Pro Kontra tentang Kopi, sebaiknya dikonsumsi atau hindari?


Pro Kontra tentang Kopi, sebaiknya dikonsumsi atau hindari?

Sampai saat ini, masih banyak perdebatan didalam dunia medis, mengenai kopi.

Mungkin anda sering kali mendengar, bahwa kopi sangat baik untuk tubuh dan mencegah kantuk, dan sebagian lain mengatakan tidak.

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi sendiri, memiliki sisi baik dan buruk. Sebagian mengatakan bahwa hal tersebut bisa menjadi antioksidan, sebagian lagi mengatakan tidak.

Namun, kandungan kafein sendiri, sebenarnya bisa diatasi oleh imunitas tubuh, serta istirahat yang cukup.

 

Apakah kopi Baik untuk Dikonsumsi?

Nah, di artikel kali ini, kita akan mengulas lebih dalam tentang kopi. Apakah baik di konsumsi, atau tidak.

Kopi mengandung banyak Nutrisi dan tinggi Antioksidan.

Walaupun banyak yang mengatakan bahwa kopi tidak baik jika dikonsumsi, namun siapa sangka, bahwa kopi sendiri mengandung banyak nutrisi, serta sumber antioksidan.

Adapun kandungan yang terdapat dalam 8 ons atau sekitar 240ml kopi, berupa :

  • Vitamin B2
  • Vitamin B5
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3
  • Folat
  • Mangan
  • Kalium
  • Magnesium
  • Fosfor

Meskipun terlihat tidak terlalu banyak, jika kalian mengkonsumsi kopi lebih dari satu cup gelas, coba dikalikan. Tentunya kalian akan mendapatkan tambahan asupan nutrisi harian kalian.

Bahkan, diet khas barat sendiri mendpatkan banyak kandungan antioksidan melalui kopi, daripada melalui kombinasi buah dan sayur.

Membantu meningkatkan Metabolisme dan Kecerdasan Otak

Lagi lagi kafein yang terkandung dalam kopi, menjadi peran utama dalam hal ini.

Walaupun banyak sekali minuman ringan yang mengandung kafein, namun kopi masih menjadi sumber terbesar.

Kafein memiliki peran sebagai stimulan otak. Kandungan kafein membantu memblokir fungsi neurotransmitter adenosin, yang merupakan hormon penghambat pada otak.

Dengan mengurangi adenosinm, kafein akan meningkatkan aktivitas otak, dan melepas nourotransmitter baik seperti norepinefrin dan dopamin, yang bisa mengurangi kelelahan dan tetap terjaga.

Kafein juga membantu dalam meningkatakan metabolisme tubuh sebesar 3-11%, serta meningkatkan kinerja otak rata rata sebesar 11-12%. (source 2)

Namun perlu diingat. Efek yang ditimbulkan sendiri, kemungkinan akan berjalan dalam jangka pendek. Jika mengkonsumsi kopi secara berlebih setiap hari, ini akan mengurangi efektifitas dari efek yang di timbulkan kopi.

Mencegah Otak dari Alzheimer dan Parkinson

Alzheimer merupakan penyakit, yang paling umum dan menjadi penyebab utama dari demensia.

Sama seperti alzheimer, parkinson juga masuk kedalam kategori penyakit neurodegeneratif, yang disebabkan oleh neouron penghasil dopamin didalam otak.

Namun, dari penelitian yang dilakukan para ahli, penikmat kopi memiliki resiko lebih rendah terkena alzheimer sebesar 65%, dan parkinson sebesar 32-60%.

 

Apakah Kopi Harus di Hindari?

Sudah sekian lama, para dokter ahli menyarankan orang orang untuk menghindari kopi.

Hal ini dilakukan sebab, dikatakan bahwa kopi bisa menjadi salah satu faktor meningkatnya resiko penyakit jantung, dan menghambat pertumbuhan seseorang.

Para ahli juga menghkawatirkan, jika orang-orang mengalami kecanduan energi yang diberikan kafein dalam jumlah besar, serta efek merusak pada saluran penceranaan yang berasal dari kopi, ternyata dapat menyebabkan penyakit mag, dan penyakit lain.

Penelitian ini sudah dilakukan selama beberapa dekade lalu. Dengan membandingkan penikmat kopi, dengan yang tidak meminum kopi, pada sejumlah tindak kesehatan, seperti masalah jantung dan kematian.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, ternyata ditemukan bahwa peminum atau penikmat kopi, memiliki kondisi yang lebih buruk.

 

Kesimpulan

Aman atau tidak nya kopi untuk di konsumsi, sebenarnya tergantung dari dosis dan juga takaran per-harinya. Jika kopi di konsumsi dengan dosis yang pas dalam satu hari, dan tidak selalu setiap hari, tentunya akan ada manfaat yang didapat.

Namun sebaliknya, jika kopi terlalu sering di konsumsi secara berlebih dalam waktu yang lama, tentunya efek buruk yang ditimbulkan kopi, akan berpengaruh bagi kesehatan kalian.

 

Source :

https://www.healthline.com/nutrition/coffee-good-or-bad – Coffee – Good or Bad?

https://time.com/4768860/is-coffee-good-for-you/ – Is Coffe Good for You? Is Coffe Bad for you?


Like it? Share with your friends!