Artikel Kesehatan

Risiko Mengonsumsi Antidepresan Oleh Ibu Hamil

Wanita hamil yang mengonsumsi antidepresan dapat membuat anak-anak mereka yang kelak lahir mengalami diabetes tipe 2 dan obesitas di kemudian hari, demikian sebuah penelitian baru mengungkapkan.

Meningkatnya angka diabetes tipe 2 dan obesitas pada anak

antidepresan pada ibu hamilPara peneliti medis di McMaster University, Ontario, Kanada, menemukan adanya korelasi antara penggunaan Prozac (fluoxetine) selama kehamilan dengan peningkatan risiko obesitas dan diabetes dalam penelitian laboratorium yang melibatkan hewan.

Jika hubungan tersebut juga terbukti benar untuk wanita, hal tersebut bisa menjelaskan setidaknya satu faktor yang berkontribusi pada meningkatnya angka diabetes dan obesitas pada anak.

“Obesitas dan diabetes tipe 2 pada anak-anak terus meningkat dan ada pendapat di mana hal tersebut berkaitan dengan gaya hidup dan pengonsumsian makanan berkalori tinggi serta kurangnya aktivitas fisik. Akan tetapi penelitian kami telah menemukan bahwa penggunaan antidepresan oleh ibu hamil juga dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap obesitas dan epidemi diabetes,” kata peneliti Alison Holloway, profesor kebidanan dan ginekologi di McMaster University.

“Sementara diketahui bahwa obat ini dapat meningkatkan risiko obesitas pada orang dewasa, tidak diketahui apakah penggunaan antidepresan wanita selama kehamilan meningkatkan risiko gangguan metabolik pada anak-anaknya,” kata Holloway.

“Kami telah menunjukkan untuk pertama kalinya pada percobaan yang melibatkan hewan, bahwa penggunaan antidepresan yang disebut SSRI (Selective Serotonin Reuptake Inhibitor), menghasilkan peningkatan akumulasi lemak dan peradangan hati , meningkatkan kekhawatiran baru tentang komplikasi metabolic jangka panjang pada anak-anak yang lahir dari Ibu yang mengonsumsi antidepresan SSRI selama kehamilan,” Kata Nicole De Long yang mempresentasikan penelitian pada pertemuan baru-baru ini di International Society of Endokrinologi and The Endocrine Society.

Para peneliti menekankan bahwa wanita hamil tidak harus menghindari antidepresan selama kehamilan, namun mereka dan anak-anak mereka harus dipantau lebih lanjut terhadap potensi terjadinya diabetes dan obesitas.

“Manfaat dari penelitian ini adalah dapat membantu mengidentifikasi kelompok anak-anak berisiko tinggi yang mungkin membutuhkan perlakuan khusus untuk mencegah obesitas dan diabetes tipe 2 di kemudian hari,” kata De Long.

via NewsMaxHealth | image : acrossthefader.org

Tanggal Publikasi June 24, 2014
Label