Artikel Kesehatan

Teh Hijau Mampu Mengurangi Radang Amandel

Teh hijau | Mengobati AmandelTeh hijau memang banyak sekali manfaatnya. Selain dapat mengatasi bau mulut, teh hijau juga dapat mengurangi radang amandel.

Radang amandel bisa menyerang siapa saja, tidak peduli anak-anak atau orang dewasa. Amandel berlokasi di belakang mulut dan melapisi sisi tenggorokan. Bila terdapat virus atau bakteri yang menginfeksi, amandel akan terasa sakit yang biasanya disertai iritasi, peradangan, kemerahan, dan tenggorokan akan terasa gatal.

Teh Hijau & Radang Amandel

Seperti yang dijelaskan di awal, menurut penelitian dari Lowa State University, teh hijau mampu melawan virus dan bakteri sehingga membuat peradangan dan iritasi akan berkurang. Menurut hasil studi tersebut, teh hijau mengandung katekin, yakni antioksidan yang dapat melepaskan protein khusus yang menyerang bakteri dan virus. Dengan pelepasan protein ini, akan meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

Jadi, teh hijau mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan memerangi infeksi virus dan bakteri yang dapat membuat amandel menjadi bengkak. Para peneliti tersebut menyarankan agar mengonsumsi teh hijau bebas kafein agar meningkatkan imunitas.

Tak hanya itu, teh hijau juga dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi dan mempunyai potensi untuk mengurangi rasa sakit amandel. Teh hijau juga mempunyai sifat sebagai penghambat pertumbuhan bakteri dan mampu membantu untuk menetralisir bakteri yang terjebak pada kantong amandel yang dapat mengakibatkan infeksi.

Para peneliti merekomendasikan agar mengonsumsi 2 hingga 4 cangkir teh hijau setiap harinya. Proses yang disarankan adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh hijau dengan secangkir air mendidih, kemudian diamkan selama 10 menit.

via detikhealth

Tanggal Publikasi March 26, 2012
Label