Artikel Kesehatan

Menyusui Turunkan Risiko Kematian Akibat Kanker, Stroke, dan Penyakit Jantung

ASI (Air Susu Ibu) tidak hanya bermanfaat bagi si bayi, namun juga memberikan manfaat kesehatan bagi si ibu. Wanita yang menyusui selama minimal 6 bulan diketahui mengalami penurunan risiko kematian yang disebabkan oleh stroke dan serangan jantung hingga 17 persen. Hal ini didasarkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Imperial College London.

Menyusui merupakan gaya hidup sehat kaya manfaat

menyusi bayi dan ASIPenelitian ini meneliti gaya hidup sehat para wanita. Dalam studinya, para peneliti menganalisa sekitar 380 ribu orang di 6 negara Eropa selama kurang lebih 12 tahun. Mereka menemukan bahwa orang yang menerapkan gaya hidup sehat diketahui mengalami penurunan risiko kematian yang disebabkan oleh berbagai penyakit hingga 34 persen.

Gaya hidup sehat yang dimaksud adalah aktif secara fisik, menjaga berat badan, makan makanan sehat seperti buah dan sayuran, mengurangi konsumsi alkohol dan daging, serta memberikan ASI selama minimal 6 bulan untuk wanita yang baru melahirkan.

Khusus untuk masalah pemberian ASI, diketahui bahwa ibu yang memberikan ASI setidaknya selama 6 bulan mengalami penurunan risiko kematian akibat kanker sebanyak 10 persen. Selain itu, memberikan ASI eksklusif minimal selama 6 bulan juga mencegah risiko kematian akibat stroke dan serangan jantung hingga 17 persen.

Teresa Norat, seorang peneliti dari Imperial College London mengatakan bahwa penelitian terhadap masyarakat di Eropa ini merupakan yang pertama kali dalam menunjukkan hubungan kuat antara gaya hidup sehat yang direkomendasikan WCRF/AICR (badan penelitian kanker dunia/badan penelitian kanker Amerika) dengan penurunan risiko kematian akibat kanker, pernafasan, dan penyakit peredaran darah.

Studi ini dipublikasikan pada jurnal American Journal of Clinical Nutrition. Studi ini juga diklaim sebagai yang pertama dalam meneliti manfaat pemberian ASI atau menyusui sebagai bagian dari kombinasi gaya hidup sehat terhadap pengaruh risiko kematian.

Tentunya hal ini merupakan kabar yang baik bagi para ibu yang baru saja melahirkan. Dengan memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya, maka tidak si bayi saja yang mendapatkan manfaat kesehatannya, namun si ibu juga mendapatkan manfaatnya terutama dalam mencegah datangnya berbagai penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat.

Metrotvnews | image : blogcritics.org

Tanggal Publikasi April 3, 2013
Label