Artikel Kesehatan

Sehatkan Paru-Paru Dengan Makanan Ini

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang paling vital keberadaannya. Jika paru-paru tidak berfungsi dengan baik, maka hal ini akan mengganggu sistem pernapasan. Oleh sebab itu, kita harus benar-benar menjaga kesehatan paru-paru.

Hal sederhana untuk mengaplikasikannya adalah dengan menghindari tempat-tempat yang berpolusi dan tidak merokok. Bahkan, bagi anda yang bukan perokok, anda juga bisa disebut perokok pasif apabila selalu berada dekat asap rokok, jadi sebaiknya jauhi orang-orang yang merokok di dekat anda.

Beberapa Makanan Yang Membantu Menjaga Kesehatan Paru-Paru

delima untuk kesehatan paru-paruSelain dua hal tersebut, ada juga hal lainnya yang bisa membuat paru-paru anda tetap sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat tertentu. Apa saja itu? Berikut ulasannya..

Delima

Buah delima mengandung antioksidan yang tinggi, yang dapat mencegah timbulnya penyakit tumor paru-paru. Makan buah delima juga dapat mengatasi masalah pernapasan.

Anggur

Anggur mengandung zat flavanoid penting yang dinamakan narigin. Zat ini mempunyai peran untuk mencegah tumbuhnya tumor di paru-paru. Bahkan buah anggur juga dinilai efektif untuk membersihkan paru-paru.

Apel

Buah apel mengandung flavanoid dan vitamin B, C, E, di mana semua nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan kesehatan paru-paru.

Bawang Merah

Bawang merah tidak hanya sebagai bumbu atau pelengkap saja pada suatu makanan. Bawang merah menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, di mana salah satunya adalah kesehatan paru-paru.

Wortel

Sayuran super sehat ini mengandung nutrisi penting bagi tubuh termasuk di dalamnya adalah vitamin A dan C, serta mampu mendukung kesehatan paru-paru.

Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi buah jeruk juga mampu membantu meningkatkan penyerapan oksigen.

Kacang Kenari

Kacang-kacangan termasuk kenari mengandung zat antioksidan yang tinggi, asam lemak omega-3 dan juga protein. Kacang kenari merupakan makanan sehat yang dapat membantu membersihkan paru-paru secara alami.

Kacang Panjang

Selain mempunyai sifat anti-kanker, kacang panjang juga mengandung magnesium yang tinggi. Mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang dinilai mampu menghancurkan sel kanker serta mencegah perkembangan tumor dalam paru-paru.

Itulah beberapa makanan sehat yang mampu membantu kesehatan paru-paru anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

via Merdeka | foto : drfuhrman.com

Tanggal Publikasi July 30, 2015
Label