Artikel Kesehatan

Pro-Kontra Tentang Kopi : Sebaiknya Dikonsumsi atau Dihindari?

manfaat kesehatan minum kopiDi kalangan masyarakat, kopi menjadi salah satu topik yang sering diperdebatkan, apakah minuman ini menyehatkan ataukah sebaliknya. Namun demikian, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan emosi yang positif termasuk kebahagiaan, kasih sayang, ketenangan, dan lain sebagainya.

Seperti yang ditulis di awal kalimat bahwa kemungkinan tidak semua orang setuju dengan pandangan tersebut, maka dari itu Cynthia Sass, seorang ahli nutrisi ternama di Amerika Serikat memberikan ulasan singkat mengenai efek positif dan negatif dari minum kopi.

Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Minum Kopi

1. Kopi mengandung antioksidan

Biji kopi sebenarnya merupakan biji di dalam berry merah cerah, kadang-kadang disebut kopi ceri. Seperti semua makanan nabati lainnya, baik buah dan bijinya mengandung antioksidan yang tinggi. Bahkan, menurut penelitian terbaru, kopi adalah sumber antioksidan utama pada konsumsi harian orang Amerika. Antioksidan pada umumnya telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan potensial, termasuk perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker.


2. Kopi dapat memangkas risiko diabetes

Dalam satu penelitian terbaru, para ilmuwan melakukan penelitian terhadap penduduk asli Amerika, di mana prevalensi diabetesnya sekitar 40 dan 70 persen. Selama tujuh tahun, orang-orang dengan asupan kopi tertinggi memiliki risiko 67 persen lebih rendah terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum kopi. Ini bukanlah satu-satunya penelitian yang menunjukkan hasil temuan tersebut.

Sampai saat ini, beberapa penelitian juga menunjukkan hal yang serupa, yakni hubungan antara konsumsi kopi dan pencegahan diabetes, termasuk penelitian di Harvard, yang menemukan bahwa kebiasaan minum enam cangkir kopi sehari bisa memangkas risiko diabetes laki-laki lebih dari 50 persen dan perempuan sebesar 30 persen dibandingkan dengan mereka yang jarang minum kopi. Namun demikian, para ahli dan juga termasuk penulis penelitian tersebut sangat tidak menyarankan untuk mengonsumsi kopi sebanyak itu.

Terkait efek positif kopi terhadap pencegahan diabetes, para peneliti menduga bahwa hal tersebut kemungkinan berhubungan dengan kandungan antioksidan pada kopi yang dapat melindungi tubuh terhadap resistensi insulin.


3. Kopi dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terhadap beberapa penyakit

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa dibandingkan dengan minuman non-kopi, mereka yang rutin minum kopi diketahui memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker usus, sirosis hati, batu empedu, kanker payudara, dan kanker endometrium.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang minum kopi secara teratur diketahui 80 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit parkinson. Ada bukti yang kuat bahwa kafein memainkan peran protektif terhadap risiko tersebut. Berdasarkan penelitian tersebut, obat Parkinson yang mengandung turunan dari kafein sedang dikembangkan saat ini.


4. Kopi dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi secukupnya dapat meningkatkan kinerja seorang atlet olahraga. Kafein pada kopi dapat berperan positif dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa cadangan karbohidrat di otot bisa diisi ulang lebih cepat ketika seorang atlet mengonsumsi karbohidrat baik dan kafein setelah mereka berolahraga.

Kombinasi keduanya menghasilkan peningkatan glikogen otot (bentuk penyimpanan karbohidrat) sebesar 66 persen empat jam setelah olahraga yang berat. Peningkatan cadangan energi ini dapat meningkatkan kemampuan dan daya tahan tubuh untuk berolahraga lebih keras atau lebih lama lagi.


5. Kopi dapat mencegah penuaan dini

Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa kafein dapat menggantikan kekuatan otot yang terjadi bersamaan dengan proses penuaan. Efek-efeknya bisa dilihat di kedua diafragma, otot inti (yang digunakan untuk pernapasan) dan otot rangka. Penelitian pada hewan lainnya juga menemukan bahwa kafein dapat mencegah radang otak, pemicu utama untuk gangguan kognitif dan penyakit neurodegenerative, termasuk alzheimer.

Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Minum Kopi

1. Kopi dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada beberapa kondisi tubuh seseorang

Zat-zat alami yang terdapat dalam kopi terbukti meningkatkan kadar kolesterol. Mengonsumsi dua cangkir kopi atau lebih dalam sehari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang dengan mutasi genetik yang umum dijumpai, yang memperlambat pemecahan kafein dalam tubuh. Selain itu, jika anda memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya batasi asupan kafein karena hipertensi tidak memiliki gejala dan bisa datang dengan tiba-tiba.

2. Toleransi kafein bervariasi pada setiap orang

Beberapa orang bisa minum secangkir kopi kental dan bisa tidur 30 menit kemudian. Namun bagi sebagian orang lainnya, minum kopi bahkan dalam jumlah yang sedang sekalipun dapat menyebabkan gangguan perut, gelisah, lekas marah, sakit kepala, dan sulit tidur. Selain itu, menggabungkan antara kopi dan stimulan lainnya akan memiliki efek sinergis, yang secara berbahaya dapat meningkatkan tekanan darah, bahkan pada orang dewasa yang sehat.

Yang perlu diketahui tentang kopi

Kopi tidak menimbulkan dehidrasi jika dikonsumsi secara konsisten

Kafein adalah diuretik yang berarti memicu hilangnya cairan. Namun sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa asupan kafein selama 5 hari secara konsisten, tubuh anda akan menyesuaikan dengan sendirinya dan menghilangkan efek dehidrasi.

Caranya adalah anda harus benar-benar konsisten. Jadi jika pada hari pertama anda minum satu cangkir kopi di pagi hari, maka di hari-hari berikutnya lakukan hal yang sama dengan porsi yang sama. Jika anda mengonsumsi kopi dengan pola yang tidak tentu, kadang-kadang satu cangkir sehari, kemudian besoknya tiga cangkir; atau hari ini anda minum kopi di pagi hari, kemudian besoknya di sore hari, maka anda memiliki kemungkinan gejala-gejala seperti sakit kepala, kulit kering, sembelit, dan lain sebagainya.

Intinya : Sesuaikan dengan kondisi tubuh dan konsumsi secara moderat

Jika anda tidak menyukai kopi, maka tidak ada alasan untuk mengonsumsinya. Dan jika anda menyukainya, maka konsumsilah kopi secara moderat dan secukupnya. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, para ahli merekomendasikan anda untuk mengonsumsi kopi cukup satu cangkir saja di pagi hari dan mengimbanginya dengan minum air putih atau teh hijau. Semoga artikel ini bermanfaat.


Artikel Kesehatan | via Health.com | image : good-wallpapers.com

Tanggal Publikasi August 14, 2013
Label