13 Tips Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes


13 Tips Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh faktor meningkatnya kandungan gula darah didalam tubuh.

Penyakit diabetes sendiri hampir dialami hingga 70% manusia di bumi ini. Penyakit diabetes sendiri tidak selalu di pengaruhi oleh faktur usia, gen atau bahkan kebiasaan buruk si penderita.

Ada banyak sekali tindakan dan juga pencegahan yang di lakukan untuk mencegah atau mengurangi resiko penyakit diabetes.

Dan berikut ini adalah 13 cara untuk mencegah diabetes.

 

1. Kontrol Konsumsi Gula dan Karbohidrat

Mengkonsumsi makanan manis dan juga karbohidrat dari makanan cepat saji, bisa menjadi salah satu faktor pemicu diabetes.

Peningkatan gula darah yang dihasilkan, akan memicu pankreas untuk memproduksi insulin. Hormone insulin ini yang akan membantu kadar gula keluar dari aliran darah, dan akhirnya masuk kedalam sel tubuh manusia.

Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa sering mengkonsumsi gula atau karbohidrat olahan, bisa menjadi pemicu diabetes.

Untuk itu, kalian bisa mengganti makanan dengan kadar gula yang rendah dan juga mengurangi makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi, sebagai salah satu pencegahan penyakit diabetes.

 

2. Olahraga secara teratur

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur, dapat membantu pencegahan diabetes.

Terkadang, orang yang sering kali terkena diabetes, adalah orang-orang yang kurang melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin manusia.

Hal ini bisa terjadi, sebab ketika seseorang berolah raga, kebutuhan insulin pada tubuh akan menjadi lebih sedikit. Hal ini berguna untuk menekan dan menjaga kadar gula darah menjadi lebih stabil.

 

3. Menjadikan Air putih, sebagai kebutuhan

Sejauh ini, air putih masih menjadi minuman alami yang bisa di konsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan kalian.

Mengkonsumsi air putih secara rutin dan teratur, bisa menjadi salah satu faktor yang berperan penting sebagai pencegahan masuknya toxin atau racun didalam tubuh.

Selain mencegah masuknya toxin, air putih juga mampu membantu kalian dalam mengurangi minuman bersoda, tinggi gula, dan juga pengawet yang menyebabkan resiko diabetes.

Minum air putih juga mampu membantu kalian dalam mengontrol kadar gula darah serta insulin. Sehingga bisa menjadi salah satu pencegahan resiko diabetes.

 

4. Menurunkan berat badan, untuk penderita Obesitas

Meskipun tak semua manusia mengalami obesitas atau kondisi berat badan berlebih, ternyata penderita diabetes cenderung terjadi kepada orang orang yang mengalami obesitas.

Hal ini disebabkan oleh lemak dan berat badan yang ada di tengah tubuh seperti hati. Lemak yang biasanya ada disebut sebagai lemak visceral.

Kelebihan lemak visceral dapat menyebabkan peradangan ressistensi insulin, yang secara signifikan meningkatkan resiko diabetes.

Kelebihan berat badan yang terjadi di daerah perut, bisa menjadi salah satu faktor utama terkena diabetes. Mengurangi berat badan dengan cara olahraga atau diet, bisa menjadi salah satu pengurangan resiko diabetes.

 

5. Berhenti Merokok

Merokok sudah menjadi salah satu pemeran penting dalam munculnya diabetes. Selain itu, rokok juga di kenal menjadi salah satu pemicu penyakit lain yang lebih parah.

Dari penelitian yang dilakukan, perokok dan perokok pasif, memiliki kaitan erat dengan munculnya peyakit diabetes.

Dari analisis yang dilakukan di berbagai penelitian, ada peningkatan penyakit diabetes sebesar 44%. dan ternyata, ada sekitar 61% penderita diabetes, biasaya dialami oleh perokok yang menghabiskan lebih dari 20 batang dalam 1 hari.

Para peneliti bahkan mengatakan, meskipun banyak pria paruh baya mengalami peningkatan berat badan setelah berhenti merokok, dalam waktu 5 tahun resiko terkena diabetes mereka berkurang hingga 13%.

