20 Manfaat Pisang bagi Kesehatan


20 Manfaat Pisang bagi Kesehatan

Pisang adalah buah yang sering kali ditemukan di hampir seluruh belahan dunia. Pisang juga sering kali di konsumsi secara langsung, atau bahkan di jadikan campuran dari berbagai jenis makanan.

Buah pisang memiliki daging yang berwarna putih, serta kulit yang berwarna kuning. Buah ini memiliki rasa yang manis, serta daging buah yang lembut.

Terkadang, pisang juga sering kali disenangi bayi yang sedang belajar mengunyah, atau baru tumbuh gigi pertamanya.

Selain itu, ternyata pisang juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Karena ada nya beberapa kandungan nutrisi yang di butuhkan tubuh, bisa kalian temukan di buah pisang ini.

Dan di artikel ini, kita akan mengulas 20 Manfaat pisang bagi kesehatan.

 

1. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Pisang adalah salah satu sumber kalium terbaik, mineral penting untuk menjaga tekanan darah dan fungsi jantung normal.

Pisang berukuran sedang menyediakan 350 mg potasium. Efektivitas makanan kaya kalium dalam menurunkan tekanan darah telah ditunjukkan oleh sejumlah penelitian.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah mengizinkan industri pisang untuk membuat klaim resmi atas kemampuan buah untuk mengurangi risiko tekanan darah dan stroke.

Menurut FDA, “Diet dengan mengkonsumsi makanan yang merupakan sumber kalium dan rendah sodium yang baik, dapat mengurangi risiko tenanan darah tinggi dan stroke.” Ditambah lagi, kalium membantu tubuh Anda menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam sel.

 

2. Mengurangi Risiko Stroke

Para ilmuwan menyarankan bahwa orang-orang dengan jumlah potassium yang rendah dalam makanan mereka mungkin memiliki peningkatan risiko stroke.

Sebuah penelitian terhadap 5.600 orang yang berusia di atas 65 tahun menemukan bahwa mereka dengan asupan potasium terendah adalah 50% lebih mungkin menderita stroke.

Makanan tinggi kalium, seperti pisang, dapat menurunkan risiko stroke, tetapi para peneliti mengatakan bahwa lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah peningkatan kalium dalam makanan dapat mencegah stroke.

 

3. Melindungi dari Maag, dan Sakit Perut

Pisang sudah dikenal memiliki efek anasida nya, yang berfungsi untuk melindungi dari penyakit lambung, seperti maag,

Kandungan flavonoid didalam pisang,  leucocyanidin, di percaya  secara signifikan dapat meningkatkan ketebalan lapisan selaput lendir lambung.

Selain itu, pisang juga membantu menetralkan keasaman, untuk menghilangkan mulas.

 

4. Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Pisang dikatakan mampu meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan. Sebab kandungan kalium di dalam pisang cukup tinggi.

Asupan kalium yang normal, bisa menekan eskresi kalsium didalam urin, dan meminimaliris resiko batu ginjal.

Diantara buah buahan lain, wanita yang mengkonsumsi pisang sebanyak empat hingga enam buah selama seminggu, dapat mengurangi resiko terkena penyakit ginjal, dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi buah ini.

 

5. Cocok untuk Makanan Bayi

Pisang merupakan makanan padat, yang baik untuk bayi. Pisang matang yang ditumbuk, termasuk makanan bayi yang sederhana dan sehat.

Kandungan kalium, serat, kalsium, magnesium, fosfor, selenium, zat besi, vitamin A, B2, B6, C, E, Niasin, Folat, dan asam pantotenat, di percaya baik untuk tumbuh kembang bayi.

Pisang juga merupakan bagian dari diet BRAT, atau diet yang di rekomendasikan dokter untuk anak anak yang pulih dari penyakit pencernaan, seperti diare.

 

6. Menyembuhkan Hang-Over

Hangover adalah salah satu penyakit, yang ditimbulkan setelah minum alkohol secara berlebihan.

Salah satu cara tercepat unuk menyembuhkan penyakit hangover, adalah membuat koktail pisang susu, dengan susu dan madu.

Pisang dikenal baik untuk mengatasi perut yang tegang, dan membantu merehidrasi tubuh. Pisah dan madu, juga di percaya dapat menjadi peyedia energi yang baik bagi tubuh.

 

7. Membantu Menurunkan Kolesterol

Penelitian menunjukkan, bahwa pisang juga berperan dalam menurunkan kolesterol. Hal ini dibuktikan sebab komponen serat didalam pisang, sangat berguna untuk penyakit kolesterol.

Jumlah serat makanan didalam pisang relatif konstant, terutama pada pisang yang sudah matang.

 

8. Menambah Energi

Pisang juga mengandung tiga gula alami didalamnya, sukrosa, fruktosa, dan glukosa, yang di padankan atau di kombinasikan dengan serat.

Kandungan kalium didalam pisang juga penting untuk membantu otot agar berkontraksi dengan benar, selama latihan dan mengurangi kram.

