Artikel Kesehatan

Ngemil Sehat Dengan Kuaci Biji Bunga Matahari

Suka makan kuaci? Kuaci memang nikmat dan asyik untuk dimakan di waktu senggang. Selain rasanya yang gurih, kuaci juga menawarkan manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya adalah kuaci yang berasal dari biji bunga matahari.

Kuaci Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Kaya manfaat

kuaci biji bunga matahari

Kuaci biji bunga matahari ternyata memiliki peran sebagai pelawan kanker. Selain itu, ada beberapa manfaat kesehatan lainnya dari biji bunga matahari, diantaranya seperti yang akan diulas berikut ini.

Menjaga kesehatan jantung
Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang cukup tinggi, di mana vitamin ini memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena vitamin E mampu mengontrol kadar kolesterol agar tidak meningkat signifikan. Sebagaimana diketahui bahwa tingginya kadar kolesterol bisa memicu penggumpalan arteri dan menaikkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan risiko penyakit kulit
Masih terkait dengan vitamin E, vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Kandungan vitamin E yang ada pada kuaci biji bunga matahari dinilai cukup ampuh untuk menurunkan risiko penyakit kulit seperti luka terbakar akibat paparan sinar matahari.

Agen anti-inflamasi
Selain dapat mengontrol kolesterol, vitamin E yang terkandung dalam kuaci biji bunga matahari juga berperan sebagai agen anti-inflamasi. Perannya adalah melindungi membran sel, jaringan, dan molekul demi mencegah datangnya beragam penyakit yang mengancam.

Mencegah kanker
Tingginya kandungan selenium pada kuaci biji bunga matahari dihubungkan dengan risiko kanker yang rendah. Hal ini karena selenium dapat mencegah kerusakan DNA yang umumnya memicu pertumbuhan sel kanker di tubuh.

Baik untuk tulang
Nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam kuaci biji bunga matahari adalah magnesium. Zat ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, sehingga rutin mengkonsumsi kuaci biji bunga matahari setidaknya dapat menurunkan risiko osteoporosis.

Melindungi saraf
Peran lain dari magnesium adalah mencegah kalsium mengalir menuju sel-sel saraf. Hadirnya magnesium dapat membuat sel-sel saraf, peredaran darah, dan otot tetap rileks. Apabila kekurangan magnesium, kalsium dapat mengalir ke sel saraf yang berpotensi mengganggu kinerjanya.

Itulah beberapa manfaat kesehatan kuaci biji bunga matahari. Jika anda termasuk orang yang suka ngemil, maka pilihlah camilan sehat seperti kuaci biji bunga matahari yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Artikelkesehatan99.com | via Merdeka | image : chineseasparagus.com

Tanggal Publikasi September 15, 2013
Label