Artikel Kesehatan

Olahraga Selama 12 Menit Dalam Seminggu Jaga Tubuh Tetap Fit

Lupakan menghabiskan waktu berjam-jam di gym atau tempat fitness jika anda cuma ingin sekedar menjaga kebugaran tubuh. Hanya dengan melakukan olahraga berat selama 12 menit dalam seminggu, itu sudah cukup untuk membuat tubuh anda tetap bugar dan sehat, sebuah studi baru menunjukkan.

Manfaat Melakukan Olahraga Berat Dengan Waktu Yang Singkat

olahraga berat rutinEmpat menit melakukan olahraga berat  selama tiga kali dalam seminggu bisa meningkatkan kadar asupan oksigen, menurunkan tekanan darah, dan kadar glukosa. Hal ini berdasarkan hasil temuan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Norwegian University of Science and Technology.

Selama sepuluh minggu program berjalan, tim peneliti memonitor efek olahraga yang berbeda dengan melibatkan 26 pria sehat yang kurang aktif dan kelebihan berat badan. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Peserta dalam kelompok pertama (1-AIT) melakukan empat menit sesi olahraga, tiga kali dalam seminggu. Peserta dalam kelompok kedua (4-AIT) melakukan 16 menit sesi olahraga (yang dibagi menjadi empat menit), selama tiga kali dalam seminggu.

Hasilnya, kedua kelompok sama-sama mengalami peningkatan dalam asupan oksigen, yakni sebanyak 10 persen dari kelompok olahraga berat pertama(empat menit) dan 13 persen dari kelompok kedua (16 menit). Namun kelompok olahraga berat 16 menit terbukti lebih efektif dalam menurunkan kolesterol dan lemak tubuh.

Para peneliti menyarankan bahwa melakukan olahraga berat secara singkat dan dilakukan selama tiga kali per mingu dapat menjadi strategi efisiensi waktu untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang sehat dan produktif namun kurang aktif.

Menurut Arnt Erik Tjonna, penulis penelitian ini, hasil temuan ini seakan menambah bukti lagi bahwa olahraga dengan volume rendah namun intensitasnya tinggi bisa menjadi sarana efisiensi waktu untuk mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

“Tipe olahraga 1-AIT dapat segera diimplementasikan sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari dan dapat diterjemahkan dengan mudah ke dalam program yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,” ujar Tjonna. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Public Library of Science One.

Bagi anda yang ingin menerapkan program ini, anda bisa mencoba olahraga skipping atau push-up. Jenis-jenis olahraga seperti ini cukup sederhana, praktis, dan mudah, namun dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh.

via ZeeNews | image : WikiHow.com

Tanggal Publikasi June 7, 2013
Label