Dan setelah 20 tahun terbebas dari asap rokok, para perokok yang berhenti merokok ini memiliki presentase  untuk terkena diabetes yang sama, seperti orang yang tak pernah merokok.

Jadi, merokok memiliki kaitan yang kuat dengan resiko diabetes. terutama pada perokok berat. Berhenti merokok mampu menjadi salah satu cara untuk mengurangi resiko diabetes.

 

6. Lakukan Diet Karbohidrat

Diet karbohidarat atau diet rendah karbo bisa menjadi salah satu cara mengurangi resiko diabetes.

Meskipun ada sejumlah cara makan yang mampu mendorong penurunan berat badan, diet rendah karbohidrat ternyata lebih efektif.

Melakukan diet karbohidrat secara konsisten, mampu menurunkan kadar gula dara dan juga insulin. Selain itu, mengurangi kadar karbohidrat didalam tubuh juga meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resiko diabetes lainnya.

Mengikuti diet karbohidrat dapat membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap terkontrol. Hal ini bisa menjadi salah satu pencegahan untuk terkena resiko diabetes.

 

7. Mengatur Porsi Makan

Selain melakukan Diet Karbohidrat, kalian juga bisa untuk enghindari makanan dalam porsi besar untuk mengurangi resiko diabetes.

Makan terlalu banyak makanan dalam satu waktu, terbukti menyebabkan kadar gula darah dan insulin yang lebih tinggi.

Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi dan juga serat yang baik bagi tubuh. Hal ini membantu kalian untuk mengontrol gula darah, dan juga memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh.

Menghindari makanan dalam ukuran porsi besar daapt membantu mengurangi insulin, dan kadar gula darah didalam tubuh kalian secara maksimal. Hal ini bisa dilakukan secara 2 minggu dan juga rutin.

 

8. Hindari Perilaku Menetap

Terlalu banyak duduk ketika bekerja, atau sering nya naik lift, membuat tubuh kita semakin sedikit untuk bergerak.

Ternyata, hal sederhana seperti ini bisa menjadi faktor pemicu diabetes. Kurangnya aktivitas fisik sehari hari, memiliki kaitan yang erat dengan resiko diabetes.

Dari sebuah analisis besar, menemukan bahwa mereka yang menghabiskan waktu dengan duduk terlalu lama tanpa melakukan aktivitas fisik, memiliki 91% peningkatan terkena diabetes.

Untuk itu, kalian harus bisa mengubah kebiasaan menetap ini, agar tehindari dari resiko penyakit diabetes.

Jika ketika bekerja kalian biasa menaiki lift, cobalah untuk merubah nya dengan cara menaiki tangga. Jika kalian terus menerus duduk dalam waktu lama, coba lah untuk bergerak dalam waktu 15 menit sekali, atau bahkan 20 menit sekali.

Menghindari perilaku tiak aktif seperti duduk berlebihan, sudah terbukti dapat mengurangi resiko terkena diabetes.

 

9. Makan Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Mendapatkan asupan serat yang tinggi, sungguh sangat bermanfaat untuk kesehatan usus dan juga mengatur berat badan manusia.

Serat sendiri terbagi dalam 2 kategori, yakni serat tak larut, dan serat larut. Serat larut merupakan salah satu serat yang menyerap air, sedangkan serat tak larut, tidak menyerap air.

Meskipun demikian, serat tak larut mengambil alih penting dalam pencegahan diabetes. Karena serat tak larut dipercaya menjadi salah satu faktor untuk menunrukan kadar gula darah.

Untuk itu, pilihlah makanan yang mengandung serat yang baik bagi tubuh.

Mengkonsumsi sumber serat yang baik bagi tubuh, dapat mencegah lonjakan kadar gula darah dan insulin. Hal ini sangat membantu mengurangi resiko terkena diabetes.

 

10. Perbanyak Vitamin D

Vitamin D juga sangat penting untuk mengontrol gula Darah.

Peneliti menemukan bahwa orang yang tak mendapatkan cukup vitamin D, akan mengalamin tingkat darah yang rendah. Dan hal ini bisa menjadi salah satu resiko terkena penyakit selain diabetes.

Dari sebuah studi yang dilakukan, orang dengan kadar vitamin D tinggi didalam darahnya, memiliki kemungkinan kecil untuk terkena diabetes. Sedangkan, mereka yang memiliki kadar Vitamin D rendah didalam tubuhnya, rawan terkena diabetes.

