5 Buah Kaya Akan Kalium selain Pisang


5 Buah Kaya Akan Kalium selain Pisang

Sampai saat ini, peneliti mengatakan, bahwa pisang adalah buah yang kaya akan kalium.

Kalium sendiri merupakan salah satu kandungan dari 7 makromineral esensial yang dibutuhkan tubuh.

Fungsi dari Kalium sendiri bisa berguna untuk menstabilkan tekanan darah, memperlancar nutrisi ke seluruh sel tubuh, menjaga kesehatan Syaraf, dan fungsi otot.

Asupan kalium yang dianjurkan para ahli adalah, 4.700 mg, namun sayangnya, masih banyak sebagian manusia yang kurang mendapatkan kalium akibat diet yang mereka jalani.

Untuk memenuhi asupan kalium didalam tubuh, kalian bisa mengkonsumsi buah yang kaya akan kalium.

 

5 Buah Kaya Akan Kalium selain Pisang

Walaupun dikatakan pisang masih menjadi buah utama untuk memenuhi kebutuhan kalium, ternyata ada juga loh beberapa buah lain yang bisa kalian konsumsi, seperti

 

1. Alpukat

Selain baik bagi kulit, kaya akan asam folat, serta manfaat lainnya, ternyata alpukat mampu memenuhi  10% kebutuhan kalium harian anda.

Alpukat juga memiliki tingkat sodium yang rendah. Setengah bagian dari Alpukat, mengandung 7mg sodium. Yang mana hanya sekitar 0,5% dari asupan diet yang di anjurkan.

Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi buah Alpukat sebagai pengganti pisang untuk memenuhi kebutuhan kalium kalian.

Anda bisa mengkonsumsi nya secara langsung, atau dijadikan jus, dengan tambahan bahan lain.

 

2. Semangka

Buah yang kaya akan air ini, ternyata bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalium kalian loh.

Selain mengandung banyak Vitamin A dan C, serta magnesium yang baik bagi tubuh, ternyata semangka juga ikut ambil alih dalam memenuhi kebutuhan kalium kalian.

2 irisan semangka (578gram) dengan ukuran 1/8, bisa memberikan kalian sekitar 640mg kandungan kalium untuk tubuh.

Angka tersebut hampir sama sekitar 14% dari kebutuhan kalium manusia. Tentunya buah yang satu ini bisa sangat bermanfaat dan cocok untuk di nikmati dikala panas terik.

 

3. Buah Bit

Buah bit merupakan salah satu buah yang memiliki warna merah yang sangat mencolok.

Buah bit sendiri dikenal memiliki kandungan kalium yang baik, selain pisang.

Satu gelas buah bit matang (518mg) mengandung setara 11% dari kebutuhan kalium harian kalian. Untuk itu, mengkonsumsi buah bit secara rutin, bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan asupan kalium kalian.

 

4. Buah Labu

Untuk buah labu sendiri, selain nikmat untuk di konsumsi secara langsung, buah ini juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk tubuh kalian.

Buah yang memiliki rasa sedikit manis ini, biasa di olah dengan cara di kukus, atau bahkan di jadikan campuran dalam es buah, atau olahan lainnya.

Namun ternyata, dari satu potong buah labu (582 mg), ternyata mampu memenuhi sekitar 12% kebutuhan kalium harian kalian.

 

5. Buah Plum

Buah Plum merupaka salah satu buah prem kering, yang mengandung banyak serat, serta juga kalium yang baik bagi kesehatan tubuh.

Biasanya, plum kering sering kali digunakan sebagai campuran oatmeal, dengan menambahakan sedikit kacang, keju, atau bahkan yougurt.

Selain menjadi campuran dalam makanan, terkadang buah plum kering juga sering dijadikan sebagai jus.

Bahkan, dikatakan bahwa mengkonsumsi 6 ons jus plum kering, akan membantu memenuhi kebutuhan kalium kalian setara dengan kebutuhan kalium harian kalian.

 

Kesimpulan

Memenuhi kebutuhan kalium serta protein didalam tubuh memang menjadi hal yang sangat penting. Tidak hanya bersumber dari buah pisang saja. Kalian juga bisa mendapatkan banyak sekali sumber kalium dari beberapa sumber buah-buahan lainnya.

 

Source :

15 Foods That Pack More Potassium Than a Banana : https://www.healthline.com/nutrition/foods-loaded-with-potassium

Everything you need to know about potassium : https://www.medicalnewstoday.com/articles/287212.php

13 Foods That Have More Potassium Than a Banana : https://www.runnersworld.com/nutrition-weight-loss/g20795984/13-foods-that-have-more-potassium-than-a-banana/

What Foods Have More Potassium Than a Banana : https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-more-potassium-banana


Like it? Share with your friends!