Artikel Kesehatan

Tomat Dapat Mengusir Stres dan Depresi

Tomat dapat melawan stresJika Anda sedang merasa sedih dan tidak bersemangat, maka hal terbaik untuk mengatasi pikiran anda yang sedang kacau adalah dengan makan tomat beberapa kali seminggu, kata peneliti.

Peneliti menganalisis catatan kesehatan mental dan pola makan kurang lebih 1.000 orang pria dan wanita berusia 70 tahun atau lebih.

Mereka menemukan orang-orang yang makan tomat dua hingga enam kali seminggu adalah 46 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami perasaan sedih, stres, atau depresi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi tomat hanya sekali dalam seminggu.

Peran Lycopene Pada Tomat

Sebuah tim dari Cina dan Jepang, yang dipimpin oleh Kaijun Niu dari China’s Tianjin Medical University, ingin menyelidiki laporan awal bahwa lycopene yang ada pada tomat mungkin dapat meningkatkan kesehatan mental (psikologis) seseorang dan juga kesehatan fisiknya dengan mengurangi stres oksidatif, atau kerusakan sel-sel otak yang sehat.

Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa buah dan sayuran lainnya tidak memiliki manfaat yang sama. Makan kubis, wortel, bawang, dan labu nampaknya sedikit atau bahkan sama sekali tidak berpengaruh pada kesehatan mental seseorang.

Wanita dan orang tua mempunyai risiko yang lebih tinggi mengalami depresi

Kurang dari 20 persen orang menderita depresi dimana wanita lebih banyak mengalaminya dibandingkan dengan pria. Orang tua berisiko tinggi mengalami depresi karena pengaruh suasana hati yang cenderung tidak stabil akibat dari menurunnya kesehatan yang disebabkan oleh rasa kehilangan seseorang dan kesepian.

Tomat kaya akan anti-oksidan, khususnya lycopene, zat yang memberikan warna merah tua pada tomat dan telah dikaitkan dengan keampuhannya untuk mengurangi risiko kanker prostat dan serangan jantung.

Konsumen di Inggris menghabiskan setengah juta ton tomat setiap tahunnya, setara dengan 8,6 kilogram per orang per tahun. Namun ini masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan beberapa negara mediterania.

Oleh sebab itu, jika anda sedang mengalami suasana hati yang buruk, libatkanlah tomat di makanan utama anda. Anda juga bisa membuatnya menjadi jus atau dimakan langsung.

Artikel Kesehatan | Times of India | image credit : tomatoesweb.com

Tanggal Publikasi January 20, 2013
Label