Artikel Kesehatan

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin B1

vitamin b1Vitamin B1 (tiamin) bukanlah suatu vitamin yang langka. Sejumlah kadar kecil bisa ditemukan pada hampir semua makanan dan ada banyak makanan yang kaya akan vitamin B1, namun diperkirakan sebagian besar orang kekurangan vitamin yang sangat penting ini. Mengapa hal itu bisa terjadi? Jawabannya adalah karena vitamin ini umumnya hilang ketika suatu makanan diproses.

Risiko Kekurangan Vitamin B1

Kekurangan vitamin ini memiliki keterkaitan dengan penyakit beri-beri yang bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini biasanya disebabkan dengan asupan nutrisi yang tidak memadai. Kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan sejumlah gejala yang berkaitan dengan sistem saraf, termasuk kebutaan.

Peminum berat alkohol berisiko mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin B1, termasuk juga : pola makan yang buruk, meningkatnya asupan karbohidrat (dari alkohol), dan kerusakan mukosa usus yang dapat mengurangi penyerapan B1 sebanyak 90%. Diperkirakan bahwa 30-80% dari pecandu alkohol kekurangan vitamin B.

Vitamin B1 adalah salah satu vitamin B esensial yang bekerja dengan vitamin B lainnya untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa, menyediakan energi untuk tubuh dan otak. Vitamin ini juga dibutuhkan untuk pembuatan lemak dan metabolisme protein. Selain itu, vitamin B1 juga penting untuk sistem saraf.

Usia memiliki efek terhadap kemampuan kita untuk menyerap dan menggunakan vitamin B, karena itu pengonsumsian suplemen sangat disarankan untuk orang-orang berusia 50 tahun ke atas. Muntah atau diare umumnya akan menguras sumber daya dari vitamin B1. Penyakit pencernaan dapat menghambat penyerapan vitamin B1.

Makanan yang mengganggu penyerapan vitamin B1 meliputi makanan yang diawetkan dengan sulfida, ikan mentah, kerang, kopi, dan teh.

Vitamin B1 dapat disuntikkan ke dalam tubuh atau dilakukan melalui mulut (minum). Vitamin ini juga digunakan dalam pengobatan untuk kolitis ulseratif, penyakit jantung, diabetes, AIDS, sariawan, gangguan penglihatan, katarak, glaukoma, mabuk, dan stres. Sebagian altet menggunakan vitamin ini untuk meningkatkan performa mereka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan jangka panjang dari salah satu jenis vitamin B, mungkin akan menyebabkan kekurangan vitamin B lainnya. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah melengkapinya dengan mengasup vitamin B kompleks untuk penggunaan jangka panjang.

Sumber makanan vitamin B1

Bahkan jika anda ingin menambah asupan vitamin B, makanan adalah dasar dari kesehatan yang baik dan sumber utama nutrisi penting. Untuk memastikan asupan vitamin b1 anda berada pada level yang baik, konsumsilah makanan-makanan yang tidak diolah. Adapun makanan-makanan tersebut meliputi gandum, sayuran (asparagus, kubis brussel, kacang hijau, bit hijau, bayam dan ubi jalar), kacang-kacangan dan polong-polongan, biji-bijian, wijen, biji bunga matahari, rami, semangka, jeruk, dan lain sebagainya.

via NaturalNews | image : ananyoo.com

Tanggal Publikasi September 21, 2014
Label