4 Kacang yang Baik untuk Kesehatan


4 Kacang yang Baik untuk Kesehatan

Kacang-kacangan, adalah buah atau biji dari keluarga tanaman yang memiliki nama lain Fabaceae. Kacang umumnya di konsumsi oleh manusia di seluruh dunia.

Hal ini bisa terjadi sebab kacang merupakan sumber dari serat, dan juga Vitamin B yang baik bagi tubuh.

Selain itu, Kacang juga merupakan pengganti daging yang baik, bagi sumber protein untuk Vegetarian.

Kacang dan kacang-kacangan memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk mengurangi kolesterol, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan bakteri usus yang sehat.

Dan berikut ini ada 4 Kacang yang baik untuk kesehatan.

1. Buncis

Kacang yang satu ini dikenal dengan nama lain kacang garbanzo.

Buncis merupakan salah satu sumber serat dan protein yang baik untuk kesehatan manusia.

Banyak penelitian ilmian menunjukkan, bahwa buncis dapat membantu mengurangi berat badan, resiko penyakit jantung, dan bahkan kanker.

Buncis sangat baik sebagai pengganti Daging merah pada makanan.

Bila dibandingkan dengan makanan tinggi karbohidrat, buncis lebih berguna untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Tentunya hal ini berkaitan erat dengan mencegah diabetes.

Dari banyaknya kandungan dan juga manfaat yang di hasilkan oleh kacang buncis, kita bisa menarik kesimpulan, bahwa

Buncis adalah sumber serat dan folat yang bagus bagi mausia. Buncis memiliki kadar kalori yang rendah, dan juga dapat membantu mengurangi penyakit gula darah, kolesterol, dan meningkatkan kesehatan usus.

2. Kacang Lentil

Kacang Lentil atau yang memiliki nama lain Lens culinaris, merupakan salah satu satu kacang dengan sumber protein nabati yang bagus dan bisa menjadi tambahan untuk sup.

Hampir mirip dengan kacang buncis, kacang lentil dipercaya dapat berguna untuk mengurangi kadar gula darah.

Manfaat yang ada di dalam kacang lentil sendiri sangat berperan penting pada pencernaan atau usus.

Dari sebuah penelitian menunjukkan, manfaat lentil untuk menjaga kesehatan pencernaan (usus) bisa berfungsi untuk memperlambat prosess pencernaan saat perut kosong.

Sehingga dapat mencegah peningkatan gula darah, dan membantu pencernaan.

Selain itu, kecambah dari kacang lentil juga bisa berguna untuk mengurangi kolesterol jahat didalam tubuh, dan meningkatkan jumlah kolesterol baik didalam tubuh.

3. Kacang Polong

Jenis kacang yang satu ini merupakan jenis legume, dari beberapa jenis yang berbeda.

Seperti pada kacang-kacangan lainnya, kacang polong disebut sebagai sumber protein dan serat yang baik bagi tubuh.

Kacang polong sendiri biasa di olah menjadi bahan tambah pada makanan, dan juga di olah menjadi tebung.

Tepung kacang polong sendiri memiliki manfaat yang serupa dalam mencegah meningkatnya gula darah dan mencegah kolesterol.

Kandungan serat yang ada didalam kacang polong, mampu memberikan makanan bagi bakteri baik didalam usus. Serat kacang polong juga dapat meningkatkan kesehatan usus.

Selain memberi makan bakteri usus baik didalam tubuh, kandungan serat didalam kacang polong juga mampu membantu pertumbuhan bakteri baik lainnya, seperti Lactobacilli, dan Bifidobacteria.

Kedua bakteri ini akan menghasilkan asam lemak rantai pendek, yang berperang penting dalam meningkatkan kesehatan usus.

4. Kacang Merah

Kacang merah dapat membantu memperlambat penyerapan gula kedalam darah. Oleh karena itu, kacang merah bisa mengurangi kadar gula darah, dan berperan sebagai pencegah diabetes.

Selain mencegah munculnya diabetes, kandungan yang ada didalam ekstrak kacang merah dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, kacang merah juga di kenal sebagai kacang ginjal. Hal ini disebabkan karena kandungan lain didalam kacang merah yang mampu menjaga kesehatan ginjal, agar tetap bekerja dengan baik.

Kacang merah sangat di anjurkan untuk di konsumsi setiap hari. Selain karena kandungan serat nya yang tinggi, kacang mereah juga dapat membantu untuk mengurangi peningkatan gula darah yang terjadi sehabis makan.

 

Kacang-kacangan di kenal kaya akan Protein dan juga Serat yang baik bagi tubuh. Mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin sesuai dengan takaran yang baik, akanĀ  memberikan efek samping yang baik juga untuk kesehatan.


Like it? Share with your friends!