Buah Buahan yang kaya akan Vitamin C Selain Jeruk


Buah Buahan yang kaya akan Vitamin C Selain Jeruk

Vitamin C, merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh, sebab Vitamin ini termasuk Vitamin Larut, yang membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang baik.

Vitamin C sangat dibutuhkan tubuh untuk perkembangan dan juga pertumbuhan tubuh manusia.

Meskipun vitamin yang larut didalam tubuh nantinya akan di keluarkan melalui urin, kebutuhan tubuh akan Vitamin terutama Vitamin C ini sangat diperlukan. Sehingga kita perlu untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sebagaimana kita ketahui, Vitamin C bisa di dapatkan dari berbagai macam buah dan sayuran. Hal ini bisa berguna untuk antioksidan, serta perbaikan semua jaringan di tubuh kalian.

Fungsi Vitamin C untuk Tubuh

Vitamin C adalah salah satu dari banyak zat Antioksidan untuk tubuh. Antioksidan sendiri merupakan Nutrisi yang mencegah kerusakan, yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, Vitamin C juga memiliki fungsi lain untuk kesehatan tubuh kita, seperti

  • Menciptakan protein penting yang digunakan untuk menjaga kulit, ligamen, dan pembuluh darah
  • Menyembuhkan luka dan kerusakan pada jaringan tubuh
  • Memperbaiki dan memelihara tulang, dan gigi
  • Membantu penyerapan zat besi didalam tubuh.

Buah Buahan yang kaya akan Vitamin C Selain Jeruk

Tubuh manusia tidak dapat membuat Vitamin C sendiri. Untuk itu, kita bisa mendapatkan banyak Asupan Vitamin C dari berbagai macam buah-buahan yang kaya akan Vitamin C selain jeruk, seperti

Blewah

Blewah merupakan salah satu buah buahan yang kaya akan vitamin C.

Buah ini sendiri biasa di sajikan dalam bentuk hidangan yang menyegarkan, seperti es buah, campuran untuk syrup, atau bahkan es blewah itu sendiri, serta menjadi buah yang cocok untuk memenuhi asupan Vitamin C, bagi tubuh.

Selain rasanya yang manis, blewah juga mudah di jumpai di beberapa pasar Tradisinoal, atau bahkan super market terdekat.

Belimbing

Belimbing juga masuk kedalam kategori buah buahan yang kaya akan vitamin C. Buah ini juga bisa di konsumsi secara langsung setelah di cuci, atau bahkan setelah di petik di pohon.

Rasa sedikit masam dan manis yang di hasilkan belimbing, memberikan kesan segar dan juga sebagai pelepas dahaga. Sebab, buah belimbing memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Selain di konsumsi secara langsung, buah belimbing bisa di jadikan jus, campuran es buah, atau yang lainnya.

Kiwi

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang daging nya memiliki warna hijau, dan kaya akan vitamin C.

Buah ini cenderung memiliki rasa yang hambar, namun kaya akan manfaat didalamnya.

Kiwi biasa di gunakan sebagai campuran dalam es buah, sop buah, atau bahkan di konsumsi secara langung.

Selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, buah kiwi juga di percaya memiliki khasiat untuk mempercantik dan menghaluskan kulit wajah.

Mangga

Siapa yang tak mengenal buah mangga? Buah yang satu ini kerap di temui di beberapa pasar swalayan dan juga pasar tradisional. Buah ini juga memiliki rasa yang manis, dan Air yang cukup banyak.

Kandungan serat didalam buah ini terbilang kompleks, dan berguna untuk memenuhi kebutuhan serat didalam tubuh.

Buah mangga bisa di sajikan dalam berbagai olahan. Namun, kebanyakan orang menjadikan buah mangga sebagai jus, atau dikonsumsi secara langsung.

Pepaya

Buah pepaya juga memiliki khasiat yang cukup baik bagi pencernaan. Tak hanya kaya akan Vitamin C, buah pepaya juga memiliki kandungan air yang baik bagi tubuh.

Pepaya lebih sering di konsumsi secara langsung, dengan cara mengupas bagian kulit luar nya, dan kemudian memisahkan biji biji nya. Namun, ada sebagian juga yang menjadikannya sebagai jus.

Bahkan, tak sedikit dari wanita yang menjadikan pepaya sebagai MPASI untuk anak anak mereka.

Buah ini juga mudah sekali untuk di dapatkan, karena kalian bisa menjumpai nya di berbagai pasar tradisional.

Nanas

Buah yang kaya akan Vitamin C selanjutnya adalah Buah Nanas. Buah yang satu ini memiliki kulit yang berduri dan juga rasa yang cukup asam manis, dan biasa digunakan sebagai campuran dari makanan atau bahkan minuman.

Namun, tidak semua orang menyukai nanas, karena getah yang ada pada nanas, apabila tidak di bersihkan secara benar akan menimbulkan rasa gatal pada sekitar mulut.

Meskipun begitu, tak sedikit orang yang menyukai buah nanas. Baik untuk di konsumsi secara langsung dan rutin, atau sebagai makanan penutup.

Semangka

Buah yang satu ini memiliki ciri daging buah berwarna merah, dengan biji berwarna coklat kehitaman, yang kaya akan kandungan Air, VItamin C, dan juga sering di konsumsi secara langsung, tanpa perlu diolah kembali sebagai campuran makanan, atau minuman.

Semangka yang memiliki rasa manis dan juga kaya akan air, tentunya bisa menjadi pelepas dahaga, dan memberi rasa segar, terlebih jika disajikan dalam keadaaan dingin.

Stroberry

Stroberry bisa kita temukan di dataran tinggi dengan udara yang sejuk.

Buah yang satu ini masih dalam keluarga berry, yang memiliki rasa sedikit masam dan manis.

Siapa sangka, bahwa strawberry, raspberry, blueberry, dan cranberry, ternyata menjadi salah satu buah buahan yang kaya akan Vitamin C selain jeruk.

Untuk bisa mendapatkan buah buahan dari keluarga berry ini, kalian bisa menemukannya di beberapa pasar modern, yang menyupply buah nya langsung dari perkebunan berry di dataran tinggi.

 

Kesimpulan

Mengkonsumsi Vitamin C memang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, pastikan kalian tidak melebihi batas atau dosis dari Vitamin C untuk tubuh kalian. Karena, kalian tidak disarankan menyimpan Vitamin C dengan jumlah yang lebih besar dari 2.000 mg/ hari.

Jika hal ini terjadi, efek samping dari terlalu banyak Vitamin C adalah diare. Dan untuk ibu hamil, mengkonsumsi Suplemen Vitamin C dengan Dosis yang besar, juga tidak dianjurkan. Karena hal ini akan menyebabkan kekurangan Vitamin C pada bayi setelah melahirkan.


Like it? Share with your friends!