Artikel Kesehatan

Seorang Ibu Mati Mendadak Akibat Minum 10 Liter Soda Per Hari

soda | minuman sodaSoda memang minuman menyegarkan. Namun jika dikonsumsi terlalu berlebihan akan berdampak negatif bagi kesehatan, bahkan bisa mengancam nyawa. Hal ini telah terjadi pada seorang ibu yang mati mendadak, yang diyakini bahwa penyebabnya adalah konsumsi soda yang berlebihan.

Betapa tidak, ibu muda yang bernama Natasha Marie Harris (30 tahun) mempunyai hobi yang tidak sehat, yakni minum minuman soda setidaknya 10 liter setiap harinya selama bertahun-tahun.

Menurut suaminya, Christopher Hodgkinson, kematian istrinya disebabkan karena mengkonsumsi minuman soda yang berlebihan. 10 liter minuman soda harus diminum istrinya setiap hari. Hal pertama yang dilakukan istrinya saat pagi hari, dan hal terakhir yang dilakukan saat malam hari adalah minum soda. Ibu 8 anak ini akan ‘menggila’ jika ia kehabisan stok minuman soda di rumah. Ia akan murung, mudah marah, dan merasa tidak berenergi.

Dikutip dari Dailymail, Suaminya mengatakan bahwa Menjelang kematian, istrinya sedang tak enak badan dan berenergi, namun Coca-Cola tidak pernah terpikirkan olehnya akan menjadi penyebab utama kematian istrinya.

Catatan kesehatan menunjukkan bahwa, Natasha pernah sakit hingga setahun sebelum meninggal, bahkan pernah muntah sampai 6 kali setiap minggu. Awalnya, Hodgkinson mengira bahwa masalah kesehatan istrinya disebabkan stres merawat 8 anaknya. Namun ternyata hasil otopsi menunjukkan sebaliknya.

Berdasarkan hasil otopsi, Natasha mempunyai kerusakan hati walaupun penyebab pastinya masih belum diketahui. Hodgkinson diberi tahu bahwa sang istri mempunyai aneurisma jantung, yakni penggelembungan abnormal yang terjadi di bagian tipis dinding jantung, dan hal ini disebabkan akibat minum soda terlalu banyak.

Bukti medis menunjukkan bahwa temuan utama dari kematiannya ialah aritmia jantung. Dokter mengatakan bahwa Natasha kemungkinan mempunyai hipokalemia parah, yakni kurangnya kalium dalam darah yang berhubungan dengan konsumsi minuman ringan yang terlalu berlebihan.

Walaupun sulit untuk mengkonfirmasi hal tersebut dari tes postmortem, namun hal ini dapat dilihat dari gejala keletihan dan kurangnya kekuatan. Kemungkinan muntah yang terjadi disebabkan terlalu banyak kafein, dalam istilah medis dikenal sebagai keracunan kafein.

Bagi anda, sebaiknya hindari konsumsi soda yang berlebihan karena akan berakibat fatal terhadap kesehatan anda sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tanggal Publikasi April 20, 2012
Label