Artikel Kesehatan

Melawan Diabetes Dengan Salmon dan Telur

Asam amino arginin yang ditemukan pada ikan salmon, telur, kacang-kacangan, dan beberapa makanan lainnya, diketahui menawarkan pertahanan yang menjanjikan terhadap ancaman diabetes, sebuah penelitian baru dari University of Copenhagen menunjukkan.

Pengaruh Makanan Ber-arginin Terhadap Diabetes Tipe 2

salmon, telur, dan diabetesPara peneliti medis menemukan bahwa arginin secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memetabolisme gula darah, sebuah proses yang dapat menghalangi datangnya diabetes tipe 2.

Hasil temuan yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Endokrinologi ini menunjukkan bahwa arginin dapat merangsang hormon yang terkait pengobatan diabetes dengan cara yang sama seperti obat-obatan pada umumnya.

“Kenyataannya, asam amino sama efektifnya dengan beberapa obat yang terkenal untuk mengatasi diabetes tipe 2,” ujar Christoffer Clemmensen, pemimpin peneliti.

Dalam percobaan baru yang melibatkan tikus kurus dan gemuk, Clemmensen dan tim peneliti dari University of Cincinnati mengukur efek dari asam amino terhadap toleransi glukosa, menggunakan tes yang mengukur kemampuan tubuh untuk memproses dan menyingkirkan gula dari darah, dari waktu ke waktu.

“Kami telah menunjukkan bahwa tikus laboratorium, baik yang kurus dan gemuk, telah mendapatkan manfaat dari suplemen arginin,” ujar Clemmensen. “Bahkan, terjadi peningkatan metabolisme sebanyak 40 persen pada kedua kelompok tikus tersebut.

Anda tentu saja tidak bisa menyembuhkan diabetes dengan hanya mengonsumsi makanan yang kaya akan arginin seperti kacang almond dan hazelnut. Namun, temuan kami ini menunjukkan bahwa setidaknya makanan yang mengandung arginin memiliki pengaruh positif terhadap bagaimana tubuh memproses makanan yang kita konsumsi”

Dia menambahkan bahwa temuan baru ini sangat menjanjikan untuk dilakukan pengembangan obat diabetes tipe 2 dalam jangka panjang dengan lebih baik dan lebih bertarget.

Lebih dari 371 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, 90 persen diantaranya terkena diabetes tipe 2 yang diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat.

Artikel Kesehatan | via Newsmaxhealth | image : uktv.co.uk (Rachel Allen)

Tanggal Publikasi September 12, 2013
Label