Pisang memberkan dorongan energi secara instant, berkelanjutan, serta juga substansial. Hal ini juga benar dikatakan para peneliti, sebab 2 buah pisang, mampu menyediakan energi yang cukup untuk latihan berat selama 90 menit.

 

9. Mengurangi Depresi

Menurut survey yang dilakukan oleh MIND untuk beberapa orang yang mengalami depresi, mereka mengatakan bahwa lebih baik, setelah makan pisang.

Hal ini terjadi sebab pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang dibah tubuh menjadi serotonin. Kandungan ini dikenal mampu membuat rileks, memperbaiki suasana hati, dan merasa lebih bahagia.

 

10. Mengatasi masalah PMS (Pra-Menstruasi)

Pra-menstruasi, adalah sebuah kondisi dimana seorang wanita akan menghadapi masa Menstruasinya. Biasanya, perubahan yang sering terjadi ketika PMS adalah perubahan suasana hati.

Vitamin B6 yang terkandung didalam pisang, dipercaya berguna untuk mengatur kadar glukosa darah, serta mempengaruhi suasana hati, agar lebih baik.

 

11. Mengatasi Anemia

Kandungan tinggi Zat Besi dari pisang, dipercaya mampu merangsang untuk produksi hemoglobin didalam darah, dan sangat membantu untuk anemia.

 

12. Membantu Memperkuat Otak

Kandungan Potasium didalam pisang, di percaya mampu membuat seorang murid atau pelajar lebih terjaga, dan mudah untuk menerima pelajaran.

Dari studi yang di lakukan oleh 200 siswa di sekolah Twickenham, mereka di biasakan untuk makan pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang, untuk meningkatkan kekuatan otak mereka.

 

13. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada pisang, di percaya mampu mengembalikan fungsi usus secara normal. Sehingga mampu mengatasi masalah sembelit, tanpa obat pencahar.

 

14. Mengurangi sakit saat Pagi Hari

Mengkonsumsi pisang sebagai ceimilan di waktu malam, membantu mengurangi kadar gula darah tetap tinggi, dan menghindari rasa mual di pagi hari.

 

15. Mengobati Gigitan Nyamuk

Ketika mungkin mengalami gigita serangga seperti nyamuk, cobalah untuk menggosok daerah yang terkena gigitan, dengan bagian dalam dari kulit pisang.

Hal ini sudah di buktikan, dari banyak orang yang merasa berhasil mengurangi pembengkakan dan iritasi, dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang, pada kulit yang terkena gigitan serangga.

Tentunya hal ini bisa membantu mengurangi merah dan bengkak, ketika terkena gigitan serangga.

 

16. Berguna untuk Syaraf

Kandungan vitamin B yang ada didalam buah pisang, dipercaya mampu untuk memberikan ketenangan kepada sistem syaraf manusia.

Untuk itu, pisang juga berguna untuk meningkatkan fungsi sistem syaraf pada manusia.

 

17. Mengatasi Kegemukan

Studi di Institute of Psychology di Austria, mendapati bahwa banyak tekanan di tempat kerja, sering kali di pengaruhi oleh beberapa makanan, seperti cokelat, dan keripik.

Larporan tersebut menyimpulkan, bawha untuk menghindari camilan seperti itu, perlu dengan mengendalikan kadar gula darah, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbo tinggi, setiap dua jam, untuk menjaga kadar nya tetap stabil.

Untuk itu, kalian bisa mengatasi kegemukan akibat sering ngemil, dengan mengganti camilan kalian dengan pisang.

 

18. Mengobati Bisul

Pisang sering digunakan sebagai makanan yang berguna untuk mengatasi gangguan usus, sebab teksturnya yang lembut dan halus.

Dan ini menjadikan pisang sebagai buah mentah yang dapat dimakan, tanpa masalah. Ini juga berguna untuk menetralkan keasaman berlebih, dan mengurangi iritasi dengan melapisi lapisan yang terkena iritasi.

 

19. Pengatur Suhu

Banyak studi yang mengatakan, bahwa pisang menjadi sebuah buah dingin yang dapat membantu menurunkan suhu fisik, dan emosional pada ibu hamil.

Di thailand misalnya, wanita hamil sangat dianjurkan untuk makan pisang, agar bayi mereka terlahir dengan suhu dingin.

 

20.  Mampu Menurunkan Perasaan Cemas, dan Stress

Selain kandungan B9 yang mampu meningkatkan Mood, pisang juga memiliki kandungan triptofan, yang berguna untuk otak, sebagai anti-depresan alami, mengurangi kecemasan, serta susah tidur.

Adapun pisang mampu mengatasi masalah suasana hati pada manusia, seperti kelelahan, cepat marah, agitasi, amarah, dan agresif.

Pisang juga memiliki norepinefrin, yang mengatur respon melawan atau lari, yang membantu manusia untuk mengatur stress.

 

Kesimpulan

Mengkonsumsi pisang secara rutin, bisa menimbulkan dampak yang positif bagi kesehatan manusia. Kalian bisa mengkonsumsi pisang secara langsung, atau mengolahnya terlebih dahulu. Pastikan juga diiringi dengan olahraga yang teratur, serta pola hidup yang sehat.


Like it? Share with your friends!