Apakah Kopi Bisa mengurangi Stres?


Apakah Kopi Bisa mengurangi Stres?

Mungkin sebagaian orang menganggap bahwa kebutuhan kopi memiliki manfaat ketika pagi hari, untuk memberi semangat, dan juga agar lebih segar.

Namun, dari segi kesehatan, ternyata kopi mengandung kafein. Kafein yang terkandung didalam kopi, ternyata berperan penting dalam kesehatan.

Walaupun banyak perdebatan mengenai kopi, namun masih banyak para peminat yang tidak mempermasalahkan kandungan kafein yang terkandung didalamnya.

Lantas, apakah kopi baik atau buruk untuk dikonsumsi?

Hal tersebut sebenarnya sudah terjawab oleh para ahli, mengenai kandungan yang ada di dalam kopi. Yakni kafein.

Tentunya jika kita bicara tentang hubungan kopi dan stres, banyak para penikmat kopi mengatakan bahwa kopi bisa menurunkan kadar stres, dan membuat tubuh menjadi lebih tenang.

Namun, jika dari segi kesehatan, apakah hal tersebut benar? Mari kita simak.

 

Kandungan yang ada didalam Kopi, selain Kafein

Kafein yang terkandung didalam kopi, tentunya masih menjadi perdebatan serta menimbulkan tanya bagi sebagian orang. Lantas, apakah ada kandungan nutrisi lain didalam kopi yang baik bagi tubuh?

Vitamin A

Ternyata, vitamin A pada kopi, bisa didapatkan dari takaran 100 mg kopi.

Vitamin A yang terkandunga didalam kopi, tentunya memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Selain membuat mata lebih sehat, vitamin A pada tubuh juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, serta lebih ber-energi.

 

Kafein pada Kopi, apa manfaat nya bagi tubuh?

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi, ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Seperti

Pengaruh Pada Hormon

Efek kafein yang ada dalam kopi, akan mempengaruhi sistem tubuh anda dalam beberapa menit, setelah masuk kedalam tubuh.

Kafein akan bertahan didalam tubuh, selama beberapa jam, sekitar setengah jam, hingga enam jam didalam tubuh.

Adapun kafein yang berpengaruh pada hormon tubuh manusia, meliputi :

  • Hormon Adenosine – yang berfungsi untuk memberikan efek rasa tenang pada tubuh, dan lebih terjaga. Namun, apabila terlalu banyak, akan berpengaruh pada masalah tidur.
  • Hormon Adrenalin – Meningkatnya hormon Adrenalin pada tubuh, akan menimbulkan rasa gelisah. Efek kafein pada kopi, mampu memberikan efek tenang, dengan menekan hormon adrenaline agar lebih rendah.
  • Hormon Kortisol – Tingkat hormon Kortisol yang tinggi, ternyata dapat meredakan rasa stres pada manusia. Selain itu, hormon ini juga memberikan pengaruh untuk mengontrol kenaikan berat badan, kemurungan, penyakit jantung, dan diabetes.
  • Hormon Dopamin – Kafein berguna untuk meningkatkan kadar Dopamin dalam sistem tubuh anda. Sifat ini sama dengan amfetamin, yang membuat anda merasa lebih baik setelah mengkonsumsinya. Namun, jika dikonsumsi secara berlebih, akan menimbulkan efek ketergantungan fisik, karena manipulasi Dopamin.

 

Pengaruh Kafein, dan Stres

Karena kafein memiliki pengaruh untuk meningkatkan kadar kortisol, kafein juga mampu menimbulkan efek yang negatif, apabila di konsumsi secara berlebih.

Namun, kadar kortisol yang meningkat karena kafein, di percaya mampu menjadi pereda stres pada manusia.

Untuk itu, kalian bisa mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein dengan jumlah kecil, tentunya akan berimbas baik pada mood, dan memberikan kalian energi untuk beraktivitas. Dan tentunya, meredakan stress.

 

Kesimpulan

Kandungan kafein yang tinggi didalam kopi, ternyata memberikan efek yang baik bagi kesehatan, serta meredakan tingkat stres pada manusia. Selain kafein, ada lagi kandungan nutrisi lain seperti Vitamin A.

Namun, jika di konsumsi secara berlebihan, tentunya efek kafein ini akan menimbulkan efek kecanduan, dan juga berimbas pada kualitas tidur kalian. Untuk itu, konsumsilah kopi yang mengandung kafein, dengan dosis yang cukup dan dalam batas yang wajar.

Dan untuk keterkaitan Kopi dalam mengurangi Stress, jawabannya adalah : Iya.

 

Source :

Vitamin A in a Coffee – http://www.dietandfitnesstoday.com/vitamin-a-in-coffee.php

Caffeubem Stress and Your Health – https://www.verywellmind.com/caffeine-stress-and-your-health-3145078


Like it? Share with your friends!