Artikel Kesehatan

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

coklat | cokelat | manfaat coklatSelain rasanya yang enak, coklat juga dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan.

Tidak hanya memberikan efek positif yang dapat mengembalikan ‘mood’ seseorang, namun coklat juga memiliki zat-zat yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat Coklat

Banyak dari para ahli yang merekomendasikan kita untuk makan 1 atau 2 ons coklat setiap hari. Adapun beberapa manfaat coklat bagi tubuh kita adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah

Coklat hitam atau ‘Dark Coklat’ mampu menurunkan tekanan darah. Menurut studi, makan coklat hitam secara teratur dapat menurunkan kolestrol LDL hingga 10 persen.

2. Antioksidan

Flavanol yang terkandung dalam coklat bertindak sebagai antioksidan dan bisa membantu dalam menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Flavanol adalah sejenis flavanoid yakni senyawa yang terbentuk secara alamiah pada makanan nabati, dan flavanol ini hanya ditemukan pada coklat.

3. Anti-Depresi

Serotonin yang terkandung dalam coklat berfungsi sebagai anti-depresan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa coklat memperbaiki ‘mood’ yang sedang turun, menciptakan perasaan senang dan bahagia. Hal ini dikarenakan coklat mampu merangsang produksi endorfin yang dapat menciptakan perasaan-perasaan tersebut. Maka dari itu, banyak orang merasa terbantu saat mengonsumsi coklat ketika ia sedang tertekan.

4. Mencegah Kerusakan Gigi

Coklat juga mengandung senyawa theobromine yang dapat mencegah kerusakan gigi dan juga menghilangkan bakteri yang sering dijumpai dalam rongga mulut yang menyebakan rusaknya gigi.

5. Melawan Kanker

Menurut penemuan beberapa studi, coklat menjadi salah satu makanan terbaik yang dapat melawan kanker selain bawang putih, anggur merah, teh, dan blueberry. Coklat bekerja dengan cara membelah sel penghambat dan mengurangi peradangan, walaupun penelitian masih dilakukan hingga saat ini dan kemungkinan akan ditemukannya cara kerja coklat lainnya untuk melawan kanker.

6. Membuat Umur Panjang dan Mencegah Penyakit

Sebuah penelitian di Belanda yang diikuti 200 pria dengan usai diatas 20 tahun menemukan bahwa mereka yang makan coklat dalam jumlah besar hidup lebih lama dan mempunyai tingkat penyakit yang rendah dibandingkan dengan pria yang sedikit makan coklat atau tidak sama sekali. Hal ini karena coklat memiliki magnesium yang tinggi, yang mampu membantu dalam regulasi pencernaan, saraf, dan juga kardiovaskular.

Itulah beberapa manfaat coklat bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tanggal Publikasi March 16, 2012
Label