Artikel Kesehatan

Penyakit Ginjal Bisa Terjadi Akibat Obesitas di Usia Muda

Obesitas dan kegemukan seringkali dikaitkan dengan bermacam-macam penyakit seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lainnya. Menurut penelitian terbaru, obesitas sejak muda diketahui bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Obesitas di usia muda berisiko mengalami penyakit ginjal saat tua

obesitas dan penyakit ginjalSebuah penelitian baru jangka panjang melakukan analisa data sekitar 4.600 orang di Inggris yang lahir pada tahun 1946 di bulan Maret. Indeks massa tubuh para peserta cukup bervariasi mulai dari 20 hingga 64.

Indeks massa tubuh adalah pengukuran lemak tubuh yang didasarkan berat dan tinggi tubuh. Orang tergolong obesitas jika indeks massa tubuh mereka di atas 29.

Mereka yang mengalami kegemukan dan bahkan obesitas pada usia muda (26-36 tahun) mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk mengalami penyakit ginjal kronik ketika mereka memasuki usia 60 tahun, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami obesitas baik di usia muda ataupun di usia tua.

Studi yang diterbitkan di jurnal American Society of Nephrology ini menunjukkan bahwa orang yang mempunyai rasio lingkar pinggang-pinggul yang besar saat usia pertengahan juga dihubungkan dengan penyakit ginjal kronik saat usia mereka 60-64 tahun. Para peneliti meyakini jika risiko penyakit ginjal kronik saat usia usia 60-64 tahun bisa dicegah hingga 36 persen dengan menghindari obesitas sampai mencapai usia tersebut.

Menurut salah seorang penulis studi, dr. Dorothea Nitsch, temuan ini merupakan yang pertama kali bagaimana obesitas di usia muda dapat mempengaruhi risiko penyakit ginjal. Namun demikian, penelitian ini belum bisa memastikan apakah obesitas di usia muda benar-benar menjadi penyebab penyakit ginjal kronik ketika usia tua. Walaupun begitu, para peneliti masih menyakini jika risiko akan penyakit ginjal kronik semakin besar bila seseorang mengalami obesitas di usia muda.

Menurut WHO (organisasi kesehatan dunia), di tahun 2008, sebanyak 1,4 miliar orang dewasa diketahui mengalami kegemukan, di mana 500 juta orang diantaranya mengalami obesitas. Oleh sebab itu, jagalah berat badan anda agar tidak sampai mengalami kegemukan atau bahkan obesitas, sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam, yang salah satunya adalah penyakit ginjal.

Health kompas | image : thelevantpost.com

Tanggal Publikasi April 8, 2013
Label