Bawang Putih dan Berbagai Khasiatnya


Bawang Putih dan Berbagai Khasiatnya

Bawang putih sering kali dijumpai di berbagai macam jenis campuran bahan makanan. Selain menjadi sebuah penyedap rasa alami, bawang putih juga ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, serta kesehatan.

Selain itu, bawang putih juga terkenal memiliki banyak manfaat didalam dunia kesehatan.

Kandungan yang terdapat didalm bawang putih di percaya bisa menjadi salah satu faktor untuk mengobati luka dan peradangan.

Dan berikut ada beberapa manfaat dari bawang putih, untuk menjaga kesehatan tubuh kalian.

 

1. Sebagai asupan Nutrisi yang tinggi, dan rendah kalori

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam bawang putih, berperan penting didalam tubuh.

Nutrisi yang terdapat didalam 3 gram  bawang putih sendiri berupa magnesium, Vitamin B6, Vitamin C, selenium, fiber, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, serta Vitamin B1.

Bukan hanya kandungan nutrisi yang kaya akan manfaat, bawang putih juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Tentunya hal ini bisa membantu kalian dalam memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

 

2. Dikenal Mampu sebagai Penyembuhan penyakit, seperti Pilek

Kandungan ekstrak yang ada didalam bawang putih, di percaya mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh manusia.

Bahkan dari sebuah penelitian yang dilakukan para ahli, ekstrak bawang putih bisa menyembukan penyakit ringan, seperti pilek, serta masuk angin.

Untuk itu, mengkonsumsi bawang putih sesuai dosis yang dianjurkan, bisa mencegah kalian terkena penyakit lain, yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

 

3. Mampu Mengurangi Tingkat Tekanan Darah

Kandungan senyawa aktif yang ada didalam bawang putih, dikatakan mampu mengurangi tingkat tekanan darah pada manusia.

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi, merupakan salah satu penyebab utama munculnya penyakit lain yang lebih parah, seperti serangan jantung, dan juga stoke.

Dari hasil studi yang dilakukan, kandungan ekstrak bawang putih sekitar 600 – 1500mg memiliki efektifitas yang sama dengan obat Atenolol yang berguna untuk mengunrangi tekanan darah, dalam waktu 24 minggu.

Namun, untuk mendapatkan dosis yang cocok, kalian bisa melaukukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli.

 

4. Mengurangi Resiko terkena Kolesterol

Bawang putih dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh.

Sebagaimana kita ketahui, para penderita yang memiliki kolesterol tinggi, akan lebih rawan terkena penyakit kolesterol, yang menjadi pemicu munculnya penyakit kronis lain.

Untuk itu, mengkonsumsi suplemen yang mengandung bawang putih, mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, dan memproduksi kolesterol baik didalam tubuh.

 

5. Memiliki kandungan Antikanker

Kandungan allyl sulfida, merupakan senyawa anti-inflamasi, yang berguna untuk mencegah kanker.

kandungan ini bisa ditemukan didalam bawang putih. Kandungan ini juga sering kali disebut sebagai kandungan antikanker.

Sebab senyama anti-inflamasi ini, berguna untuk memperlambat laju pertumbuhann sel kanker didalam tubuh, serta membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

 

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Dari penelitian yang dilakukan para ahli, bawang putih sangat berguna untuk melindungi jantung dari berbagai macam penyakit.

Selain baik untuk kesehatan jantung, bawang putih juga berguna untuk membuang racun yang ada didalam tubuh.

Dengan manfaat yang dimiliki bawang putih dalam menjaga kesehatan jantung, tentunya hal ini sangat memberikan manfaat baik bagi seluruh bagian tubuh lainnya.

 

7. Kaya akan Antioksidan, dan mencegah Alzheimer

Kerusakan oksidatif yang muncul akibat radikal bebas, akan mempengaruhi banyak hal. Seperti penuaan dini, serta kemungkinan terkena penyakit alzheimer.

Kandungan dosis tinggi yang ada pada suplemen bawang putih, di percaya dapat meningkatkan enzim antioksidan secara signifikan, untuk mengurangi kadar stres pada penderita tekanan darah tinggi.

Efek mencegah kolesterol dari bawang putih dan tekanan darah dan sifat antioksidan pada bawang, dipercaya dapat mengurangi penyakit otak seperti alzheimer, dan demensia.

Sebab cara kerja dari antioksidan yang terkandung pada bawang putih, di percaya dapat melindungi sel-sel tubuh, untuk terhindar dari berbagai penyakit kronis lain.

 

8. Sebagai Detox Alami bagi Tubuh

Kandungan sulfur yang ada didalam bawang putih, bisa menjadi salah satu faktor untuk melindungan kerusakan organ, serta detox alami untuk mengeluarkan racun didalam tubuh.

Para ahli juga mengatakan, bahwa senyawa sulfur pada bawang putih, bisa mengurangi kadar racun seperti timbal yang berlebih didalam darah, sebesar 19%.

Hasil studi ini dilakukan selama 4 minggu, dengan melibatkan 4 karyawan pabrik aki yang terkena paparan timbal berlebih.

Tentunya kandungan timbal yang berlebih didalam darah, bisa menjadi salah satu penyebab munculnya sakit kepala dan tekanan darah tinggi.

Bahkan, 3 siung bawang putih sendiri dipercaya memiliki khasiat yang lebih baik, dari D-penicillamine dalam mengurangi tingkat timbal pada darah.

 

Kesimpulan

Manfaat yang ada didalam bawang putih sangat beragam, dan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Untuk itu, mengkonsumsi bawang putih yang sudah diolah menjadi berbagai bentuk makanan, bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Source :

11 Proven Health Benefits of Garlic : https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-health-benefits-of-garlic

How to reap the benefits of garlic without crying about it : https://www.wellandgood.com/good-food/benefits-of-raw-garlic/


Like it? Share with your friends!