Artikel Kesehatan

Susah Buang Air Besar? Konsumsilah Ini…

tips atasi susah buang air besarTidak sedikit dari orang dewasa yang sering mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Walaupun sebagian orang menganggap masalah ini biasa saja, namun kondisi ini bisa membuat frustasi orang yang mengalaminya. Sembelit terjadi ketika buang air besar terasa susah dan frekuensinya sangat jarang.

Frekuensi buang air besar setiap orang memang berbeda-beda, namun dianggap normal jika dia buang air besar sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

Orang yang mengalami sembelit biasanya jarang buang air besar, ada yang 3-4 kali dalam seminggu, bahkan ada yang hanya 1 kali dalam seminggu. Ini akan membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman terutama di bagian perut. Dan apabila dia sedang buang air besar, maka akan terasa sakit karena umumnya tinja menjadi lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Agar Buang Air Besar lancar

Ada berbagai penyebab mengapa orang susah buang air besar seperti kurang serat, minum air, dan kurang beraktivitas fisik. Jika anda mengalami sembelit, anda disarankan untuk lebih rajin berolahraga serta mengonsumsi makanan yang kaya serat dan memperbanyak minum air. Adapun beberapa makanan yang sebaiknya anda konsumsi adalah sebagai berikut :

1. Yogurt
Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat membantu kesehatan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Probiotik atau bakteri baik yang ada pada yogurt sangat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mencegah wasir. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa studi di Amerika. Mengkonsumsi yogurt secara rutin bisa merangsang gerakan usus dan bermanfaat dalam mengurangi dehidrasi.

2. Buah dan sayuran
Selain kaya nutrisi yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah-buahan dan sayuran juga bisa membantu mengatasi sembelit. Buah dan sayur memiliki serat yang tinggi di mana sangat bermanfaat dalam melancarkan buang air besar. Konsumsilah secara rutin buah-buahan dan sayuran yang kaya serat seperti pir, apel, alpukat, labu, brokoli, selada, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

3. Biji-bijian
Gandum dan beras merah merupakan biji-bijian yang kaya akan serat, mikronutrien, dan protein. Sebagian besar orang tidak memenuhi kebutuhan serat harian yaitu antara 20 hingga 35 gram serat perharinya. Konsumsilah makanan-makanan yang terbuat dari beras merah atau gandum seperti sereal dan roti gandum. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan kaya serat seperti itu, buang air besar akan lebih lancar.

4. Air
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, susah buang air besar bisa terjadi karena kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. Oleh sebab itu, jalan termudah untuk mengatasinya adalah dengan memperbanyak minum air atau cairan lainnya secara rutin. Penuhi kebutuhan minimal asupan cairan sebanyak 8 gelas setiap harinya, bisa berupa air mineral, teh herbal, ataupun jus murni. Namun demikian, hindari minuman yang berkafein dan berpemanis agar hasilnya lebih efektif.

Artikel Kesehatan | Merdeka | image : cancer.dartmouth.edu

Tanggal Publikasi May 6, 2013
Label