Artikel Kesehatan

Rumput Laut Dapat Menurunkan Berat Badan

rumput lautRumput laut mempunyai banyak manfaat, salah satunya dapat menurunkan asupan kalori.

Sebuah penelitian dari Sheffield Hallam University menunjukkan jika sarapan pagi dengan sepotong roti isi rumput laut sama halnya dengan berlari diatas treadmill selama 1,5 jam.

Rumput laut kaya akan mineral dan nutrisi alami. Penelitian tersebut menggunakan rumput laut asli, bukan dengan ekstrak rumput laut.

Rumput Laut & Penurunan Berat Badan

Rumput laut mempunyai fungsi sebagai pengganti garam. Hal ini dikarenakan rumput laut mempunyai rasa yang juga asin. Begitu pula dengan roti yang disajikan juga tidak mengandung garam sama sekali, sebab sudah tergantikan dengan rumput laut. Ini juga sama seperti makan roti biasa.

Namun rasa asinnya dihasilkan oleh mineral rumput laut. Menurut Dr Craig Rose dari Seaweed Foundation, rumput laut memiliki kandungan mineral yang jauh lebih banyak dibandingkan tanaman yang ada di daratan.

79 orang pria sehat yang mengalami obesitas ikut terlibat dalam penelitian tersebut. Peserta yang makan roti isi rumput laut lebih cepat merasa kenyang, dengan begitu asupan kalorinya berkurang 179 kalori per hari. Jumlah itu sepadan dengan jumlah kalori yang dibakar jika kita berlari/berjalan di atas treadmill selama 1,5 jam. Dengan hanya mengurangi 100 kalori saja, itu sudah lebih dari cukup ketika seseorang sedang dalam program penurunan berat badan.

Proses rumput laut pada penelitian ini adalah dipanen, dikeringkan, kemudian digiling di pabril lokal, Hebrides, luar Skotlandia. Tidak satupun peserta penelitian yang dapat membedakan antara roti biasa dengan roti yang telah ditambahi irisan rumput laut. Memang rasanya sama, namun kadar natrium rumput laut lebih rendah.

Rumput laut tidak hanya mampu mengurangi asupan garam, namun juga dapat membuat perut terasa penuh dan tidak mudah lapar. Saat 12 peserta diminta makan semangkok 400 gram pasta dan saus tomat untuk makan siang, beberapa diantara mereka merasa kenyang setelah makan dua mangkok.

Penelitian sebelumnya sudah berusaha memakai rumput laut sebagai pengganti garam untuk ditambahkan ke dalam pasta. Selain roti, rumput laut ini juga bisa digunakan dengan daging seperti sosis.

Tanggal Publikasi March 26, 2012
Label