Madu Untuk Kesehatan – Jenis, Manfaat, dan Khasiatnya


maduSudah menjadi rahasia umum bahwa madu merupakan salah satu kearifan alam yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Ini merupakan bukti bahwa Tuhan menciptakan segala mahluk di muka bumi semuanya bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Bayangkan saja, madu yang dihasilkan oleh lebah ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan manusia.

Sejarah Madu

Manusia sudah mengonsumsi madu sejak 10.000 tahun yang lalu.  Manusia purba berburu sarang lebah madu di hutan-hutan. Sarang lebah yang diperkirakan ada madunya diambil dengan cara diasapi dengan obor yang terbuat dari dedaunan hijau. Agar lebah-lebah itu terbang menyingkir dari sarang. Setelah sarang bersih dari lebah langsung diambil dan hanya menyisakan ratu lebah.

Peradaban masyarakat Mesir kuno memakai madu untuk bahan pemanis makanan dan minuman juga dipakai untuk  pengobatan.

Zaman dahulu belum ada yang mencoba membudidayakan lebah madu, semua masih diambil dari alam.  Namun diperkirakan 2000 SM masyarakat Mesir kuno sudah mulai membudidayakan lebah madu secara sederhana. Karena pada masa itu madu menjadi barang yang bernilai tinggi.

Madu Menyimpan Banyak Manfaat

Madu adalah makanan yang di dalamnya mengandung banyak gizi, antara lain protein, asam amino, vitamin, karbohidrat, mineral, dan zat lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Menurut penelitian, madu merupakan sumber gizi yang tinggi di antara produk ternak lain, seperti susu, telur, mentega, keju, dan daging.

Madu dihasilkan oleh lebah yang telah menghisap sari-sari makanan dari berbagai macam bunga atau tumbuhan. Para ilmuwan saat ini telah mengakui bahwa madu sangat bermanfaat sebagai obat yang sangat efektif untuk segala jenis penyakit. Madu sebagai obat tidak menyebabkan efek samping. Selain itu, walaupun rasanya manis, madu tetap aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Khasiat madu telah dikenal sejak zaman Mesir Kuno. Saat itu, Ratu Cleopatra menggunakan madu untuk perawatan kecantikan dan kesehatan. Sementara itu, orang Jepang mengkonsumsi madu setiap malam agar ketika bangun tidur badan terasa segar dan bugar.

Kandungan Madu

Madu yang dihasilkan lebah ini mengandung senyawa asetilkolin yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Hal ini menyebabkan gula yang terkandung dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat jika dibandingkan dengan gula biasa.

Selain itu, madu kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam madu memiliki daya aktif yang tinggi sehingga dapat meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi.

Di samping kandungan yang telah disebutkan tadi, madu mengandung zat lain yang berguna bagi kesehatan tubuh. Misalnya, vitamin A, B1, B2, kalsium, kalium, magnesium, besi, dan zat-zat lainnya. Madu pun mengandung antibiotik dan berbagai asam organik, seperti asam malatsitratlaktat, dan oksalat. Oleh karena itu, madu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Khasiat dan Manfaat Madu

Madu dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Tidak ada batasan umur untuk mengkonsumsi madu. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat madu.

Madu Untuk Kesehatan

Memperkuat janin yang lemah dalam rahim (kandungan)

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi madu secara berkala. Dalam madu terdapat kandungan zat yang bermanfaat bagi organ reproduksi wanita. Mengonsumsi madu secara berkala diyakini memperkuat kandungan, apalagi bagi wanita yang memiliki pengalaman pertama mengandung. Madu memiliki manfaat membantu menjaga kesehatan dan stamina ibu hamil karena memberikan  asupan gizi yang baik bagi perkembangan janin selama dalam kandungan.

Bermanfaat untuk kesehatan otak

Madu juga diyakini bermanfaat untuk pertumbuhan otak manusia. Menurut para ahli madu mampu memperlambat kepikunan dan bisa menangkal penyakit Alzheimer dan Parkinson.  Oleh karena itu sedari muda dibiasakan minum satu sendok madu setelah sarapan pagi, dipercayai dapat meningkatkan konsentrasi saat bekerja dan sekolah.

Mengobati luka bakar karena madu mengandung anti peradangan

Selain dikonsumsi madu juga dipakai untuk pengobatan manusia. Salah satunya adalah untuk mengobati luka bakar terkena api, knalpot maupun terciprat minyak goreng. Madu memiliki zat asam animo yang bisa menyembuhkan jaringan kulit yang terbakar dan mencegah inveksi.  Caranya dioles secara merata pada permukaan kulit yang terbakar. Pengobatan luka dengan menggunakan madu sudah diterapkan oleh masyarakat China sejak dahulu kala.

