10 Cara Meningkatkan Energi secara Alami


10 Cara Meningkatkan Energi secara Alami

Dalam melakukan rutinitas, mungkin kita memerlukan banyak sekali energi, dari makanan serta minuman yang kita konsumsi.

Bahkan, jika kita pergi ke sebuah toko obat atau apotek, mungkin kita akan menemukan banyak sekali suplemen suplemen yang berguna untuk memacu energi didalm tubuh.

Tak jarang juga, kita menemukan hal tersebut didalam campuran minuman ringan, makanan ringan, atau bahkan minuman penambah energi.

Hal tersebut tentunya tak lepas dari campur tangan bahan kimia, yang memiliki kemungkinan untuk menimbulkan masalah kesehatan, di kemudian hari.

Untungnya, ada beberapa hal dan kebiasaan, yang bisa meningkatkan tingkat energi secara alami, dialam tubuh anda. Seperti

 

1. Mengatur Tingkat Stress

Stress berpengaruh besar dengan energi manusia. Otak dan tubuh akan mulai merasa tak nyaman, akibat banyak nya stress yang di tanggung didalam fikiran.

Untuk itu, cobalah lebih santai, cobalah mengobrol dengan teman di sekitar, lakukan meditasi, yoga, taichi, atau bahkan aktivitas lain, yang dapat mengurangi stress.

 

2. Meringankan Beban Anda

Terlalu banyak melakukan aktivitas, terkadang membuat tubuh lebih cepat lelah.

Untuk itu, buatlah sebuah daftar sederhana mengenai aktivitas kalian. Seperti aktivitas dengan urusan kerja, keluarga, dan juga sosial.

Prioritaskan tubuh didalam hal hal yang penting, buatlah suasana yang menyenangkan, agar mood kembali naik, dan energi kembali meningkat.

 

3. Olahraga

Olahraga dapat membuat tubuh kembali bugar, dan juga menambah energi. Selain itu, sering nya melakukan olahraga secara rutin, bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, atau lebih nyenyak.

Olahraga juga berguna untuk melepaskan epinefrin, dan juga norepinefrin, yang mana kedua nya adalah salah satu hormon stress yang jika dikeluarkan dari dalam tubuh, akan membuat tubuh merasa lebih berenergi.

 

4. Hindari Merokok

Sudah banyak kita ketahui, bahwa merokok adalah hal yang buruk bagi kesehatan.

Rokok juga menyedot energi pada manusia, melalui insomnia yang ditimbulkan.

Nikotin didalam tembakau merupakan stimulan yang mempercepat detak jantung, meningkatkan tekanan otot, meningkatkan tekanan darah, serta menstimulasi aktivitas gelombang otak.

Untuk itu, hindarilah merokok, dan istirahatlah dengan cukup. Agar tubuh bisa terhindari dari stimulan buruk, dan terhindar dari insomnia, agar energi tubuh kembali normal.

 

5. Batasi Jumlah Tidur

Jika kalian merasa kurang tidur, cobalah untuk tidur lebih sedikit.

Mungkin terdengar aneh, namun dengan menentukan berapa banyak waktu tidur yang di butuhkan, bisa membantu anda untuk menghabiskan waktu untuk tidak tidur.

Proses ini akan membuat anda lebih mudah tidur, dan lebih nyenyak dalam jangka panjang.

Apabila kualitas tidur kalian buruk, tentunya akan berpengaruh pada keluarnya energi ketika melakukan aktivitas, dapatkan kualitas tidur yang baik, agar energi didalam tubuh bisa kembali terisi.

 

6. Mengkonsumsi Kafein

Kafein terkenal membantu menjaga tubuh lebih terjaga.

Mengkonsumsi kafein yang terkandung didalam secangkir kopi, di percaya mampu mempertajam fikiran anda.

Namun, efek samping dari kafein juga harus kalian pertimbangkan. Karena bisa menyebabkan insomnia. Untuk itu, usahakan untuk tidak mengkonsumsi kafein secara berlebihan.

Dan tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi diatas jam 2 malam.

 

7. Batasi Alkohol

Menghindari atau membatasi konsumsi alkohol, bisa membantu tubuh dalam mengisi energi baru untuk beraktifitas.

Hindari mengkonsumsi alkohol pada sore dan siang hari, demikian pula hindari koktail.

Konsumsilah koktail pada waktu waktu yang memang di anjurkan. Agar tidak menimbulkan efek terjaga pada waktu yang tidak tepat, dan menggangu energi untuk beraktivitas esok hari.

 

8. Mengkonsumsi Air Putih

Salah satu hal yang paling penting, adalah mengkonsumsi air putih.

Kandungan mineral yang ada dialamnya, mampu untuk meningkatkan kinerja pada sel tubuh.

Selain itu, rutin mengkonsumsi air putih juga mampu meningkatkan konsentrasi, serta memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan fokus, serta memberikan kesegaran dan energi pada tubuh.

 

9. MengkonsumsiĀ  Kacang Kacangan dan Ikan

Sebuah studi meninjukkan, kekurangan magnesium merupakan penyebab wanita cepat lelah secara fisik, mengapa demikian?

Ketika seseorang kekurangan magnesium, jantung akan berdetak lebih cepat dan membuat lebih banyak oksigen keluar.

Sumber magnesium alami bisa kalian dapatkan dari beberapa makanan, seperti kacang almond, kacang mete, hazelnut, serta ikan halibut.

Dengan meningkatnya kadar magnesium didalam tubuh, energi yang di butuhkan tubuh pun akan mudah untuk terpenuhi kembali setelah digunakan.

 

10. Meditasi

Untuk sebagian pecinta Yoga, mungkin posisi savasana (posisi mayat) sering kali berguna untuk mengurangi kelelahan.

Pose savasana sendiri sering dilakukan selepas yoga. Hal ini mungkin memiliki manfaat untuk kembali meningkatkan energi yang telah di gunakan selama prosess latihan yoga.

Untuk itu, isitrahat siang selama 10-20 menit, juga membantu tubuh untuk kembali berenergi.

 

Kesimpulan

Istirahat yang cukup, memenuhi kebutuhan cairan, serta magnesium yang cukup, bisa menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan energi secara alami. Jangan lupa untuk mengimbangi nya dengan olahraga, agar tubuh semakin sehat, dan berenergi.


Like it? Share with your friends!