Obat Darah Tinggi – Obat Herbal untuk Hipertensi


obat herbal darah tinggi

Artikel kami kali ini akan membahas seputar obat darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau yang disebut juga dengan hipertensi adalah suatu kondisi terjadinya peningkatan tekanan darah dalam jangka waktu yang lama.

Tekanan darah yang tinggi itu terbaca pada angka sistole (bagian atas) dan diastole (angka bagian bawah) pada pemeriksaan tensi darah dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) ataupun alat digital lainnya lebih dari 140/90 mmHg. Obat darah tinggi pun banyak ditemukan.

Sementara, orang yang tekanan darahnya normal hanya berada pada kisaran 120/80 cmhg saja. Angka normal tersebut didapat dalam keadaan normal pula, yaitu saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebab secara umum, tekanan darah akan menurun saat tidur atau dalam keadaan istrahat dan akan meningkat saat beraktivitas padat seperti olahraga dan lainnya.

Dengan tingginya tekanan darah, maka dapat memicu terjadinya stroke, gagal jantung, aneurisma dan serangan jantung. Jangan pernah menganggap remeh penyakit ini karena sangat berbahaya dan harus segera diobati. Namun, obat darah tinggi apakah yang tepat?

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

1. Hipertensi primer

Jenis penyakit darah tinggi ini diidap oleh lebih dari 90% penderita, dengan penyebab yang belum diketahui secara pasti.

2. Hipertensi sekunder

Hipertensi sekunder adalah penyakit tekanan darah tinggi yang disebabkan karena adanya penyakit lain.

Namun secara umum, penyebab penyakit tekanan darah tinggi adalah penggunaan secara terus menerus obat-obatan tertentu seperti obat anti radang (anti-inflammasi), kortikosteroid (cortison), dan obat hormon.

Sebab lainnya adalah merokok karena tembakau sebagai bahan utama rokok mengandung nikotin yang cukup besar.

Selain itu, minuman beralkohol pun termasuk penyebab terjadinya tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, agar bisa terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi, berhentilah merokok dan mengonsumsi minuman keras.

Kenalilah Gejalanya

Tekanan darah tinggi dapat memicu terjadinya stroke, gagal jantung, aneurisma dan serangan jantung
Penyakit tekanan darah tinggi ini berbeda dengan penyakit lainnya, sebab secara umum tidak langsung dikenali lewat gejalanya.

Namun, bila Anda sering merasa sering kelelahan, sakit kepala, perdarahan pada hidung, sesak napas, pusing-pusing disertai mual dan muntah, pandangan mata kabur dan kurang jelas disertai wajah kemerahan. Maka berhati-hatilah sebab bisa jadi Anda terkena penyakit darah tinggi ini.

Bahkan, pada penderita hipertensi berat, mereka akan mengalami kondisi yang disebut ensefalopati hipertensif, yaitu mengalami penurunan kesadaran hingga dalam keadaan koma akibat terjadi pembengkakan pada otak.

Bila hal itu terjadi, harus sesegera mungkin mendapat pertolongan dan perawatan atau segera minum obat darah tinggi yang direkomendasikan dokter.

Cara Mencegah dan Obat Darah Tinggi Alami

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itulah, sebaiknya kita mencegah agar penyakit darah tinggi ini menyerang daripada sekadar mengandalkan konsumsi obat darah tinggi.

Secara umum, ada dua jenis obat darah tinggi, yaitu obat darah tinggi alami atau obat herbal dan obat darah tinggi kimia, yang didapat dari resep dokter. Berikut ini kiat-kiat mencegah agar terhindar dari penyakit darah tinggi sekaligus obat darah tinggi alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, yaitu:

Kurangi Konsumsi Garam

Kiat terpenting dan termudah untuk mencegah terkena hipertensi adalah dengan mengurangi pemakaian garam pada masakan Anda.

Sebab orang terkena tekanan darah tinggi dapat mengurangi tekanan darah mereka dengan cara mengurangi konsumsi garam hingga kurang dari 1.500 miligram (600 miligram sodium) sehari.

Jadi, mulai sekarang Anda harus mengurangi konsumsi garam secara berlebihan. Apalagi bila Anda memang sudah positif terkena penyakit ini, maka hindarilah garam di setiap makanan yang Anda makan.

Perbanyak Makanan yang Banyak Mengandung Kalsium, Kalium, dan Magnesium

Obat darah tinggi ternyata dapat dilakukan dengan memperbanyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung mineral-mineral tertentu seperti kalium, magnesium, dan kalsium. Sebab ketiganya dapat dijadikan obat darah tinggi alami.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli makanan dari Dietary Guidelines for Americans, orang yang terkena penyakit darah tinggi harus mencukupi kebutuhan jumlah kalium setidaknya 4.700 miligram per hari.

