuh kalian.

 

6. Membuat Kulit Cepat Kering

Masalah kulit kering, tentunya jadi hal menyeramkan untuk sebagian wanita.

Kurangnya asupan cairan kedalam tubuh, bisa membuat anda memiliki kulit yang kering, dan rawan terkena iritasi kulit.

Mengapa bisa terjadi demikian? – Sebab tubuh tidak mendapatkan kebutuhan cairan yang cukup. Sehingga jaringan kulit tidak mendapatkan kelembapan yang maksimal.

Alhasil, selain kulit kering yang didapat, anda juga akan mudah untuk terkena iritasi ringan, atau bahkan gatal gatal.

 

Kesimpulan

Memenuhi kebutuhan Air Putih bisa menjadi salah satu cara untuk memulai hidup sehat. Jangan lupa untuk minum air putih 8 gelas sehari atau bahkan lebih.

Mengkonsumsi air putih hangat selepas bangun tidur atau sebelum tidur, mampu membantu organ tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh selepas bangun tidur.


Like it? Share with your friends!