Artikel Kesehatan

Segeralah Cuci Pakaian Setelah Dipakai Berolahraga!

Bahan poliester mungkin sering digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian olahraga. Pakaian olahraga yang terbuat dari bahan ini mungkin bisa membuat pemakainya terasa adem dan tetap kering ketika berolahraga. Namun demikian, apabila pakaian dibiarkan begitu saja tanpa langsung dicuci setelah dipakai, maka jumlah bakterinya akan bertambah banyak.

Bakteri cepat berkembang biak pada pakaian berbahan poliester

pakaian olahraga poliesterApabila sudah begitu, bakteri yang terlanjur berkembang biak pada pakaian tersebut pada akhirnya akan menyebabkan bau tidak sedap. Jenis bakteri micrococci yang diketahui sebagai pemicu bau badan ternyata lebih mudah berkembang biak pada bahan poliester daripada bahan katun.

Meskipun anda merasa keringat yang dikeluarkan ketika berolahraga tidak berbau, namun micrococci bisa mengubah keringat tersebut menjadi bau yang tidak sedap. Bakteri ini diketahui juga dapat mengubah asam lemak, asam amino, dan hormon menjadi komponen kecil penyebab bau badan.

Penelitian terkait bakteri pada bahan poliester ini dijalankan oleh Chris Callewaert dari Ghent University. Ia menganalisa dan meneliti 26 orang sehat yang tidak mempunyai infeksi kulit atau gangguan kesehatan. Para peserta diminta melakukan olahraga sepeda statis selama kurang lebih satu jam. Selanjutnya, pakaian yang digunakan para peserta diambil dan disimpan pada plastik tertutup serta didiamkan sekitar 28 jam dalam suhu ruangan dan gelap. Adapun bahan pakaian olahraga yang digunakan para responden bermacam-macam, mulai dari katun, sintetis, poliester, dan campuran katun-sintetis.

Setelah 28 jam kemudian, tujuh orang yang mempunyai tingkat sensitivitas terhadap penciuman membaui pakaian olahraga tersebut. Hasilnya adalah kaus atau pakaian yang terbuat dari bahan poliester diketahui mengeluarkan bau paling tidak sedap.

“Secara spesifik, pakaian dengan bahan poliester memiliki bau yang lebih intens, lebih kuat, lebih asam, dan lebih banyak keringatnya,” tulis para peneliti.

Oleh karena itu, bagi anda yang berolahraga menggunakan pakaian dengan bahan poliester sebaiknya segera mencuci setelah dipakai berolahraga. Pakaian yang menjadi sarang bakteri ini bisa saja menyebabkan jerawat di badan.

Via Health Kompas | image : efficiencyinmotion.com.au

Tanggal Publikasi September 10, 2014
Label