Artikel Kesehatan

Payung Sangat Efektif Dalam Menangkal Sinar UV

Payung tidak hanya bermanfaat untuk menangkal air saat hujan. Payung yang digunakan saat siang hari juga tidak hanya bermanfaat untuk menangkal teriknya sinar matahari, melainkan juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Hal ini ditunjukkan oleh sebuah penelitian di Meroy University, Atlanta, yang menemukan bahwa payung sangat efektif dan bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Payung Menghalangi hingga 90 persen sinar UV

payung dan sinar ultravioletPara peneliti menemukan bahwa payung dapat menghalangi sekitar 3/4 sinar UV pada hari yang cerah. Terlebih lagi jika payung yang digunakan adalah payung yang berwarna hitam, karena dinilai dapat menahan paparan sinar hingga 90 persen.

Dr Brundha Balaraman, seorang peneliti dermatologi, Washington University School of Medicine, St. Louis menyarankan kepada kita bahwa selain memakai tabir surya, sebaiknya juga menggunakan penangkal sinar matahari yang lain. Penangkal-penangkal yang dimaksud bisa berupa topi lebar atau pakaian yang dapat melindungi tubuh dari sinar ultraviolet. Benda-benda itu dapat menjadi alternatif bila anda tidak memungkinkan untuk menggunakan tabir surya.

Pada penelitian ini, para peneliti ingin menguji lebih ketat apakah payung yang sering digunakan untuk melindungi diri dari sinar matahari oleh sebagian besar wanita di Asia dan Timur Tengah, serta sebagai aksesori yang populer bagi wanita Amerika di jaman dahulu, benar-benar ampuh menangkal sinar ultraviolet.

Kemudian para peneliti mengumpulkan payung sebanyak 23 buah yang didapatkan dari orang-orang sekitar yang ada di sekolah medis mereka. Payung-payung tersebut terdiri dari sebuah payung biasa untuk menangkal hujan, sedangkan sisanya adalah payung yang digunakan untuk menangkal sinar matahari. Pada suatu pagi yang cerah di bulan April, para peneliti menggunakan alat-alat sinar ultraviolet untuk mengukur tingkat radiasi tepat di bawah payung kain dan orang yang menggunakannya.

Hasilnya, payung yang biasa digunakan untuk menangkal sinar matahari, diketahui dapat menahan sinar ultraviolet hingga 99 persen, sedangkan payung hujan juga dapat bekerja dengan cukup baik dalam menahan sinar ultraviolet, yakni sebesar 77 persen. Menggunakan payung dapat bermanfaat bagi orang-orang yang sering bepergian atau saat mereka sedang main golf, terlebih di cuaca yang sangat panas dan terik. Namun untuk mengharapkan orang untuk selalu membawa payung di hari yang cerah, tampaknya tidaklah mudah.

Via Merdeka & Reuters | image : nikkihopeman.wordpress.com

Tanggal Publikasi March 23, 2013
Label