Artikel Kesehatan

Ragam Manfaat Buah Raspberry Bagi Kesehatan Tubuh

gambar buah raspberryBuah raspberry cukup terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun sama seperti halnya dengan buah stroberi, raspberry mengandung antioksidan yang tinggi, yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Raspberry merupakan sumber nutrisi, mineral, dan vitamin. Mengonsumsi buah raspberry secara rutin dapat membantu menurunkan risiko kanker, obesitas, penyakit jantung, dan bahkan bisa meningkatkan kesuburan.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat kesehatan dari buah raspberry seperti yang akan diulas berikut ini..

Manfaat Buah Raspberry

1. Membantu menurunkan berat badan
Raspberry adalah buah yang rendah lemak dan kalori namun mengandung serat yang tinggi. Adanya serat dalam raspberry membuat buah ini bisa dimasukkan dalam rencana program diet atau penurunan berat badan anda.

Serat dalam raspberry membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga menghindarkan anda dari makan secara berlebihan. Serat tidak larut membantu menjaga kesehatan tubuh dan serat larut diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang pada akhirnya juga membantu menurunkan berat badan.

2. Membantu mengurangi risiko kanker
Raspberry mengandung antioksidan 10 kali lebih banyak dari tomat. Tingginya kandungan antioksidan dalam raspberry dipercaya bisa membantu melawan kanker. Hal ini dikarenakan antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel di tubuh dari terjadinya kerusakan akibat radikal bebas. Raspberry juga mengandung asam ellagic yang lebih dikenal sebagai senyawa anti-karsinogenik.

3. Menjaga kesehatan jantung
Kalium dalam raspberry dapat membantu menjaga detak jantung dan tekanan darah tetap normal. Raspberry juga mengandung sejumlah mineral lainnya seperti mangan, tembaga, dan zat besi. Tembaga sangat penting untuk memproduksi sel darah merah, sedangkan zat besi dan folat dapat membantu mengurangi risiko anemia.

4. Meningkatkan kesuburan
Menurut sebuah penelitian terbaru, makan raspberry diketahui dapat membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Tingginya kandungan vitamin C dan magnesium dalam buah raspberry sangat bermanfaat dalam menjaga kesuburan baik pria ataupun wanita. Antioksidan dapat membantu melindungi sperma, meningkatkan peluang pembuahan/kehamilan, dan mengurangi risiko keguguran.

5. Memperlambat proses penuaan
Antioksidan dalam raspberry mampu memperlambat proses penuaan dengan menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Antosianin, flavonoid yang memberikan warna merah pada raspberry juga membantu kulit anda tetap sehat dan bersinar. Zat-zat tersebut bisa merangsang produksi kolagen sehingga mendorong kulit anda menjadi lebih indah. Antosianin diketahui juga dapat membantu melawan jamur dan bakteri.

6. Meningkatkan suasana hati
Buah raspberry merupakan satu dari sekian banyak makanan yang secara alami dapat meningkatkan suasana hati anda ketika sedang buruk. Sama seperti blueberry, strobery, dan buah berry lainnya, raspberry dapat membantu meredakan stres dan  depresi.


Artikel Kesehatan | via ZeeNews | image : 1zoom.net

Tanggal Publikasi August 29, 2013
Label