4 Tips Hindari Penyakit Jantung Saat Usia Menopause


4 Tips Hindari Penyakit Jantung Saat Usia Menopause

Menopause adalah salah satu fase, dimana seorang wanita sudah mengakhiri masa suburnya.

Mereka tidak lagi khawatir tentang menstruasi, alat kontrasepsi, atau bahkan hal-hal lain yang berkaitan dengan masa subur wanita.

Namun, hal buruk yang menanti para wanita ketika memasuki masa menopause adalah : resiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Sama seperti hal nya para pria, resiko pria terkena penyakit jantung, akan meningkat seiring bertambahnya usia mereka.

Tapi, resiko meningkat terkena serangan jantung bagi wanita, adalah ketika mereka mulai memasuki masa menopause.

Menopause bukan menjadi penyebab utama penyakit jantung. Melainkan, ada beberapa hal yang dapat memicu resiko penyakit jantung pada wanita.

Menopause sendiri terjadi karena penurunan estrogen yang terjadi pada wanita, menjadi salah satu penyebab mereka terkena penyakit jantung, pasca menopause.

Pada saat yang sama, tekanan darah juga akan ikut meningkat. Peningkatan ini biasanya berkaitan dengan usia seseorang.

Namun, ketika seorang wanita mengalami peningkatan tekanan darah dan kolesterol, resiko wanita terkena penyakit jantung akan lebih besar.

Untuk itu, mari kita simak terlebih dahulu 4 cara menghindari penyakit jantung saat usia menopause.

1. Makan Makanan yang Sehat

Yap, siapapun bisa mendapatkan manfaat dari makanan sehat.

Hal ini sangat berguna untuk wanita yang memasuki masa menopause, karena mereka memiliki resiko lebih tinggi terkena serangan jantung.

Makan makanan sehat seperti buah-buahan, sayur – sayuran, kacang – kacangan, susu rendah lemak, serta daging ikan dan ayam, bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung.

Hal ini di sampaikan oleh American Heart Association yang menyarankan wanita di usia menopause untuk mengkonsumsi makanan sehat, serta di imbangi dengan menghindari makanan dengan kandungan Natrium berlebih, lemak jenuh, dan juga minuman yang mengandung banyak gula.

2. Tetap Aktif

Ketika wanita memasuki masa Menopause, mereka sangat dianjurkan untuk tetap aktif melakukan olahraga ringan seperti Aerobik.

Latihan Aerobik yang dilakukan selama 45 – 50 menit secara rutin setiap hari, bisa membantu untuk menurunkan kolesterol, dan menekan tekanan darah agar lebih stabil.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit jantung, adalah mengontrol tekanan darah.

Melakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala mengenai tekanan darah dan kolesterol, bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari penyakit jantung.

Melakukan konsultasi dengan tepat, akan memberikan hasil dari diagnosa tekanan darah dan juga kolesterol pada wanita.

Selain itu, dengan melakukan kontrol, wanita di usia menopause bisa mengetahui pencegahan dari faktor dan resiko yang perlu ditangani.

Seperti : jika kolesterol tinggi, bisa di atasi dengan cara diet, tergantung pada tingkat keparahan yang dialami.

4. Mengurangi Stress dan Tekanan Fikiran

Wanita di usia menopause juga harus memperhatikan tingkat stress mereka.

Gaya hidup yang penuh tekanan, dapat memperkeruh suasana hati, dan memancing penyakit lain timbul. Seperti darah tinggi, atau bahkan mempengaruhi kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Lakukan aktivitas yang menyenangkan. Carilah cara untuk menghilangkan Stress yang dirasakan.

Sebagai pencegahan, kalian bisa melakukan yoga, membaca buku, refreshing, atau lakukan apapun yang mungkin bisa membuat kesehatan jantung kalian kembali normal.

Lupakan semua masalah, jangan berikan tekanan yang berlebih kepada fikiran anda. Buat semuanya menjadi santai dan mengalir, agar kalian kembali merasakan ketenangan didalam fikiran anda.

 

Kesimpulan

Menopause bukanlah satu satu nya faktor penyebab munculnya penyakit jantung pada wanita. Hanya saja, resiko terkena penyakit jantung akibat meningkatnya tekanan darah pada wanita, dan juga peningkatan kolesterol pada laki laki atau perempuan, bisa menjadi faktor timbulnya penyakit jantung.

Mengkonsumsi makanan sehat dan berserat, serta kacang-kacangan, bisa menjadi satu cara penting untuk mencegah penyakit jantung sejak dini.


Like it? Share with your friends!