3 Suplemen Penting yang Meningkatkan Fungsi Otak


3 Suplemen Penting yang Meningkatkan Fungsi Otak

Memiliki otak yang sehat serta berfungsi dengan baik, adalah hal yang sangat di harapkan oleh semua orang di dunia ini.

Dengan fungsi otak yang baik, tentunya manusia bisa terhindar dari penyakit penyakit yang dipengaruhi oleh usia, dan penyakit lainnya.

Ada banyak jenis makanan seperti ikan, buah dan sayur, serta juga beberapa Suplemen yang juga membantu untuk meningkatkan fungsi otak manusia.

Lantas, apa sajakah Suplemen penting untuk meningkatkan Fungsi Otak?

 

1. Suplemen Minyak Ikan

Suplemen minyak ikan, memiliki kandungan asal docosahexaenoic (DHA) serta eicosapentaenoic (EPA). Kedua kandungan ini merupakan jenis asam lemak Omega-3.

Asam Lemak Omega-3 sendiri dikatakan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi otak agar lebih baik lagi.

DHA sendiri memiliki peraen penting untuk mempertahankan struktur, serta fungsi otak. DHA juga menyumbang sekitar 25% lemak total, dan 90% dari lemak Omega-3 yang ada didalam sel-sel otak anda.

Selain DHA, EPA juga memiliki efek anti-inflamasi yang berguna untuk melindungi otak dari kerusakan, dan juga penuaan.

Selain itu, DHA juga mampu meningkatkan keterampilan berfikir, meningkatkan memori, serta memiliki raksi pada orang sehat yang memiliki asupan DHA rendah. Hal ini juga membantu manusia untuk mengurangi resiko penurunan fungsi otak.

EPA juga berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak, pada orang yang mengalami depresi. Karena EPA dikatakan memiliki manfaat lain seperti meningkatkan mood seseorang.

Untuk mendapatkan manfaat yang baik, kalian bisa mengkonsumsi 2 porsi suplemen minyak ikan, dalam 1 minggu.

 

2. Suplemen Kafein

Kafein sendiri merupakan stimulan alami yang paling sering di temukan di beberapa jenis makanan dan minuman, seperti teh, kopi, dan cokelat hitam.

Meskipun mungkin ada sebuah suplemen kafein, tapi anda bisa mendapatkan asupan kafein dari beberapa jenis makanan dan minuman diatas.

Kafein sendiri di percaya dapat memberikan tubuh lebih energi, meningkatkan daya ingat, waktu reaksi, serta meningkatkan fungsi otak secara umum.

Selain itu, kafein juga di percaya mamu menekan tingkat stress pada seseorang. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu faktor, untuk meningkatkan fungsi otak agar lebih baik lagi.

Meskipun demikian, mengkonsumsi kafein sebagai suplemen untuk meningkatkan fungsi otak, harus diiringi dengan takaran yang sesuai.

Bagi sebagian orang, dosis tunggal yang disarankan untuk kafein adalah 200-400 mg perhari. Hal ini dikatakan masih dalam ukuran yang aman, dan cukup untuk kesehatan.

Namun perlu diingat, meskipun baik bagi tubuh serta fungsi otak, kafein tidak bisa di konsumsi secara berlebihan, sebab efek samping yang di timbulkan akan mempengaruhi pada kualitas tidur seseorang. Untuk itu, kalian bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli gizi terkait.

 

3. Suplemen Ginko Biloba

Ginko biloba adalah salah satu suplemen herbal yang berasal dari pohon ginko biloba itu sendiri. Suplemen ini sangat populer dan dikatakan baik untuk meningkatkan kekuatan otak manusia.

Suplemen yang mengandung ginko biloba di percaya dapat meningkatkan aliran darah ke otan, dan meningkatkan fungsi otak lain, seperti meningkatkan fokus, serta daya ingat atau memori.

Selain itu, Ginko biloba juga sudah di teliti mampu mengurangi penurunan fungsi otak yang terkait dengan usia.

 

Kesimpulan

Mengkonsumsi suplemen untuk meningkatkan fungsi otak, bisa menjadi salah satu opsional kalian dalam memenuhi kebutuhan. Namun, kalian juga bisa menemukan beberapa kandungan baik dari suplemen tersebut, di beberapa jenis makanan, buah buahan, serta sayur-sayuran.

 

Source :

https://www.healthline.com/nutrition/best-nootropic-brain-supplements – The 10 Best Nootropic Supplements to Boost Brain Power


Like it? Share with your friends!