Artikel Kesehatan

Telat Makan Bisa Bikin Berat Badan Susah Turun

telat makan turun berat badanProgram penurunan berat badan tidak hanya terfokus pada pemilihan makanan yang sehat dan rendah kalori saja, melainkan juga waktu makan yang tepat. Walaupun sedang diet, lebih baik jangan terlalu sering melewatkan jam makan. Hal ini karena bisa membuat bobot tubuh susah untuk turun. Bagaimana bisa?

Makan tepat waktu bisa kurangi berat badan

Para peneliti dari Brigham and Women’s Hospital di Universitas Tufts, dan juga Universitas Murcia, Spanyol, menemukan bahwa makan tepat pada waktunya bisa membantu mengurangi berat badan dibandingkan dengan makan yang tidak tepat waktunya.

Penelitian tersebut meneliti 420 orang yang memiliki kelebihan berat badan di Spanyol. Siang hari adalah jadwal makan utama mereka. Para partisipan ini mendapatkan asupan jumlah kalori yang sama, kadar hormon ghrelin, leptin, dan hormon rasa lapar yang sama, serta kebiasaan tidur yang sama.

Mereka dibagi menjadi dua kelompok besar. Kelompok pertama mempunyai jadwal makan siang sebelum pukul 3 sore, sedangkan kelompok kedua makan setelah jam tersebut. Setelah 20 minggu, peneliti menganalisa jumlah penurunan berat badan antara kedua kelompok tersebut. Dari sana diketahui bahwa kelompok pertama mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan dengan kelompok kedua. Selain itu, penurunan berat badan pada individu di kelompok kedua terjadi lebih lambat.

Beberapa penelitian sebelumnya juga menunjukkan kesimpulan yang serupa, yaitu melewatkan jam makan justru membuat berat badan susah turun. Hal ini dikarenakan sering menahan lapar malah justru membuat seseorang lebih sulit untuk fokus dalam memilih makanan-makanan yang bergizi. Dia akan cenderung mengambil makanan apa saja yang ada di depan mata ketika kelaparan.

Selain faktor telat makan, Orang yang sering begadang juga cenderung mudah mengalami kenaikan berat badan. Hal ini karena setelah makan malam umumnya mereka masih ngemil ketika begadang. Di sisi lain, orang yang sering tidak sarapan pagi umumnya akan makan lebih banyak di siang hari.

Forza Supplements, sebuah perusahaan diet, melakukan survei kepada 1000 pelaku diet terkait jam makan yang tepat. Hasilnya diketahui bahwa waktu sarapan yang dinilai tepat adalah sekitar jam 7 pagi. Untuk makan siang, idealnya adalah antara pukul 12.30 hingga 13.00. Sedangkan jam 18.30 adalah saat yang ideal untuk makan malam.

via Health Kompas | image : girlontheriver.com

Tanggal Publikasi September 23, 2014
Label