10 Makanan Terbaik untuk Kecerdasan Otak


10 Makanan Terbaik untuk Kecerdasan Otak

Memilih makanan serta asupan Nutrisi untuk otak, adalah salah satu hal yang harus di pertimbangkan dengan amat sangat baik.

Sebab, kecerdasan otak merupakan salah satu hal penting didalam tubuh manusia.

Dengan adanya otak yang cerdas, tentunya kita bisa memiliki memori yang kuat, serta meningkatkan fokus, dan juga menghilangkan stres.

Untuk itu, kita harus benar benar memberikan pilihan makanan yang mengandung kandungan yang baik, untuk kecerdasan otak manusia.

Adapun 10 Makanan Terbaik untuk Kecerdasan otak yang bisa anda konsumsi diantara lain :

 

1. Minyak Ikan

Minyak ikan merupakan sumber protein yang baik untuk kecerdasan otak.

Minyak ikan sendiri bisa di dapatkan dari lemak ikan, seperti salmon, mackerel, dan juga ikan sarden.

Lebih dari setengah masa otak kita terdiri atas lemak. Dan 65% lemak baik yang terkandung dalam otak, adalah asam amino.

Adapun mengapa minyak ikan merupakan makanan yang baik untuk kecerdasan otak adalah kandungan omega 3.

Kandungan omega 3 pada minyak ikan, di percaya bisa meningkatkan sel-sel otak untuk bekerja dengan maksimal.

Selain Omega 3, kandungan lain yang terdapat dalam minyak ikan adalah fosfor, dan juga yodium. Yang mana kedua kandungan ini sangat penting untuk kinerja otak.

Untuk itu kalian disarankan untuk mengkonsumsi minyak ikan dalam jangka waktu, 2 kali dalam seminggu.

Dengan catatan, gunakan minyak ikan yang berasal dari ikan segar. Sebab, bila kalian mengkonsumsi lemak ikan dari ikan yang sudah di olah didalam kaleng, kandungan minyak ikan nya akan hilang.

 

2. Alpukat

Alpukat memang terkenal memiliki kandungan lemak. Namun, lemak yang terkandung didalam alpukat, merupakan kandungan lemak baik yang bagus bagi tubuh dan otak.

Selain lemak baik yang ada pada alpukat, kandungan lain yang ada didalam alpukat juga memiliki banyak sekali kandungan Vitamin serta beta-karoten yang baik bagi kesehatan kulit anda.

Adapun kandungan lemak baik yang dimiliki alpukat, yakni lemak tak jenuh tunggal. Yang mana lemak jenis ini akan membantu aliran darah mengalir dengan baik ke otak.

 

3. Kacang – kacangan

Selain baik bagi kesehatan tubuh, menurunkan kolesterol serta diabetes dan yang lain nya, ternyata kacang-kacangan juga berperan penting dalam membantu kecerdasan otak.

Seperti contohnya kacang kenari.

Selain dikenal sebagai sumber Vitamin E, kacang kenari juga dikenal baik untuk kesehatan kulit serta kecerdasan otak.

Bahkan dari sebuah studi yang dilakukan, apabila seseorang mendapati asupan Vitamin E yang tepat atau cukup, hal ini bisa menjadi salah satu cara mecegah penurunan kemampuan kognitif

“kemampuan kognitif : adalah salah satu gangguan yang berkaitan pada cara manusia berfikir dan mengingat yang berkaitan erat dengan bertambah nya usia.”

Untuk itu, para ahli setuju, bila mengkonsumsi kacang-kacangan yang mengandung banyak Vitamin E, dapat menjadi salah satu pencegahan penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia, dan penyakit Alzheimer. Seperti, kacang tanah, kenari, almond, dan sejenisnya.

 

4. Pisang

Makanan yang ini, selain mengandung banyak kalium, pisang juga baik untuk kecerdasan otak.

Pisang sendiri di katakan memiliki banyak sekali kandungan Vitamin B yang baik bagi tubuh, kaya akan magnesium, kalium, serta mineral.

Kandungan Vitamin B6 yang ada pada pisang, tak hanya menjadi salah satu pembantu metabolisme tubuh saja. Melainkan memiliki keterlibatan dalam metabolisme asam amino dan sistem fungsi saraf melalui produksi neurotransmitter tertentu.

Kedua kandungan ini akan menciptakan efek tenang dan juga teratur pada otak.

 

5. Kerang

Bukan hanya kaya akan Vitamin B12 dan protein saja.

Hewan yang masuk didalam kategori branchiopoda ini, merupakan salah satu krustasea laut, yang memiliki dampak yang baik bagi otak.

