Artikel Kesehatan

Vitamin D Bantu Atasi Infeksi Telinga Pada Anak

infeksi telinga vitamin dInfeksi telinga bisa saja menyakitkan dan membuat frustrasi. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa meningkatkan kadar vitamin D dapat mengurangi kejadian infeksi telinga kambuhan pada anak-anak, terutama pada mereka dengan tingkat vitamin D yang sangat rendah.

Menurut University of Maryland, 75 persen dari semua anak mengalami infeksi telinga dan pada usia satu tahun, 60 persen anak-anak akan mengalami setidaknya satu infeksi telinga.

Menurunkan kejadian infeksi telinga dengan menambah kadar serum vitamin D

Peneliti dari University of Milan, Italia mengamati 116 anak-anak yang mengalami radang telinga tengah(otitis media) kambuhan. Otitis media kambuhan didefinisikan sebagai “tiga kejadian atau lebih dalam 6 bulan sebelum penelitian, atau empat kejadian atau lebih dalam 12 bulan sebelum penelitian,” lapor Medpage Today.

Rata-rata usia peserta adalah sekitar 34 bulan , sebagian besar berkulit putih dan lebih dari 80 persen dari masing-masing kelompok telah menerima Pneumococcal conjugate vaccine (PCV), yakni sebuah vaksin yang digunakan untuk melindungi bayi dan balita dari ancaman penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae.

Lebih dari 72 persen dari kelompok uji dan 84 persen dari kelompok plasebo telah disusui selama tiga bulan atau lebih. Anak-anak tersebut diberikan vitamin D dosis 1000IU dan plasebo untuk diminum selama 4 bulan. Seluruh kelompok kemudian dipantau selama 6 bulan untuk mengetahui kejadi otitis media akut.

Hasilnya diketahui bahwa jumlah anak-anak yang memiliki satu kejadian atau lebih otitis media akut, secara signifikan jumlahnya lebih rendah pada kelompok yang diberikan vitamin D dibandingkan dengan kelompok plasebo (26 vs 38). Kejadian otitis media akut yang rumit secara signifikan juga menurun.

Dr. Susanna Esposito, salah satu peneliti, mencata bahwa sebanyak 80 persen anak-anak dalam penelitian tersebut memiliki dasar serum kadar vitamin D kurang dari 0 ng/mL. Semua kecuali dua dari anak-anak dalam kelompok vitamin D diketahui mengalami peningkatan hingga lebih dari 30 ng/mL. Esposito menyarankan kepada dokter-dokter apabila ada pasien (anak) yang mengalami otitis media kambuhan, sebaiknya periksa kadar serum vitamin D-nya. Jika kadarnya rendah, bisa dipertimbangkan untuk ditambahkan.

Jika anda orangtua yang memiliki anak dengan infeksi telinga kambuhan, anda dapat meminta dokter untuk memeriksakan kadar vitamin D anak anda dan mengkonsultasikannya apakah perlu ditambahkan atau tidak.

Artikel Kesehatan | Via EmpowHer | image : alive.com

Tanggal Publikasi October 23, 2013
Label