Meningkatkan nafsu makan dan memulihkan stamina dari kelelahan dan stres

Orang yang baru sembuh dari sakit dianjurkan minum madu secara teratur.  Madu memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat memulihkan metabolism tubuh karena sakit, kelelahan dan stress.   Oleh karena itu setelah Anda melakukan aktivitas padat dan melelahkan sebaiknya minum satu senduk makan madu sebelum tidur, guna memulihkan tenaga yang terbuang.

Madu merupakan makanan terbaik dan ramah terhadap organ pencernaan

Pengidap sakit maag bisa diobati dengan madu murni. Cairan madu dapat menutupi luka pada lambung sehingga meredakan rasa perih pada penderita maag akut.

Menyehatkan gigi dan mulut

Dapat memutihkan serta menyehatkan gigi dan gusi. Selain itu, dapat mengobati sariawan dan gangguan penyakit mulut lain. Jika Anda terkena sariawan, tak usah kwatir olesi saja dengan madu tempat yang terkena sariawan setiap hari, di jamin pasti lekas sembuh.

Menurunkan kadar gula

Selama ini ada anggapan bahwa madu  yang manis mengandung gula tinggi, sehingga tak cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.  Padahal kenyataannya sebaliknya, justru madu sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan bermanfaat bagi menjaga stamina tubuh agar tak mudah lemas.  Dapat menurunkan kadar gula pada penderita diabetes karena mengandung zat antioksidan yang bisa mengusir radikal bebas.

Menyembuhkan gangguan organ dalam

Madu bisa dijadikan sebagai terapi penyembuhan bagi pasien yang mengalami gangguan pencernaan dan sakit pada organ dalam seperti : radang usus, maag, dan infeksi lambung. Membersihkan liver, memperlancar buang air kecil, memperlancar ASI, memperlancar haid, dan dapat mengobati batuk berdahak. Menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kemih. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mencegah penyakit jantung dan impotensi. Menurunkan berat badan dan mencegah berkembangnya sel kanker.

Madu untuk Kecantikan

Madu juga dipakai sebagai bahan alami untuk mempercantik penampilan, terutama kulit.  Madu murni dipakai untuk campuran spa atau luluran.   Berikut ini  merupakan  fungsi-fungsi madu untuk kecantikan.

  • Menyejukan kulit dan mengencangan kulit wajah.
  • Membuat kulit terlihat lebih berkilau dan melepaskan sel-sel kulit mati.
  • Dapat digunakan sebagai conditioner alami  agar  kulit kepala tetap sehat, bersih dari ketombe dan membuat rambut lebih berkilau.
  • Mencegah penuaan dini pada wajah dan menghilangkan jerawat.

Jenis-jenis madu

Madu yang ada dipasaran secara umum dibedakan menjadi dua jenis yakni madu ternak dan madu hutan atau madu lebah liar. Sedangkan madu ternak dibedakan menjadi habitat lebah dalam mencari nektar.  Berikut ini merupakan penjelasan tentang jenis-jenis madu :

1. Madu Lebah Liar

Yang dimaksud madu lebah liar adalah madu yang diambil dari sarang lebah liar yang ada di hutan belantara. Seperti di masyarakat Kalimantan yang tinggal di tepi hutan. Salah satu mata pencahariannya adalah berburu sarang lebah yang ada madunya.

Pemburu sarang lebah liar mengerti benar mana sarang lebah yang memiliki banyak madunya.

Biasanya lebah madu di hutan bersarang di tebing gua, dahan pohon besar. Secara berkala pemburu sarang lebah mengambil sarang lebah dengan cara diasapi terlebih dahulu agar lebah-lebah yang hinggap di sarang menyingkir.

2. Madu Lebah Ternak

Jenis kedua adalah madu yang diambil dari hasil budidaya ternak madu. Jadi peternak madu membuat media sarang buatan yang terbuat dari kotak kayu yang di dalamnya terdapat sekat-sekat kayu lagi tempat membuat sarang.

Dalam setiap kotak ditaruh satu ratu lebah yang menjadi daya tarik lebah pekerja untuk berkembang biak di kotak tersebut.

Setiap koloni memiliki satu ratu lebah. Fungsi ratu lebah adalah untuk bertelur saja. Sedangkan lebah pekerja, tugasnya mencari nectar di alam bebas.

Ternak lebah yang ideal adalah dekat perkebunan seperti komplek kebun rambutan, durian maupun kelengkeng, atau pertanian bunga. Karena di sana merupakan sumber makanan lebah. Setiap empat bulan sekali sarang lebah bisa dipanen madunya.

Demikianlah sekilas tentang keajaiban madu yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.


Like it? Share with your friends!