Elemen penting dari kerang sendiri, di percaya dapat mengurangi stres dan ketidak nyamanan pada otak.

Kandungan lain yang terdapat pada kerang, yakni ada tembaga, mangan, seng, litium, dan juga yodium.

Hewan branchiopoda atau hewan tak bertulang belakang sendiri memang terkenal sangat memiliki keterkaitan terhadap rasa cemas, kelelahan mental, dan juga kelemahan syaraf.

Untuk itu, pastikan kalian mengkonsumsi kerang dengan keadaan yang masih segar, dan tidak tercampur bahan kimia lainnya.

 

6. Brokoli dan Sayuran Hijau lain

Tanaman hijau satu ini sering kali dijadikan campuran masakan dirumah. Brokoli merupakan sayur sayuran yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain brokolin, masih banyak juga jenis sayuran hijau yang membantu mendorong kecerdasan otak.

Seperti misalnya bayam.

Bayam dan brokoli dipercaya memliki kandungan zat besi yang baik bagi tubuh. Kandungan zat besi ini berguna untuk mengaliri oksigen keseluruh tubuh, termasuk otak.

Bila kalian kekurangan zat besi, tentunya kalian tak akan memproduksi sel darah merah, untuk membawa oksigen ke seluruh organ tubuh termasuk otak. Alhasil, kalian akan mudah lelah, dan cepat kehilangan energi.

 

7. Telur

Kandungan zat besi dari telur, sering kali di dapati pada kuning telur.

Telur sendiri merupakan salah satu makanan yang mengandung fosfolipid dan juga lestin.

Kandungan ini berguna untuk membangun membran sel otak, untuk meningkatkan kecerdasan.

Namun, kandungan utama pada telur yang bagi otak adalah protein, serta asam amino. Karena kedua kandungan ini berperan penting dalam memproduksi neurotransmitter utama.

Noradrenalin akan membantu seseorang untuk merangsang otak untuk belajar. Dimana produksi dari noradrenalin ini bergantung pada tirosin dan fenilalanin yang ditemukan didalam protein telur.

 

8. Daging Merah Tanpa Lemak

Sebuah studi menunjukkan, seorang wanita yang memiliki kadar zat besi yang yang tinggi, memiliki kinerja yang baik pada mental, daripada wanita yang memilki kadar zat besi yang rendah.

Penting nya zat besi sebagai asupan sel darah merah mengalir dengan baik ke otak, menjadi faktor penting mengapa kandungan zat besi ini berpengaruh, pada kecerdasan otak.

Untuk bekerja dengan baik, otak membutuhkan asupan oksigen yang cukup.

Daging rendah lemak merupakan sumber zat besi yang baik untuk otak. Selain mengandung zat besi, ia juga mengandung seng, yang menjadi unsur mineral penting untuk fungsi kognitif otak.

Tentunya kandungan zat ini, memiliki andil dalam perkembangan sel-sel otak.

 

9. Hati Hewan

Hati adalah salah satu jenis makanan, yang mengandung banyak zat besi didalamnya.

Selain kandungan besi, hati juga menjadi sumber Vitamin B yang penting bagi otak. Adapun beberapa kandungan Vitamin B yang ada didalam Hati hewan yakni, Vitamin B1, B6, B9, serta B12.

Kandungan jenis Vitamin B yang terkandung didalam Hati Hewan seperti Ayam, dan Sapi, bisa meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kecerdasan otak.

 

10. Coklat Hitam

Selain nikmat untuk dijadikan camilan, ternyata coklat hitam juga punya peran penting dalam kecerdasan otak.

Kandungan flavanol yang merupakan senyawa alami di dalam biji kakao, dipercaya dapat meningkatkan suplai darah ke otak.

Hal ini di lakukan oleh para ahli dari peneliti Harvard. Mereka melakukan pengujian pada 60 orang dengan usia antara 67 dan 77 tahun, untuk meminum cokelat panas selama dua kali sehari, dalam waktu satu bulan.

Alhasil, para peneliti menemukan peningkatan pada suplai darah ke otak, yang memberikan mereka energi untuk melakukan rutinitas mereka.

 

Kesimpulan

Konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein yang baik bagi tubuh dan otak. Sebab otak adalah salah satu organ vital pada manusia, yang berguna untuk mengatur semua organ lain. Hindari terlalu stres, dan banyak istirahat, agar terhindar dari penyakit lain.

 

Source :

9 Foods to eat to give your brain a boost : https://www.businessinsider.com/brain-foods-to-make-you-smarter-2015-6?IR=T

14 Foods That Increase Your Intelligence : https://www.lifespan.com/14-foods-increase-intelligence/

 


Like it? Share with your friends!