Artikel Kesehatan

Turunkan Kadar Kolesterol ‘Jahat’ Dengan Makanan Ini

makanan penurun kadar kolesterol jahatSemakin hari semakin banyak orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, menempatkan mereka pada risiko stroke, penyakit jantung, dan masalah kesehatan serius lainnya. Hal ini secara signifikan dapat meningkatkan risiko kematian.

Bagi banyak orang, obat pengontrol kolesterol yang biasa disebut statin selalu menjadi andalan. Namun demikian, studi terbaru menunjukkan bahwa penggunaan statin dalam jangka panjang juga memiliki risiko yang cukup serius.

Makanan Penurun Kolesterol ‘Jahat’

Ketergantungan terhadap obat untuk mengendalikan kadar kolesterol memang sudah menjadi hal yang umum terjadi, namun sebenarnya ada alternatif untuk mengatasinya tanpa bantuan obat-obatan. Pendekatan ini mengandalkan beberapa perubahan pola makan sederhana yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, diantaranya adalah :

Kacang-kacangan
kacang-kacangan sangat bagus untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Sebuah studi terbaru dari Kanada menunjukkan bahwa hanya dengan satu 3/4 cangkir porsi kacang-kacangan, buncis, atau lentil (miju-miju) bisa mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serat yang dapat membantu menyehatkan pencernaan dan bahkan mengurangi risiko kanker usus besar.

Oatmeal
Seperti kacang-kacangan, oat atau gandum mengandung serat larut yang juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Serat dalam oatmeal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol ‘jahat’ yang bisa diserap ke dalam aliran darah. Anda disarankan untuk mengonsumsi oatmeal kurang lebih satu setengah cangkir agar bisa mendapatkan 6 gram serat. Para ahli menyarankan agar mendapatkan asupan serat setidaknya 5 hingga 10 gram perharinya dengan tujuan untuk mengurangi kadar kolesterol LDL. Tambahkan juga asupan serat anda dengan makan sebuah apel atau pisang untuk mendapatkan tambahan 4 hingga 5 gram serat.

Teh
Ingin menjaga kesehatan tubuh dengan mudah? Maka teh adalah salah satu minuman terbaik yang dapat mendukung hal tersebut. Mengonsumsi tiga cangkir teh hijau atau teh hitam setiap hari diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol LDL secara signifikan. Selain itu, teh juga menyediakan sumber antioksidan yang disebut polifenol yang dapat membantu mencegah kanker tertentu. Teh juga juga diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol ‘baik’ HDL.

Minyak zaitun
Tanpa disadari, banyak makanan yang kita makan mengandung kadar kolesterol LDL yang tinggi. Untuk mengimbanginya, libatkan minyak zaitun ke dalam masakan atau makanan anda. Minyak zaitun diketahui dapat melawan kolesterol ‘jahat’ LDL. Minyak zaitun merupakan salah satu andalan dari diet mediterania yang telah disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Anda hanya perlu menambahkan sekitar 2 sendok makan minyak zaitun ke dalam makanan anda setiap harinya.

Ikan
Ikan berlemak seperti salmon, makarel, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah. The American Heart Association merekomendasikan setidaknya mengonsumsi dua porsi ikan berlemak setiap minggunya untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Jika anda tidak suka mengonsumsi ikan, anda bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan, akan tetapi anda berpotensi tidak mendapatkan banyak mineral dan nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam ikan. Sumber lain dari omega-3 adalah biji rami.

Selain mengubah sedikit pola makan, jangan lupakan langkah-langkah lainnya untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga jantung tetap sehat seperti olahraga secara teratur. Olahraga yang dilakukan tidaklah harus rumit, cukup berjalan kaki secara rutin saja anda sudah mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

via Naturalnews.com | image : healthyfoodplace.com

Tanggal Publikasi May 29, 2014
Label