Untuk itu kalian bisa mengkonsumsi suplemen Vitamin D, atau bahkan mengkonsumsi makanan dengan sumber Vitamin D yang baik.

Selain mengkonsumsi suplemen dan makanan yang kaya akan Vitamin D, berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi, juga bisa meningkatkan kadar Vitamin D dalam darah.

 

11. Kurangi Makanana Olahan

Mengkonsumsi makanan olahan atau makanan cepat saji, bisa mengganggu kesehatan dan menimbulkan diabetes.

Mereka yang terkait dengan masalah kesehatan, biasanya memiliki kebiasaan buruk terlalu sering mengkonsumsi makanan olahan atau makanan pabrik.

Ini mungkin terjadi, karena efek zat pengawet dari makanan olahan yang tanpa sadar masuk secara berlebih kedalam tubuh.

Meminimalkan makanan olahan dan focus pada makanan utuh dengan zat pengawet alami, dapat membantu menjaga kesehatan kalian, dan juga mengurangi resiko diabetes.

 

12. Minum Kopi atau Teh

Walaupun Air Putih sangat dianjurkan, namun dari sebuah penelitian yang dilakukan, bahwa mengkonsumsi Kopi atau The, dapat membantu menghindari diabetes.

Studi lain menunjukkan, bahwa minum kopi setiap hari, dapat mengurangi resiko terkena diabetes sebesar 8 – 54%.

Ulasan lainpun mengatakan, bahwa mengkonsumsi teh dan kopi berkafein, dapat mengurangi resiko terkena diabetes pada wanita dan pria.

Kopi dan teh sendiri, dikenal memiliki antioksidan alami yang dikenal sebagai polifenol. Zat ini dikenal sebagai zat yang dapat membantu melindungi tubuh dari diabetes.

Namun, teh dan kopi disini bukan lah sembarang teh dan kopi. The hijau dan kopi pahit atau kopi tanpa campuran bahan pengawet lah yang sampai saat ini masih dianjurkan.

 

13. Memilih Bahan Herbal Alami

Ada beberapa bahan herbal alami yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi kemungkinan terkena diabetes.

Kunyit

Kunyit adalah komponen rempah yang merupakan bahan utama dalam pembuatan makanan kari, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, dan telah digunakan di India selama berabad-abad sebagai pengobatan.

Peneliti juga mengatakan, bahwa kunyit bisa sangat efektif untuk melawan radang sendi dan dapat membantu mengurangi inflamasi pada orang yang terkena diabetes.

Kunyit juga di percaya dapat membantu menurunkan resistensi insulin, dan mengurangi resiko pengembangan diabetes.

Selain menjadi pemicu peningkatan sensitivitas insulit, kunyit juga di percaya dapat meningkatkan fungsi sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas manusia.

 

Berberin

Berberin merupakan ramuan herbal yang sudah digunakan di Tiongkok untuk pengobatan tradisional, selama ribuan tahun.

Studi menunjukkan, bahwa berberin dapat melawan peradangan dan menurunkan kolesterol, serta pencegah munculnya penyakit jantung.

Selain itu, beberapa peneliti sudah mengatakan bahwa berberin memiliki sifat penekanan gula darah yang sangat kuat.

Bahkan, sebuah analisis besar dari 14 studi menemukan, bahwa berberin memiliki efektifitas yang sama dalam menurunkan gula darah seperti metformin, salah satu obat diabetes tertua dan paling banyak di gunakan.

Namun, berberine memiliki pengaruh yang kuat pada gula darah. Oleh karena itu, berberine tidak dianjurkan untuk digunakan secara bersamaan dengan obat diabetes lainnya. Kecuali dengan resep dan saran dari Dokter ahli.

 

Kesimpulan

Ada banyak sekali cara yang bisa kalian gunakan untuk menghindari resiko terkena diabetes. Menjaga pola makan, mengatur karbohidrat, mengkonsumsi sedikit gula, mengkonsumsi Air putih serta olah raga yang teratur, bisa menjadi langkah awal untuk menghindari resiko diabetes lebih lanjut.


Like it? Share with your friends!