7 Manfaat Serat Bagi Tubuh


7 Manfaat Serat Bagi Tubuh

Pernahkah kalian berfikir bahwa serat merupakan suatu hal yang menarik? Mungkin, bagi sebagian orang, serat merupakan hal yang biasa saja.

Namun, setelah mengetahui beberapa manfaat serat bagi tubuh, mungkin kalian akan berfikir bahwa serat memiliki peran penting didalam tubuh manusia.

Mengkonsumsi serat lebih banyak, dapat memberikan rasa kenyang. Namun, apakah kalian tahu, bahwa ada banyak sekali manfaat serat bagi kesehatan?

Dan berikut ini, adalah 7 Manfaat Serat, bagi tubuh manusia.

 

1. Menurunkan Berat Badan

Makanan kaya serat tidak hanya membuat Anda kenyang lebih cepat dan membuat Anda kenyang lebih lama, mereka juga mencegah tubuh Anda menyerap sebagian kalori dalam makanan yang Anda makan.

Serat akan mengikat molekul lemak dan gula saat mereka melakukan perjalanan melalui saluran pencernaan.

Tentunya hal ini akan mengurangi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Studi lain menemukan, bahwa mereka yang menggandakan asupan serat mereka ke jumlah yang disarankan, mereka mengalami penurunan antara 90 – 130 kalori harian mereka.

Hal ini sama saja dengan mereka mengalami penurunan berat badan 9 – 13 pon selama setahun.

 

2. Membuat Berat badan lebih Stabil dan sehat

Serat juga dapat membantu kalian menghindari penambahan berat badan.

Orang orang yang mendapatkan asupan serat lebih banyak, cenderung memiliki tubuh yang lebih ramping secara keseluruhan.

Sedangkan, mereka yang mengalami kegemukan, rata rata hanya mendapatkan asupan serat sebanyak 1 gram lebih sedikit daripada berat badan normal.

 

3. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Fakta yang sudah tak lagi mengejutkan. Sebuah analisis baru baru ini, menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi serat paling banyak (lebih dari 26 gram sehari) memiliki lebih sedikit peluang terkena penyakit, sebesar 18%.

Para peneliti percaya, bahwa serat dapat menjaga kadar gula agar lebih stabil, dan menjaga berat badan agar lebih stabil. Hal ini tentu menjadi salah satu pencegahal resiko diabetes.

 

4. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Tiap 7 gram serat yang di konsumsi setiap hari, mampu membantu kalian dalam mengurangi 9% resiko terkena penyakit jantung.

Hal ini sudah di ulas oleh 22 studi yang di terbitkan dalam BMJ. Hal ini bisa terjadi sebab kemampuan serat untuk mengikat kolesterol, sebelum akhirnya dibuang untuk menghindari penyumbatan pada pembuluh darah.

 

5. Memiliki Bakteri Usus yang lebih Sehat

Bakteri baik yang membentuk mikrobiom, akan memakan serat yang masuk kedalam tubuh kalian.

Tentunya hal ini bsia menjadi salah satu cara untuk membuat Bakteri Baik melahap semua serat yang difermentasi didalam saluran pencernaan kalian.

Bakteri baik tersebut akan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang memiliki sejumlah manfaat, seperti menurunkan peradangan sistemik.

Untuk itu, pastikan kalian mendapatkan jumlah gram dari serat yang konsistem setiap hari nya.

 

6. Mengurangi Resiko Kanker

Setiap 10 gram serat yang anda makan, dikatakan mampu menjadi salah satu penurunan resiko kanker kolorektal, dan 5 persen penurunan resiko kanker payudara.

Hal ini disebabkan oleh kandungan anti-kanker yang terkandung pada serat. Makanan yang mengandung serat seperti sayur sayuran, dan buah buahan, dipercaya dapat mengurangi resiko terkena kanker.

 

7. Mendapatkan Detox Alami

Serat mampu secara lami mengeluarkan racun dari saluran penceranaan anda.

Serat larut dipercaya mampu menyerap senyawa yang mungkin berbahaya bagi tubuh. Karena serat tak laur, membuat segala sesuatu bergerak lebih cepat, dan membatasi jumlah bahan kimia berada didalam tubuh kalian.

Semakin banyak kalian mengkonsumsi serat larut, semakin besar kemungkinan racun dari bahan kimia yang terserap tubuh dapat keluar. Sehingga, kalian terbebas dari racun yang ada di dalam tubuh.

 

Kesimpulan

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat yang cukup, bisa membantu kalian dalam menjaga kesehatan, dan terbebas dari racun yang ada di dalam tubuh. Seimbangkan asupan serat dalam tubuh dengan olah raga teratur, istirahat yang cukup,dan juga banyak minum air putih.


Like it? Share with your friends!