Kalsium ini terdapat pada makanan seperti pisang (422 miligram), jus jeruk (496 miligram per cangkir), kentang (738 miligram), dan yoghurt (531-579 miligram per 8 ons). Adapun makanan lain yang kalsium adalah susu, kacang-kacangan, brokoli, udang, tahu, gandum, salmon, dan keju.

Perbanyak Makanan yang Banyak Mengandung Serat

Obat darah tinggi berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti kol, bayam, kangkung, sawi, wortel, melon, tomat, dan jeruk. Sebab semua itu merupakan obat darah tinggi alami yang mudah didapatkan.

Stop Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol sangat membahayakan kesehatan sebab dapat mengakibatkan meningkatnya tekanan darah manusia.

Oleh karena itu, berhentilah miniman beralkohol dari sekarang.

Stop Merokok

Kiat mencegah agar tidak terkena hipertensi adalah dengan cara berhenti merokok. Merokok sangat berbahaya baik bagi siapa pun apalagi bagi mereka yang sudah terkena penyakit darah tinggi ini.

Sebab berdasarkan penelitian, kandungan nikotin dalam tembakau rokok dapat menyebabkan terjadinya lonjakan tekanan darah. Oleh karena itu, orang yang merokok adalah kelompok yang paling berisiko terkena hipertensi ini.

Menjaga Berat Badan

Ternyata, berat badan berhubungan langsung dengan tekanan darah, sebab dengan kelebihan berat badan membuat jantung harus bekerja ekstra keras sehingga akan memicu terjadinya hipertensi. Oleh karena itu, jagalah berat badan Anda jangan sampai melonjak tajam.

Olahraga Secara Teratur

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli penyakit jantung dari Mayo Clinic, Jacksonville, Florida yang bernama Gerald Fletcher, MD, beliau mengatakan bahwa dengan melakukan olahraga selama setengah jam dalam sehari, Anda bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Lakukanlah latihan aerobik guna mengurangi tekanan darah sistolik Anda, karena orang yang secara fisik selalu aktif pada umumnya terbukti bisa mengurangi konsumsi jumlah asupan obat hipertensi.

Sebagai tambahan, cobalah untuk menambah aktivitas sehari-hari yang Anda sukai, contohnya seperti berlari, bersepeda, berjalan kaki, atau berenang. Ternyata, olahraga itu penting untuk kesehatan Anda.

Hindari Kebiasaan Mengonsumsi Kopi Berlebihan

Kebiasaan minum kopi berlebihan dapat memicu terkena hipertensi sebab kopi mengandung kafein yang dapat memicu lonjakan tekanan darah. Bahkan, untuk orang normal yang tidak terkena hipertensi sekalipun. Oleh karena itu, batasilah konsumsi kopi Anda hanya menjadi dua cangkir kopi per hari.

Namun apabila ternyata Anda telah dinyatakan positif terkena penyakit darah tinggi ini, sebaiknya Anda harus segera minum/makan obat darah tinggi. Apa sajakah itu?

Obat Darah Tinggi

Secara umum, ada dua jenis obat darah tinggi, yaitu obat darah tinggi alami atau obat herbal dan obat darah tingi kimia yang didapat dari resep dokter. Berikut ini obat darah tinggi alami yang bisa Anda siapkan sendiri di rumah, yaitu:

Obat Darah Tinggi Alami 1 :

  • Siapkan daun seledri sebanyak sekitar satu genggaman tangan orang dewasa, lalu ditumbuk hingga halus.
  • Campurkan seledri yang telah ditumbuk halus tersebut dengan air matang, lalu saringlah dengan menggunakan kain bersih atau saringan halus.
  • Air seledri itu lalu didiamkan hingga kurang lebis selama 1 jam.
  • Minumlah dengan rutin di pagi dan sore hari.

Obat Darah Tinggi Alami 2 :

  • Sediakan 3 buah mengkudu.
  • Parutlah buah mengkudu tersebut lalu peras airnya hingga didapat sebanyak satu gelas.
  • Saring dengan lap bersih atau saringan.
  • Diamkan hingga mengendap.
  • Minum dengan rutin di pagi dan sore hari.

Kedua obat darah tinggi herbal di atas bila Anda jalankan dengan baik dengan ditambah melakukan kiat-kiat mencegah terjadinya penyakit darah tinggi.


Like it? Share with your friends!